Menu

15 Des 2018, 16:59 WIB

Dengan Cara Ini Anak Muda Sukabumi Dilatih Jadi Barista Handal

Pelatihan menyajikan kopi yang diikuti para anak muda dari beberapa desa di Kabupaten Sukabumi. Mereka dilatih barista dari Gerakan Wadia Balad Sukabumi Kopi, di Bunga Ayu Sea Side Resort Palabuhanratu. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Kopi menjadi bagian dari gaya hidup, hal itu ditunjukan dengan banyaknya cafe-cafe yang kian mudah ditemui di setiap daerah, tak terkecuali Sukabumi.

Ketika kopi menjadi gaya hidup, peluang berkarier menjadi seorang barista pun menjadi kian terbuka lebar. Maka dari itu, banyak pelatihan-pelatihan yang digelar agar menjadi peracik kopi yang handal.

Hal tersebut yang menjadi tujuan dari pelatihan menyajikan kopi yang diikuti para anak muda dari beberapa desa di Kabupaten Sukabumi. Mereka dilatih barista dari Gerakan Wadyabala Jokowi (GWJ) di Bunga Ayu Sea Side Resort Palabuhanratu.

BACA JUGA: Jelajahi Asia hingga Eropa dengan Sepeda, Warga Jerman Singgah di Kota Sukabumi

Seorang Barista, Jaelani, mengatakan, pelatihan meracik dan menyeduh hingga menyajikan kopi ini sekaligus mengkampanyekan bagaimana minum kopi yang sehat kepada para generasi muda serta mengsinkronkan program-program pemerintah dalam bidang pertanian.

"Kopi Sukabumi memiliki potensi yang sangat baik. Saya melihat nantinya bisa menjadi salah satu kopi unggulan yang ada di daerah Kabupaten Sukabumi," ujar Jaelani kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (15/12/2018).

Dengan adanya sosialisasi tersebut, Jaelani mengharapkan kedepannya anak muda di desa yang tergabung dalam berbagai komunitas pencinta kopi bisa membuka peluang usaha dan mengembangkan pertanian kopi di daerah masing-masing.

BACA JUGA: Komunitas Skateboard Bisa Leluasa Main, Disbudpora Kabupaten Sukabumi Bakal Bangun Skate Park

"Memang tadi ada beberapa teman-teman yang berminat membuka usaha di bidang perkopian ini, saya rasa sangat baik karena kopi sendiri tidak akan booming seketika, namun saya yakini akan terus berkembang kalau masyarakat mau membudidayakan," bebernya.

Sementara itu, Fatwa (27 tahun) salah seorang peserta mengatakan, setelah mengikuti kegiatan tersebut dirinya mengaku sangat bermanfaat untuk membuka peluang usaha kepada para pemuda khususnya dalam bidang pertanian kopi. Anggota forum pemuda Desa Bojonglongok, Kecamatan Parakansalak ini, mengungkapkan dengan pelatihan ini dirinya bisa mengembangkan usaha dengan membuka kedai kopi.

"Insya Allah kita akan praktekan nanti di lapangan bersama rekan-rekan pemuda, mudah-mudahan kita bisa membuka kedai kopi juga, ini sangat bermanfaat sekali buat kami," singkatnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menemukan setidaknya 382 pedagang di 64 pasar berbagai daerah positif Covid-19. Dari total tersebut 25 orang diantaranya meninggal dunia karena terpapar penyakit...

SUKABUMIUPDATE.com - Manajemen Bioskop Moviplex Sukabumi mengaku sudah menyiapkan skenario untuk nanti diterapkan saat bioskop tersebut kembali dibuka dalam pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) alias new normal di Kota...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki pekan pertama bulan Juni 2020 ditengah Pandemi corona atau Covid 19, harga beberapa jenis ikan laut di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi melonjak. BACA JUGA: Nelayan...

SUKABUMIUPDATE.com -  Apakah saat ini Surat Izin Mengemudi (SIM) yang dimiliki telah habis masa berlakunya? Jangan tergesa-gesa atau panik. Sembari mengagendakan akan mengurus perpanjangan, simak keterangan yang diberikan oleh...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya