//
Menu

03 Sep 2020, 17:18 WIB

Bawaslu Sebut Ada Potensi Penyimpangan pada Pilkada Cianjur

Hadi Dzikri Nur, Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Cianjur. | Sumber Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur meningkatkan pengawasan menjelang pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Cianjur pada Pilkada 2020.

Sesuai jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, waktu pendaftaran pemilihan kepala daerah itu akan dimulai selama tiga hari, mulai Jumat (4/9/2020) hingga Minggu (6/9/2020).

BACA JUGA: Pilkada Saat Pandemi Bawaslu Kurangi Interaksi Langsung, Bagaimana Kalau Ada Pelanggaran?

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nur mengatakan selama tiga hari pendaftaran yakni 4-6 September 2020, ada potensi terjadinya pelanggaran dan penyimpangan.

"Dalam tahapan itu potensi kerawanan cukup tinggi, seperti adanya mahar politik hingga masalah administrasi atau dokumen persyaratan pencalonan," ungkap Hadi saat ditemui di Kantor Bawaslu Cianjur, Jalan KH Abdullah bin Nuh, Kamis (3/9/2020).

Menurutnya, untuk masalah administrasi bisa terjadi penyimpangan dari tidak sahnya dokumen, seperti ijazah dan lainnya. "Itu terjadi saat Pileg, dan kami akan pantau ketat agar tidak terjadi di Pilkada," kata dia.

BACA JUGA: Milad ke-12, Bawaslu Cianjur Bagikan Sembako dan Masker di Lokasi Bencana

Terkait mahar politik, ungkap Hadi, memang sulit untuk dideteksi dan dibuktikan. Tetapi potensinya rawan terjadi di momen pilkada ini.

Meski begitu, mahar politik bakal terungkap jika terjadi perubahan rekomendasi parpol. Ia menjelaskan biasanya para calon akan saling protes. "Mahar politik adalah hal yang dilarang, meski sulit kami akan dilakukan pengawasan secara intens," ucapnya.

Namun dia berharap kerawanan tersebut tidak terjadi. "Semoga Pilkada Cianjur kali ini memang benar-benar bersih tanpa ada mahar ataupun pelanggaran lainnya di masa pendaftaran hingga pemilihan nanti," tandasnya.

Reporter : DEDEN ABDUL AZIZ
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan alias OTT pejabat di Kementerian Sosial. "KPK telah melakukan tangkap tangan terhadap PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) pada Program Bansos Kemensos,"...

  SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi mengkonfirmasi adanya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang reaktif berdasarkan hasil rapid test yang difasilitasi KPU. "Petugas KPPS difasilitasi oleh KPU...

SUKABUMIUPDATE.com - Pelayanan di Puskesmas Cikidang Kabupaten Sukabumi sementara ini dibatasi dengan melakukan pengurangan jam operasional. Hal itu menyusul ditemukannya pegawai puskesmas yang terkonfirmasi positif Covid-19. "Pelayanan gak ditutup ya,...

SUKABUMIUPDATE.com - Kesibukan pelayanan petugas UPTD Dukcapil wilayah IV Palabuhanratu tidak hanya pada siang hari saja, sebab hingga menjelang tengah malam para petugas tetap melaksanakan jemput bola perekaman e-KTP dengan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya