Menu

27 Jul 2019, 18:23 WIB

2.000 Pohon Mangrove Ditanam di Muara Cigebang Ujunggenteng

Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Genteng Nusantara, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, melakukan penanaman pohon Mangrove di sekitar pantai, tepatnya di Muara Cigebang. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pesona Pantai Ujunggenteng, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi memang sudah tidak diragukan lagi keindahanya sehingga objek wisata ini menjadi lokasi favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Apalagi kawasan pantai yang berada di daerah Sukabumi Selatan ini tersebut masuk dalam zona Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Maka dari itu, dibutuhkan perhatian khusus dalam merawat dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar pantai agar keindahannya tetap terjaga.

BACA JUGA: Libur Lebaran, Cobain ke Hutan Mangrove Ciemas Sukabumi

Hal inilah yang mendorong Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Genteng Nusantara, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, melakukan penanaman pohon Mangrove di sekitar pantai, tepatnya di Muara Cigebang. Upaya ini merupakan bagian dari menjaga kelestarian pesisir pantai.

"Sebanyak 2.000 pohon mangrove yang ditanam disepanjang Muara Cigebang," ujar anggota Pokmaswas Genteng Nusantara, Nana Septiansyah, kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (27/7/2019).

BACA JUGA: Alor Ciateul, Hutan Mangrove Mempesona di Ciemas Kabupaten Sukabumi

Pohon Mangrove, lanjut Nana, sangat penting keberadaannya untuk menjaga ekosistem laut. Penanaman di Pantai Ujunggenteng saat ini baru di Muara Cipaku, Muara Cikakap dan sekarang di Muara Cigebang. "Rencana pada tanggal 16-18 Agustus mendatang, akan dilakukan penanaman di Pantai Cikepuh," paparnya.

Lebih lanjut, Nana menjelaskan pohon mangrove atau yang lebih dikenal dengan nama bakau ini sangat penting keberadaannya, yaitu sebagai saringan alami sampah yang akan masuk ke laut juga tempat berkembang biak ikan dan kepiting. Maka dari itu, semua pihak wajib menjaga pohon mangrove tersebut. 

BACA JUGA: Pemdes Mandrajaya Sukabumi Kembangkan Produk Makanan Hutan Mangrove

"Tanaman yang sudah besar atau baru ditanam diharapkan bisa kita jaga dan pelihara baik oleh setempat maupun wisatawan. Intinya sama-sama memiliki rasa memiliki," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mulai membuka pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2020. Pada tahap pertama...

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Pertanian (Kementan), melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) saat ini sudah memiliki model percontohan Agriculture War Room (AWR). Hal itu nantinya akan digunakan sebagai model...

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar mengejutkan datang dari aktor Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari. Ashraf dikabarkan meninggal dunia karena sakit jantung. Dari informasi yang diperoleh Suara.com, Ashraf Sinclair meninggal dunia, Selasa...

SUKABUMIUPDATE.com - Di era digital saat ini, banyak orang yang baru memulai membangun bisnisnya, karena kemudahan yang didapat dan biaya promosi yang tidak terlalu mahal. Kehadiran media sosial membantu...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya