DPESDM Kabupaten Sukabumi Latih Pelaku IKM Ciptakan Kopi Berkualitas

Selasa 03 September 2019, 08:08 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi bersama Kementerian Perindustrian memberikan bimbingan teknis (Bimtek) tentang pengeloaan kopi kepada 15 orang pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) kopi, di salah satu hotel bilangan Jalan Bhayangkara, Kota Sukabumi. 

BACA JUGA: Pelatihan Anyaman Bambu, Cara DPESDM Sukabumi Gerakan Ekonomi Rakyat

Kepala DPESDM Kabupaten Sukabumi Aam Ammar Halim mengatakan, bimbingan teknis ini akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 3 hingga 5 September 2019. 

"Mereka akan dilatih bagaimana cara mengolah dan mengemas kopi, agar kelompok IKM kopi yang kita latih ini memiliki pemahaman bagaimana kandungan kopi terukur jika diolah sendiri dan akan tahu kualitas kopi terbaik itu seperti apa," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (3/9/2019).   

    

Foto bersama peserta Bimtek, DPESDM Kabupaten Sukabumi, dan dari Kementerian Perindustrian//Foto: Garis NB

Dengan pemahaman sekaligus praktek ini, kata Aam diharapkan akan bermunculan kopi-kopi berkualitas dari Kabupaten Sukabumi. "Alhamdulillah ada bantuan hibah dari Kementrian berupa alat untuk mengelola kopi yang nantinya diserahkan ke kelompok IKM," katanya.   

Menurut Aam tidak hanya IKM kopi saja yang diberikan pembinaan, sebelumya sudah banyak pelaku IKM yang diberikan pelatihan baik agro maupun non agro. Agro seperti olahan makanan ikan, ketela pohon dan lainnya sedangkan non agro pengolahan besi dan logam.    

BACA JUGA: DPESDM Kabupaten Sukabumi Gembleng 10 IKM Logam Membuat Mesin Juicer

"Intinya dengan pelatihan yang diberikan kepada pelaku IKM, pemerintah ingin mengarakan masyarakat ke arah yang lebih baik dari kondisi sekarang. Salah satunya kesejahteraan meningkat, selain itu IKM juga diajarkan agar mandiri," tandasnya. 

Di tempat yang sama, Kasubdid IKM Minuman dan Bahan Penyegar Direktorat IKM Pangan Barang Dari Kayu dan Furnitur Direktorat Jenderal IKM dan Aneka Kementrian Perindustrian, Endang Purweni menjelaskan Sukabumi mempunyai potensi tanaman kopi yang cukup besar.

"Jadi dengan adanya potensi tanaman kopi ini, pasti menghasilkan biji-biji kopi yang perlu diolah. Oleh karena itu kami memfasilitasinya dengan pelatihan, berikut dengan mesin untuk mengolah kopi agar petani atau IKM kopi setelah panen bisa langsung mengolahnya," imbuhnya.  

Sehingga yang mereka jual, lanjut Endang tidak berupa biji kopi tetapi sudah dalam berbentuk roasting, karena nilai jualnya besar jika di bandingkan yang masih green bean atau kopi beras dan otomatis pendapatan juga akan lebih meningkat.  

BACA JUGA: DPESDM Kabupaten Sukabumi Persiapkan IKM Survive Hadapi Isu Pembangunan

"Bahkan tidak menutup kemungkinan setelah bisa meroasting hasilnya bisa dikemas masuk market seperti buka lapak, toko pedia atau penjualan online lainnya. Hal ini sekaligus mendukung Industri 4.0," jelasnya.  

Sementara untuk bantuan hibah alat dari negara, sambung Endang akan diserahkan ke DPESDM Kabupaten Sukabumi, kemudian diserahkan kembali ke kelompok IKM kopi untuk dimanfaatkan. "Alatnya mesin roasting, mesin kemasan, dan mesin mixer, nilainya Rp 200 Juta," pungkasnya.  

Sementara itu salah seorang peserta Bimtek, Supriadi (44 tahun) warga Desa Sukamanah, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi mengaku pelatihan ini sangat membantu. Apalagi selama ini ia mengolah kopi hasil panennya dengan cara manual. 

"Mudah-mudahan dengan pelatihan ini para pelaku IKM kopi dapat tambah maju dan bisa menghasilkan kopi yang berkualitas," ungkapnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Keuangan23 April 2024, 17:56 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Terus Dorong Perusahaan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi terus mendorong perusahaan meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan mengingatkan perusahaan mengenai pentingnya mematuhi tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi kepatuhan tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan | Foto : Ist
Life23 April 2024, 17:30 WIB

Tidak Menghormati Batasan! 10 Sikap yang Membuatmu Tidak Disukai Orang Lain

Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah. (Sumber : Freepik.com/@ user15285612)