Menu

26 Mei 2019, 07:30 WIB

Musim Mudik, Tarif Angkutan di Terminal Palabuhanratu Sering Naik Tak Wajar?

Suasana Terminal Tipe B Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2019). | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - UPTD Pengelolaan Prasarana LLAJ Terminal Tipe B Palabuhanratu Dishub Provinsi Jawa Barat mengaku sudah memberikan imbauan agar para sopir maupun pengusaha penyedia jasa angkutan untuk memasang tarif secara wajar, baik pada saat musim mudik, maupun sebelum dan sesudahnya.

BACA JUGA: Persiapan di Terminal Bus Palabuhanratu, Sopir Diimbau Tak Dalam Pengaruh Alkohol

Kepala UPTD, Asep Sumarna menanggapi hal itu, menyusul banyaknya keluhan masyarakat soal tarif angkutan umum yang seringkali naik tak wajar saat musim mudik, yang sering dilakukan oknum kondektur atau sopir nakal.

"Kita sudah imbau jauh-jauh hari. Selain menyediakan kelaikan jalan kendaraan juga pelayanan kepada masyarakat harus diperhatikan. Karena memang disini yang selalu ramai diperbincangkan di media sosial itu masalah pelayanan," ungkapnya, Sabtu (25/5/2019).

BACA JUGA: 10 Bus Tambahan Disiapkan Terminal Sukabumi Jelang Lebaran

Mengenai tarif, Asep mengaku tidak memiliki kewenangan untuk penetapan tarif angkutan karena hal tersebut ditentukan oleh pihak pengusaha penyedia jasa angkutan umum. Meski demikian, pihaknya akan selalu melakukan pengawasan terhadap setiap kendaraan yang masuk ke Teminal tipe B Palabuhanratu.

"Apabila nanti ada masyarakat yang merasa dirugikan dari segi pelayanan, atau ada yang menaikan tarif tidak sesuai ketentuan, akan langsung kami panggil pengurus dari angkutan umum yang bersangkutan untuk menindak lanjutkeluhan masyarakat yang merasa dirugikan tersebut," tegasnya.

BACA JUGA: Bagaimana Persiapan Mudik Lebaran 2019 di Pemkab Sukabumi?

"Saya selalu memfasilitasi setiap keluhan masyarakat atau penumpang. Tinggal dicatat nomor polisi dari kendaraanya dan nama perusahaannya, nanti kami bantu mempertemukan pengurus dengan pihak yang merasa di rugikan," jelas Asep.

Hal tersebut dilakukan, masih kata Asep, agar pelayanan kepada masyarakat bisa dilaksanakan sebaik-baiknya. Ia akan membantu memfasilitasi segala sesuatu yang berkaitan dengan angkutan umum, keluhan pengguna jasa angkutan umum serta fasilitas terminal.

"Seperti kemarin jurusan Cikidang-Palabuhanratu sempat tidak ada, sekarang alhamdulillah sudah ada dua unit yang beroperasi. Mudah-mudahan kedepan ada penambahan jadi tiga unit. Fasilitas terminal juga insyaallah akan ada perbaikan renovasi dalam waktu dekat," tandasnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang dokter di sebuah rumah sakit di provinsi Hubei China, yang menjadi pusat wabah virus corona, telah meninggal akibat virus. Dikutip dari Reuters, 25 Januari 2020, televisi pemerintah...

SUKABUMIUPDATE.com - Persib Bandung memperpanjang kontrak gelandang serang berdarah Filipina Omid Nazari dengan durasi satu musim atau hingga akhir 2020. Perpanjangan kontrak Omid tak terlepas dari penampilan apiknya bersama skuad...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebut, jurnalis Mongabay asal Amerika Serikat Philip Jacobson sudah dibebaskan, Sabtu (25/1/2020). Jacobson ditahan imigrasi Kota Palangka Raya, Kalimantan...

SUKABUMIUPDATE.com – Anggota DPRD Jawa Barat Lina Ruslinawati hari ini Sabtu, (25/1/2020) bertemu dengan sejumlah aktivis presidium pemekaran Sukabumi Utara (KSU) di Cibadak. Lina diminta mendorong dan mengawal proses...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya