Menu

11 Jul 2019, 19:47 WIB

Kabar Terbaru Gardes JN 77 GM, Helikopter Buatan Warga Nagrak Butuh Baling-baling

Helikopter bernama Gardes JN 77 GM, buatan Jujun Junaedi, warga Kampung Cibubuay, Desa Darmareja, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:CRP 3

SUKABUMIUPDATE.com - Gardes JN 77 GM, adalah sebuah helikopter rakitan yang dibuat oleh tangan Jujun Juanedi (41 tahun) warga Kampung Cibubuay, Desa Darmareja, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi satu tahun lalu. 

Kini pembangunan helikopter itu sudah mencapai 70 persen. Rangkanya sudah sangat presisi, mirip sekali seperti helikopter pada umumnya.

BACA JUGA: Buat Helikopter, Warga Nagrak Sukabumi Ingin Alat Transportasi Berkualitas

Dalam ruang mengemudi terdapat empat tuas yang berfungsi untuk menggerakan baling-baling atas, baling-baling belakang, dan hidrolik. Alat tranportasi udara ini menggunakan mesin genset dual silinder dengan tenaga 700cc. 

Jujun Junaedi tak sendiri. Semangatnya membangun helikopter tersebut juga berlanjut ke anaknya, Febriansyah (16 tahun) yang masih bersekolah di SMKN 1 Cibadak.

BACA JUGA: Helikopter Keren Karya Warga Sukabumi

Saat diwawancarai, Febriansyah mengatakan ada satu material lagi yang belum terpasang dalam tubuh helikopter ini, yaitu baling-baling atas. Namun demikian, helikopter sudah sempat diujicoba dan semua komponen berjalan dengan baik. 

"Udah dicoba dinyalain, kata bapak nyalanya udah bagus, tapi belum diterbangin, baling-baling atasnya belum jadi," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis (11/07/2019).

BACA JUGA: Warga Nagrak Sukabumi Ciptakan Helikopter Berbahan Bakar Bensin

Febri menjelaskan, dua titik yang harus dipasang baling-baling berada di bagian atas dan bagian belakang. Masing-masing ukuran baling-baling berbeda. Pada bagian atas panjangnya empat meter dan bagian belakang dua meter. 

"Yang atas dua buah dan yang belakang satu buah baling-baling. Pembangunan tertunda beberapa minggu karena bapak bekerja di bengkel bubut. Jadi kadang dikerjain, kadang enggak," pungkas Febriansyah.

Reporter : CRP 3
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menghukum inkumben yang menggunakan program penanganan pandemi Covid-19 untuk pencitraan...

SUKABUMIUPDATE.com - Menu makanan dan minuman di Grand Inna Samudra Beach Hotel (GISBH) Palabuhanratu selalu ada yang baru. Untuk minuman, Samudra Lounge & Karaoke Terrace menyajikan Es Kopi Gula aren.  Es...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Desa Bojongjengkol menanggapi permasalahan Rumah Tidak Layak Huni atau Rutilahu dan dugaan pemotongan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) milik janda di Kampung Segel RT...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, melaporkan penambahan kasus Covid-19 atau pasien terkonfirmasi positif Corona sebanyak 1.671 orang pada hari ini, 11 Juli 2020. "Sehingga total...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya