Menu

27 Jul 2019, 18:23 WIB

2.000 Pohon Mangrove Ditanam di Muara Cigebang Ujunggenteng

Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Genteng Nusantara, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, melakukan penanaman pohon Mangrove di sekitar pantai, tepatnya di Muara Cigebang. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pesona Pantai Ujunggenteng, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi memang sudah tidak diragukan lagi keindahanya sehingga objek wisata ini menjadi lokasi favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Apalagi kawasan pantai yang berada di daerah Sukabumi Selatan ini tersebut masuk dalam zona Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Maka dari itu, dibutuhkan perhatian khusus dalam merawat dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar pantai agar keindahannya tetap terjaga.

BACA JUGA: Libur Lebaran, Cobain ke Hutan Mangrove Ciemas Sukabumi

Hal inilah yang mendorong Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Genteng Nusantara, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, melakukan penanaman pohon Mangrove di sekitar pantai, tepatnya di Muara Cigebang. Upaya ini merupakan bagian dari menjaga kelestarian pesisir pantai.

"Sebanyak 2.000 pohon mangrove yang ditanam disepanjang Muara Cigebang," ujar anggota Pokmaswas Genteng Nusantara, Nana Septiansyah, kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (27/7/2019).

BACA JUGA: Alor Ciateul, Hutan Mangrove Mempesona di Ciemas Kabupaten Sukabumi

Pohon Mangrove, lanjut Nana, sangat penting keberadaannya untuk menjaga ekosistem laut. Penanaman di Pantai Ujunggenteng saat ini baru di Muara Cipaku, Muara Cikakap dan sekarang di Muara Cigebang. "Rencana pada tanggal 16-18 Agustus mendatang, akan dilakukan penanaman di Pantai Cikepuh," paparnya.

Lebih lanjut, Nana menjelaskan pohon mangrove atau yang lebih dikenal dengan nama bakau ini sangat penting keberadaannya, yaitu sebagai saringan alami sampah yang akan masuk ke laut juga tempat berkembang biak ikan dan kepiting. Maka dari itu, semua pihak wajib menjaga pohon mangrove tersebut. 

BACA JUGA: Pemdes Mandrajaya Sukabumi Kembangkan Produk Makanan Hutan Mangrove

"Tanaman yang sudah besar atau baru ditanam diharapkan bisa kita jaga dan pelihara baik oleh setempat maupun wisatawan. Intinya sama-sama memiliki rasa memiliki," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Setengah dari populasi Indonesia diperkirakan akan terinfeksi virus corona di Indonesia jika tak kunjung diberlakukan lockdown. Dilansir dari suara.com, hingga Jumat (27/3/2020), tercatat ada 893 kasus virus corona...

SUKABUMIUPDATE.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi merilis data lonjakan Orang Dalam Pemantauan (ODP) per hari ini, Sabtu (28/3/2020). Tercatat ODP yang sehari sebelumnya berjumlah 202 orang,...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penangananan Covid-19 Achmad Yurianto dianggap melontarkan kalimat kontroversial ketika memberikan keterangan pers soal perkembangan kasus corona di Indonesia. Dilansir dari suara.com, dalam pernyataan...

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (28/3/2020). Akibatnya, belasan rumah porak-poranda. Atap berterbangan dan pohon tumbang di Kampung Pasisangan RT 18/05 Desa Pondokkaso...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya