Menu

Sabtu, 17 Agustus 2019, 18:01 WIB

Hebat, Dua Pelajar SLB Ini Jadi Tamu Kehormatan di Acara HUT RI ke-74 Kota Sukabumi

Nurul Rahmah dan Syipa Aulia, dua siswa berprestasi saat memegang piagam penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. | Sumber Foto:Oksa BC

SUKABUMIUPDATE.com - Dua siswi SLB A Budi Nurani Kota Sukabumi menjadi tamu kehormatan dalam peringatan HUT RI ke-74 tingkat Kota Sukabumi, Sabtu (17/8/2019). Mereka adalah Syipa Aulia dan Nurul Rahmah.

BACA JUGA: Bahagianya Latifa, Paskibraka Pembawa Baki Bendera Merah Putih Asal SMAN 1 Cibadak

Keduanya diundang secara khusus karena berhasil menjadi juara pertama tingkat nasional dalam Festival Literasi Sekolah (FLS) tingkat pendidikan khusus yang digelar 25-29 Juli 2019 lalu di Jakarta.

"Rasanya Syipa terharu dan kaget saat diumumkan itu. Syipa menangis bahagia, syipa bersyukur kepada Allah, dan prestasi ini tidak akan Syipa sia-siakan. Sebelumnya Syipa pernah masuk tingkat nasional juga tapi hanya juara harapan satu," ungkap Syipa kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Inilah 32 Pelajar Anggota Paskibraka Kota Sukabumi 2019

Bungsu dari tiga bersaudara itu merupakan siswi kelas IV SD di SLB A Budi Nurani, dan berhasil menjadi juara pertama tingkat nasional dalam lomba pembacaan puisi. Syipa sendiri menderita low vision dalam penglihatannya.

"Saya senang baca puisi. Saking senangnya saya sudah membuat dua puisi, yaitu yang berjudul Aku dan harapanku, serta puisi berjudul Ibu. Puisi Aku dan Harapanku maknanya adalah kita harus mensyukuri apa yang Tuhan berikan, jadi puisinya tentang disabilitas. Walaupun punya keterbatasan tapi harapan itu selalu ada. Namun puisi Yang Ibu, ini masih dalam proses penyelesaian," jelas Syipa.

BACA JUGA: Band SLB Budi Nurani Tampil di Acara Konservasi Seni Budaya Sukabumi

Memaknai kemerdekaan menurut Syipa adalah, bila kita memiliki bakat maka jangan disia-siakan, karena bakat itulah yang menjadi modal untuk bisa pintar dan berprestasi.

"Kita tidak boleh menyerah, kita harus terus menggali apa yang kita mau, dan kita harus mencapainya dengan diri kita sendiri. Syipa bercita-cita ingin menjadi sastrawan puisi,"pungkasnya.

BACA JUGA: Semangat Belajar Anak Paud di Tenda Pengungsian Pergerakan Tanah Kertaangsana Nyalindung

Sementara itu, Nurul Rahmah yang merupakan siswi kelas XI SMA di SLB A Budi Nurani meng senang saat diumumkan menjadi juara pertama dalam lomba penulisan kreatif (menulis cerpen), di Festival Literasi Sekolah (FLS).

"Waktu itu pengin nangis tapi sama pelatih ditahan. Saat itu saya menulis tentang keseharian," ungkap Nurul kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Datangi SLB Budi Nurani, KPU Kota Sukabumi Simulasi Surat Suara Khusus

Nurul sendiri mengalami tunanetra total. Prestasi yang Nurul raih sekarang merupakan prestasi pertamanya dan ia dedikasikan bagi kedua orangtua, guru, dan pelatihnya.

"Ada 15 tulisan yang sudah saya buat, tentang macam-macam. Kedepannya saya kngin bikin novel dan artikel, karena dengan tulisan itu bisa mengekspresikan apa yang kita rasakan dan juga bisa menginspirasi orang lain," ucap Nurul.

BACA JUGA: Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72, Siswa SLB A Budi Nurani Kota Sukabumi Lomba Makan Kue

Terakhir, salah satu guru SLB A Budi Nurani, Rati mengatakan, persiapan yang dilakukan dalam perlombaan tersebut terbilang panjang, yaitu sekitar empat bulan sebelumnya.

"Satu minggu bisa 4-5 kali latihan. Dan sebelumnya pernah juga Juara Nasional, sekitar tahun 2015-2016 di bidang pembacaan puisi. Serta pesannya adalah prestasi Nurul dan Syipa ini patut dicontoh, karena walaupun memiliki keterbatasan fisik tapi mampu berprestasi, sehingga harus menjadi motivasi bagi anak-anak lain yang normal," pungkas Rati.

Reporter : OKSA BC
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus pembacokan pelajar kembali terjadi di Sukabumi. NF, harus menjalani perawatan hingga operasi di RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi akibat luka parah di kepalanya. Luka yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan anggota Sarikat Buruh Muslimin Indonesia Nahdatul Ulama (Sarbumusi NU) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Sukabumi mengikuti pelatihan kewirausahaan, di gedung dakwah PCNU, Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang. BACA JUGA: Soal...

SUKABUMIUPDATE.com - Polres Sukabumi Kota  mengungkap kasus narkoba dan obat berbahaya yang terjadi di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, tepatnya di rayon tengah yang meliputi Kecamatan Cikole, Citamiang, Sukabumi,...

SUKABUMIUPDATE.com - Nursusilawati (27 tahun), warga Kampung Siturawapanjang RT 04/03 Desa Cireunghas, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Ia terpaksa dilarikan ke rumah sakit setelah...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya