Menu

21 Mei 2019, 04:35 WIB

Bagaimana Persiapan Mudik Lebaran 2019 di Pemkab Sukabumi?

Petugas Dishub Kabupaten Sukabumi saat memperbaiki lampu PJU jelang arus mudik lebaran 2019. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2019, Pemkab Sukabumi melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi menyiapkan 240 anggota yang akan disebar di beberapa titik rawan kemacetan, bencana dan kecelakaan di Sukabumi.

BACA JUGA: Dilintas Pemudik, Dinas PU Kabupaten Sukabumi Perbaiki Jalan Alternatif Nagrak

Kepala Dishub Kabupaten Sukabumi Lukman Sudrajat mengatakan, sebelumnya sempat dibahas mengenai titik-titik kemacetan, kecelakaan dan rawan bencana dalam rapat internal maupun eksternal, di tingkat kabupaten, provinsi dan pusat, serta melibatkan beberapa unsur.

Ia menjelaskan, Dishub bekerja sama dengan pihak kepolisian sudah memepersiapkan rekayasa arus lalu lintas, jika terjadi kemacetan. Sementara itu untuk di jalur Cikidang, Polres Sukabumi sudah mempersiapkan anggota Quick Response.

"Ada beberapa titik yang diprediksi rawan macet. Yaitu Tenjoayu, Cicurug, Cidahu, Parungkuda, Pamuruyan, Cibadak dan Karangtengah," ujar Lukman kepada sukabumiupdate.com, Senin (20/5/2019).

BACA JUGA: Tiket KA Pangrango Mudik Lebaran Bisa Dipesan Bulan Mei

Untuk menanggulangi kemacetan pihaknya akan menutup persimpangan yang memotong arus lalu lintas, serta mengupayakan jalur alternatif. "240 personel Dishub sudah dipersiapkan, disebar, kemudian juga rambu-rambu sudah dipersiapkan," lanjutnya.

Selain itu, sejumlah Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruas jalur Sukabumi Bogor juga tengah diperbaiki. Salah satunya PJU disimpang TMC Pamuruyan Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Terminal Kota Sukabumi Mulai Padat, Ini Kota Tujuan Arus Balik Pemudik

Perbaikan PJU ini untuk kemudahan dan kenyamanan pemudik yang akan melintas di ruas jalur protokol Sukabumi-Bogor, agar tak perlu khawatir melintas pada malam hari. Dalam perbaikan tersebut Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi telah mengganti puluhan batere dan lampu penerangan jalan umum LED street lighting.

Kepala Bidang Teknik Prasarana Dishub Kabupaten Sukabumi, Uus Firdaus mengatakan, selama satu bulan ini dan memasuki mudik lebaran 2019 Dishub telah memasang dan mengganti 30 lampu PJU di wilayah UPTD Cibadak dan sekitarnya.

"Kita sudah lakukan perbaikan PJU di lokasi protokol Sukabumi Bogor tepatnya sepanjang UPTD Cibadak sebanyak 30 lokasi mengingat akan memasuki mudik dan libur lebaran 2019. Diharapkan pengemudi bisa berkendara dengan nyaman dan meminimlisir kecelakaan lalulintas," pungkasnya.

Reporter : RUSLAN AG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah penelitian menunjukkan 8 persen pasien COVID-19 di Wuhan, Cina, menderita sakit kepala. Dilansir dari tempo.co, ini menunjukkan sakit kepala merupakan salah satu gejala yang diderita oleh...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah pusat mewajibkan masyarakat menggunakan masker jika berpergian ke luar rumah. Hal itu sesuai rekomendasi dari WHO (World Health Organization) sebagai upaya pencegahan Virus Corona atau Covid-19...

SUKABUMIUPDATE.com - Satu unit rumah semi permanen di Kampung Cijumre RT 02/03 Desa Citanglar, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi ludes terbakar pada Senin (6/4/2020) malam sekitar pukul 19.30 WIB. Informasi yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi corona melanda berbagai negara di belahan dunia. Dilansir dari tempo.co, hingga saat ini belum ada vaksin ataupun obat yang terbukti efektif dalam mengobati penyakit tersebut. Penyakit...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya