Menu

Senin, 19 Agustus 2019, 20:26 WIB

Raynette Gandoeng, Mahasiswi Sukabumi di Tim Paduan Suara HUT RI 74 di Istana Negara

Raynette Grace Gandoeng, mahasiswi asal Sukabumi yang menjadi bagian dari tim paduan suara dan orkestra tingkat nasional, Gita Bahana Nusantara 2019. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Siapa sangka, Raynette Grace Gandoeng, salah seorang mahasiswi asal Sukabumi berhasil lolos menjadi anggota tim paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara 2019. Paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) merupakan tim paduan suara dan orkestra yang tampil dalam upacara HUT Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara.

BACA JUGA: Bahagianya Latifa, Paskibraka Pembawa Baki Bendera Merah Putih Asal SMAN 1 Cibadak

Perempuan berusia 21 tahun ini berhasil lolos menjadi perwakilan Jawa Barat, setelah sebelumnya mengikuti audisi di wilayah 1 Depok, pertengahan Juni lalu. Sang ibunda, Hera Savira menuturkan, anaknya tersebut menjadi orang kedua yang berhasil lolos menjadi bagian dari tim GBN ini, setelah tahun sebelumnya ada Alvin dari SMAN 3 Kota Sukabumi yang juga masuk menjadi bagian dari GBN 2018.

"Tahapan seleksi awal itu diambil tingkat wilayah. Tahun ini di Jawa Barat ada dua wilayah yang melakukan seleksi, yaitu wilayah 1 di Depok, dan wilayah 2 di Garut. Calon peserta dapat mengikuti di dua wilayah itu, tapi ketika masuk tetap membawa daerahnya masing-masing sesuai domisili. Anak saya ikut yang di Depok. Audisi di Depok kalau tidak salah dilaksanakan 15 Juni, diikuti oleh lebih dari 50 orang," ungkap Hera kepada sukabumiupdate.com, Senin (19/8/2019).

BACA JUGA: Si Cantik Pembawa Baki Bendera Pusaka Upacara HUT ke 73 RI di Kota Sukabumi

Hera melanjutkan, dari 50 peserta yang mengikuti audisi Depok, diambillah 25 orang untuk masuk di tingkat Jawa Barat, digabung dengan 25 orang dari hasil audisi di Garut, sehingga di tingkat Jabar ada 50 orang.

"Pelaksanaan di Jabar pertengahan Juli. Dari 50 orang di Jabar, hanya diambil empat orang untuk masuk, yaitu jenis suara sopran dari Subang, Tenor dari Kuningan, Bass dari Cimahi, dan Alto dari Sukabumi. Total tim nasional 136 orang dari 34 Provinsi," papar Hera.

BACA JUGA: Syahla Putri, Siswi SMAN 2 Kota Sukabumi Pembawa Baki Bendera di Lapang Gasibu

Sementara itu, saat diwawancarai, Raynette menyebut sudah empat kali tampil di acara kenegaraan, yaitu konser perdana di Kemendikbud pada 15 Agustus, Sidang Paripurna MPR RI 16 Agustus, Upacara 17 Agustus di Istana di Negara, dan tampil dalam undangan di Mahkamah Konstitusi pada tanggal 18 Agustus.

"Tentu sangat senang sekali karena saya bisa bergabung di event nasional yang hanya bisa diikuti satu kali seumur hidup. Tapi kalau anggota orkes bisa tiga kali," ungkap Raynette.

Mahasiswa Prodi Kebidanan semester V di Stikesmi ini menuturkan, ia dan timnya menyanyikan 18 lagu pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI 17, dimana pada lagu terakhir ia tak kuasa menahan tangis bahagianya.

BACA JUGA: Hebat, Dua Pelajar SLB Ini Jadi Tamu Kehormatan di Acara HUT RI ke-74 Kota Sukabumi

"Terakhir itu membawakan medley lagu kedaerahan. Tapi karena saya juga kuliah di kebidanan maka cita-cita saya ingin membangun rumah sakit, tapi tidak meninggalkan dunia musik ini. Intinya harus terus punya mimpi," pungkas Raynette.

Raynette merupakan anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Hera Savira dan Gandoeng Soegiarno. Ia adalah warga Jalan Bhayangkara Nomor 80 Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Raynette sendiri telah menggeluti dunia musik sejak ia kecil, dimana langsung diajarkan dan dilatih oleh ibunya sendiri.

Reporter : OKSA BC
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Tiga kali gagal mengikuti audisi paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN), justru membuat Raynette Grace Gandoeng lebih bersemangat lagi berusaha. Bakat terus diasah dan kemampuan terus ditingkatkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Rahayu Lestari (16 tahun) masih tak bisa menyembunyikan tangis harunya. Siswi kelas X MAN 3 Sukabumi tersebut adalah anggota Paskibra Kecamatan Surade yang saat itu hendak bertugas...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya