Menu

Jumat, 20 September 2019, 08:33 WIB

Ini Baru Keren, Pemilihan Ketua BPD Cijengkol Sukabumi Pakai E-Voting

Smartphone yang digunakan masyarakat untuk memilih Ketua BPD Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Kamis (19/9/2019). Pemilihan Ketua BPD di desa ini sudah menggunakan sistem e-voting. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi yang dinobatkan sebagai Desa Digital yang dilauncing Bupati Sukabumi Marwan Hamami beberapa waktu lalu kini berinovasi dengan melakukan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menggunakan sistem e-voting.

Pemilihan dengan sistem digital ini dilaksanakan di Aula kantor Desa Cijengkol, Kamis (19/9/2019).

"Pelaksanaan sistem voting ini dilakukan dengan sistem digital dimana pihak penyelenggara menyediakan satu buah smartphone dalam setiap bilik sebagai pengganti surat suara," ungkap Fery Sanjaya, ketua Kelompok Informasi Masyarakat Cijengkol Bersatu.

BACA JUGA: Teknologi E-Voting Laris untuk Pemilihan Kepala Desa

Menurut Fery, hasil dari e-voting bisa langsung didapat setelah hasil penghitungan suara selesai.

"Ini bukan quick count tapi ini real count dimana masyarakat bisa langsung menyaksikan siapa yang mendapatkan suara terbanyak tanpa harus menunggu penghitungan surat suara. Ini kan sistem otomatis, jadi setiap orang yang memberikan suaranya otomastis langsung ke input dan hasilnya bisa langsung dilihat bersama sama secara terbuka oleh masyarakat," tambahnya.

BACA JUGA: Jelang Pilkades 2019, BPD Caringinnunggal Bentuk Panitia Sebelas

Fery pun menjamin bahwa data dan identitas  pemilih dapat dirahasiakan artinya tidak diketahui oleh pihak lain.

Di tempat yang sama Kepala Seksi infrastruktur Jaringan pada Dinas Komunikasi Informatika Persandian Kabupaten Sukabumi Yusep menjelaskan bahwa Desa Cijengkol menjadi pilot project untuk pelaksanaan sistem digital.

BACA JUGA: Kata Panitia Soal Dianulirnya Hasil Pemilihan Anggota BPD Neglasari Sukabumi

"Desa Cijengkol ini memang menjadi binaan kami Dinas Kominfo Kabupaten Sukabumi untuk menjadi pilot project penerapan SPBE tingkat Desa. Alhamdulillah hasilnya luar biasa karena Cijengkol ini memang memiliki potensi, di Cijengkol ini ada beberapa anak muda yang menguasai IT jadi kami sering berkolaborasi untuk membangun sistem digital," ungkapnya.

Yusep berharap, kedepan pemilihan RT, RW, BPD dan Kepala Desa akan menggunakan sistem digital.

BACA JUGA: TPS Mobile, Solusi Efektif Pemilihan Anggota BPD Secara Langsung

"Saat ini Kominfo sedang mempersiapkan sistem jaringannya sehingga tidak ada lagi area yang blank spot, mudah-mudahan saja ini segera bisa terwujud untuk seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi," tambahnya.

Dari hasil dari pemilihan menggunakan sistem e-voting ini, Reka Mawarni Sofa terpilih menjadi Ketua BPD Desa Digital Cijengkol dari keterwakilan perempuan untuk priode 2019-2025 dengan perolehan suara 40,82 persen mengalahkan kandidat lain.

BACA JUGA: Selamat! BPD Caringinunggal Sukabumi Resmi Dilantik

Ditempat yang sama ketua panitia pemilihan BPD Cijengkol Mohammad Zakariya Ansori, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Cijengkol yang sudah memberikan suaranya pada pemilihan BPD Cijengkol.

"Ini baru pertama kali diselenggarakan pemilihan BPD dengan sistim digital, harapannya tentu BPD yang sudah terpilih bisa bekerja sesuai Tupoksi dan bisa bersinergi dengan pemerintahan desa untuk sama-sama mendorong pembangunan ke arah yang lebih baik" pungkasnya.

Redaktur : ANDRI SOMANTRI
Sumber : KOMINFO KABUPATEN SUKABUMI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kecelakaan lalu lintas hingga mengakibatkan korban tewas terjadi di Jalan Ciracap - Ujunggenteng, tepatnya Tanjakan Ciruti, Kampung Cidangdeur, Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Kamis (19/9/2019). BACA JUGA: Korban...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemilihan kepala desa di berbagai daerah di Indonesia telah menerapkan teknologi canggih. Perangkat Electronic Voting (e-Voting) buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama PT Industri Telekomunikasi...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya