Menu

Kamis, 01 Agustus 2019, 15:26 WIB

Aqua Babakanpari Sukabumi Gelar Pendidikan Lingkungan di Taman Kehati

Aqua Golden Mississippi (AGM ) Babakanpari, Cidahu, Kabupaten  Sukabumi melaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Papisangan Cicurug, Kamis (1/8/2019). | Sumber Foto:Istimewa.

SUKABUMIUPDATE.com - Edukasi lingkungan sejak dini  perlu dilakukan sebagai upaya untuk mengenalkan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan secara baik dan benar.

Untuk itu Aqua Golden Mississippi (AGM ) Babakanpari, Cidahu, Kabupaten  Sukabumi melaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Papisangan Cicurug, Kamis (1/8/2019).

BACA JUGA: Melihat Pemberdayaan Petani di Taman Kehati AGM Babakanpari Sukabumi

Keceriaan siswa terlihat saat pendamping program dari Yayasan Darojatun Qolbu melakukan edukasi dengan berbagai macam game yang diminati oleh para siswa MI Papisangan. Mereka sangat tertarik dan memahami fungsi dari pohon, mengenal jenis-jenis pohon dan satwa yang ada di area taman kehati ini baik yang dilindungi atau hampir punah keberadaannya.

Acara ini dihadiri oleh relawan karyawan Aqua, mitra pelaksana program Yayasan Darojatun Qolbu, petani penggarap lahan Taman Kehati, Kepala Desa Caringin, guru dan siswa MI Papisangan.

BACA JUGA: Melihat Keseruan Pramuka Kwatir Ranting Cidahu Sukabumi Kunjungi Pabrik Aqua Babakanpari

Dalam sambutannya, Dodi Rusdiansyah selaku koordinator CSR Aqua Babakanpari mengungkapkan bahwa program pendidikan ini merupakan salah satu implementasi program blue operation dari Danone yang artinya bahwa Aqua dalam menjalankan operasionalnya dengan ramah lingkungan.

Dodi menuturkan, ada tiga pilar blue operation di antaranya pertama pilar siklus kemasan, dimana Aqua mengelola dengan baik sampah kemasan plastik untuk digunakan kembali sebagai bahan baku kemasan atau dijadikan barang yang bermanfaat lainnya. Selanjutnya yang kedua adalah siklus air dimana Danone mengelola dengan baik sumber daya air dengan melakukan efisiensi penggunaan air dan kegiatan konservasi untuk mempertahankan sumber daya air secara berkelanjutan," ujar Dodi.

BACA JUGA: Hari Air Sedunia: Koramil 0713 Cicurug Gandeng CSR Aqua Mekarsari Bersih - bersih Sampah

"Dan yang terakhir, pilar siklus karbon dimana Danone meminimalkan pencemaran karbon dengan melakukan kegiatan efisiensi penggunaan energi listrik, dan meminimalkan pencemaran udara lainnya," kata Dodi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pabrik PT AGM BBP Eddwison Yasir memaparkan kepedulian terhadap lingkungan perlu ditanamkan kepada anak sejak dini, agar mereka bisa tumbuh menjadi generasi yang dekat dan menghargai alam sekaligus Sang Pencipta.

"Generasi yang memiliki karakter mencintai bukan melukai, yang suka merawat bukan merusak," tandas Eddwison.

BACA JUGA: 10 Pabrik Aqua Raih Penghargaan Industri Hijau 2018

Farid Nurdin, Kepala Desa Caringin mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut dia pemerintah desa mendukung dan merasa terbantu dengan program Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) PT AGM Babakanpari yang ada di wilayah desa Caringin Kecamatan Cicurug ini.

"Masyarakat sebagai petani sudah dapat diberdayakan untuk mengelola pertanian organik di area ini dengan sistem tumpang sari di bawah tegakan pohon. Selanjutnya siswa-siswa dapat belajar mengenal berbagai macam flora dan fauna yang ada di area ini," ujarnya.

Farid berharap Taman Kehati ini dapat menjadi tempat publikasi dan edukasi bagi masyarakat dengan dikelola dengan baik melalui prosedur perusahaan yang sinergis dengan kebijakan pemerintah desa.

Redaktur : ANDRI SOMANTRI/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Memanggil pasangan dengan panggilan sayang adalah hal yang wajar. Bahkan, tradisi informal ini juga dilakukan oleh orang di lingkungan kerajaan seperti Kate Middleton. Istri Pangeran Wiiliam itu rupanya...

SUKABUMIUPDATE.com -  Belum lama ini, Indonesia sempat dihebohkan dengan kasus Hepatitis A di Depok. Masih mewabahnya hepatitis ini, ternyata tidak memengaruhi pendapat Prof. Dr. dr. Rino Alvian Gani, SpPD-KGEH,...

SUKABUMIUPDATE.com -  Raffi Ahmad bersama Nagita Slavina dan Rafathar kini tengah menikmati jalan-jalan ke luar negeri. Salah satu negara yang disambanginya adalah Jepang. Di Negeri Matahari Terbit itu, Nagita Slavina...

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang lelaki paruh baya berinisial TSP (57) meninggal dunia akibat luka bakar parah. Dari keterangan polisi, Apeng melakukan bunuh diri dengan cara membakar diri. Apeng diketahui terbakar di...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya