Menu

21 Sep 2020, 12:00 WIB

Bawaslu Cianjur Kembali Ingatkan Camat dan Kepala Dinas Harus Netral

Bawaslu Kabupaten Cianjur menyampaikan pemahaman netralitas ASN di hadapan para kepala dinas dan camat. | Sumber Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Semua kepala dinas dan camat di lingkungan Pemkab Cianjur dikumpulkan di Bale Prayoga, komplek Pendopo Kabupaten Cianjur, Minggu (20/9/2020). Mereka mendapat arahan dan pemahaman tentang pentingnya netralitas aparatur sipil negara (ASN) dari Bawaslu Kabupaten Cianjur.

Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur, Usep Agus Zawari mengatakan, arahan yang disampaikan adalah terkait dengan ketentuan di Undang-Undang Pilkada pasal 70 ayat 1 dan pasal 71 ayat 1.

"ASN tidak boleh membuat keputusan atau tindakan yang merugikan atau menguntungkan salah satu pasangan calon," kata Usep.

BACA JUGA: Bawaslu Sebut Ada Potensi Penyimpangan pada Pilkada Cianjur

Usep mengatakan pada kesempatan itu juga diberitahukan bahwa sudah ada empat orang ASN yang diproses dan sudah dilaporkan ke Komisi ASN. 

"Harapannya dalam masa kampanye ini, ASN bisa bekerja profesional tidak ikut campur dalam dukung-mendukung pasangan calon," ujar Usep. 

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, pihaknya sudah mewanti-wanti kepada ASN agar tidak terjebak pada masalah politik. 

BACA JUGA: Pilkada Saat Pandemi Bawaslu Kurangi Interaksi Langsung, Bagaimana Kalau Ada Pelanggaran?

"Saya selaku Plt Bupati Cianjur yang juga pasangan bakal calon tentunya merasa khawatir terhadap ASN yang ada di bawah saya, jangan sampai mereka terjebak," kata Herman.

Ia mengatakan, pihaknya khusus mengundang Bawaslu agar jelas apa yang harus dilakukan oleh seorang ASN agar terhindar dari pelanggaran. "Saya ingin ASN Cianjur ini netralitasnya terjaga sehingga saat bekerja enjoy," katanya.

Ia berharap Pilkada di Cianjur berjalan aman tertib tidak ada kendala apapun. "Pemahaman netralitas ASN bekerjasama dengan Bawaslu Cianjur dengan mengundang stakeholder agar Pilkada Cianjur berjalan sukses," katanya.

Reporter : DEDEN ABDUL AZIZ
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Hasil seleksi penerimaan CPNS 2019 akhirnya resmi diumumkan serentak pada, Jumat, 30 Oktober 2020. Dari kuota 254.173 orang yang dibuka sejak awal, tidak semuanya berhasil terisi. "Ada beberapa...

SUKABUMIUPDATE.com - Ayo selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan kedisiplinan mematuhi kombinasi protokol kesehatan bisa menurunkan risiko penularan Covid-19 bahkan sampai 99,99 persen. “Ternyata 3M sangat ampuh...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki musim libur panjang dan cuti bersama pengujung Oktober 2020, anggota kepolisian lalu lintas Polres Sukabumi menyisir sejumlah objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (30/10/2020). Dalam kesempatan...

SUKABUMIUPDATE.com - Memanaskan makanan sudah jadi kebiasaan bagi masyarakat perkotaan. Entah karena kesadaran untuk tidak membuang-buang makanan atau tidak memiliki waktu untuk memasak makanan segar.  Banyak yang mengatakan bahwa makanan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya