Menu

Jumat, 24 Mei 2019, 16:14 WIB

Petani di Ciracap Sukabumi Keluhkan Penurunan Harga Gula Merah

Gula merah hasil produksi petani di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Harga gula merah selama Ramadan mengalami turun. Hal tersebut dirasakan Petani gula merah kelapa di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. 

"Penurunan harga sebenarnya sudah dirasakan sejak dua bulan lalu," kata petani gula merah Karwan (39 tahun) warga Kampung Citamiang RT 06/05, Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, kepada sukabumiupdate.com, Jumat (24/5/2019).

BACA JUGA: Produksi Gula Merah Kelapa di Ciracap Sukabumi Menurun

Harga gula merah per kilogram bisa mencapai Rp 15 ribu namun saat ini hanya Rp 11 ribu dan Rp 12 ribu. Penurunan terjadi hampir setiap hari sebesar Rp 100.

"Ada juga harga tergantung tengkulak atau bosnya, istilahnya harga borsom, ada yang Rp 10 ribu ada juga yang Rp 9,500," ungkapnya.

Perajin gula merasakan dampak dari turunnya harga gula merah tersebut, sebab tidak seimbang dengan biaya produksi. Untuk kayu bakar saja, saat ini harganya mencapai Rp 1 juta per truk engkel dan Rp 1,2 juta hingga Rp 1,5 juta per truk double. Harga kayu bakar pun tergantung jarak jauh.

BACA JUGA: Tingkatkan Mutu Gula Merah, Gapoktan Sukatani Sukabumi, Remajakan Pohon Kelapa

"Dengan adanya penurunan harga tersebut cukup memberatkan juga para petani,namun kami tidak bisa berbuat apa-apa," jelasnya.

Petani gula merah ini mendapatkan bahan baku dari 70 pohon kelapa yang disewa ke perkebunan. Petani membayar sewaan dengan gula sebanyak 70 kilogram perbulan.

"Selain bayar sewaan ke perkebunan juga diwajibkan menjual ke perkebunan dengan harga yang ditentukan oleh pihak perkebunan. Kami berharap menjelang lebaran ada kenaikan harga," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi pemotor dengan kopling manual, kampas kopling adalah komponen vital yang harus dirawat dengan benar. Karena banyak terjadi kampas kopling yang gosong dan cepat aus karena pemakaian...

SUKABUMIUPDATE.com - Insiden penembakan jurnalis Palestina Muath Amarneh oleh pasukan Israel memantik kemarahan khalayak dunia. Aksi solidaritas pun digaungkan untuk mendukung Amarneh melalui media sosial. Muath Amarneh menjadi korban penembakan...

SUKABUMIUPDATE.com - Dua suporter asal Indonesia ditahan kepolisian Malaysia seusai laga Timnas Indonesia melawan Malaysia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Grup G di Stadium Nasional Bukit Jalil,...

SUKABUMIUPDATE.com - Media sosial ramai dengan video penggerebekan siswi SMA diduga melakukan aksi mesum di parkiran Mal Serang, Banten. Kedua sejoli tersebut nyaris diamuk oleh massa. Video penggerebekan tersebut diunggah...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya