Menu

Sabtu, 29 September 2018, 06:00 WIB

Buat Helikopter, Warga Nagrak Sukabumi Ingin Alat Transportasi Berkualitas

| Sumber Foto:

SUKABUMIUPDATE.com - Jujun Junaedi (41 tahun), warga Kampung Cibubuay RT 03/01, Desa Darmareja, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, adalah sosok yang kreatif. Jujun yang merupakan lulusan SMK ini kini sedang merakit kendaraan, bukan motor atau mobil tapi sebuah helikopter. Helikopter rakitan ini diberi nama JN 77 yang merupakan kepanjangan Jujun Junaedi. Adapun 77 yaitu 1977 yang merupakan tahun kelahiran Jujun.

Motivasi serta bagaimana proses pembuatan helikopter, berikut wawancara wartawan sukabumiupdate.com Saeful Ramdani dengan Jujun Junaedi.

Ide awal membuat helikopter ini dari mana?

Melihat orang lain bisa, kenapa saya tidak bisa. Awalnya punya mesin sepeda motor yang tidak terpakai lalu punya keinginan supaya bisa diterbangkan dan saya punya dasar ahli bubut dan hidrolik.

Bisa dijelaskan secara spesifikasi helikopter ini?

Mesin genset 2 silinder 700 cc, helikopter ini diprediksi bisa mengangkut 4 orang penumpang. Bahan bakarnya pun hanya bensin biasa. Rangka baja ringan, besi holo dan besi siku juga plat. Baling-baling fiber modifikasi. Helikopter memiliki bagian bodi depan dengan ukuran lebar 1,4 meter, tinggi 2,5 meter dan panjang hingga bagian ekor 8 meter. Dua baling-baling utama dibuat berukuran 8 meter x 20 sentimeter, dan baling-baling belakang 2 meter X 20 sentimeter. Semua baling-baling dibuat dari bahan fiber.

Daya tampung helikopter berapa banyak?

Empat orang termasuk pilot.

Saat membuat helikopter ini apakah menggunakan rumus-rumus fisika atau mengandalkan teknik saja?

Rumus fisika, hukum newton, terus keseimbangan, gravitasi, daya mesin didukung dengan otodidak yang bergerak di bidang teknik, saya juga operator mesin bubut, mesin las, mesin miling dan mengerti tentang hidrolik.

Apabila berhasil terbang, apa helikopter ini akan digunakan sarana transportasi masyarakat kampung ini atau ada rencana lain?

Belum terpikirkan karena mungkin ada aturan untuk mengemudikan helikopter. Ketika ini bisa terbang akan dipiloti oleh sendiri, namun untuk dipakai apa belum terpikir. Kalau bisa untuk transportasi Pemda atau pimpinan ketika ingin rapat atau apapun.

Ada harapan bahwa helikopter ini nantinya menjadi kendaraan pengangkut layaknya helikopter komersial lainnya?

Tentunya, namun itu dipikirkan selanjutnya. Sekarang fokus pengerjaan supaya heli ini bisa terbang dengan layak dan standar.

Selain helikopter, pernahkan membuat kendaraan lainnya?

Modifikasi motor menjadi dua silinder namun dibantu dengan rekan, yang sedang dikerjakan pun tiga silinder.

Ada keinginan membuat barang-barang lainnya yang berkaitan dengan kendaraan?

Motor murah dan ramah lingkungan. Namun masih fokus terhadap pengerjaan helikopter. Walaupun saya hidup di pedesaan tapi punya keinginan memproduksi alat transportasi yang berkualitas.

Reporter : SAEPUL RAMDANI
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Markas Besar Kepolisian RI dibantu Kepolisian Resor Cianjur berhasil menangkap pasangan muda terduga teroris di Kampung Cibodas RT 03/RW 01, Desa...

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kampung Pasirpogor RT 01/07, Kelurahan Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, digegerkan dengan ditemukannya sesosok mayat pria tua di dalam rumah, Kamis (14/11/2019). Pria tersebut diketahui bernama...

SUKABUMIUPDATE.com - Seseorang pria diamankan Polsek Parungkuda karena diduga hendak menculik anak di Kampung Sukaasih RT 01/05, Desa Parungkuda, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Kamis (14/11/2019). Saat itu anak laki-laki berusia dua tahun...

SUKABUMIUPDATE.com - Peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara menuai sorotan dari para driver ojek online (ojol) di Sukabumi. Pasalnya, pelaku bom bunuh diri tersebut...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya