Menu

04 Agu 2020, 08:57 WIB

Waspadai OTG, Puskesmas Surade Sukabumi Aktifkan Desa Siaga Covid-19

Pembinaan kader desa siaga aktif dalam memasuki New Normal oleh Puskesmas Surade, Kabupaten Sukabumi di Desa Sirnasari. | Sumber Foto:RAGIL GILANG

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki New Norman atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Puskesmas Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi melakukan safari protokol Covid-19 ke setiap desa di wilayah kerjanya.

Kepala Puskesmas Surade, Solitaire Ram Mozes, menjelaskan meskipun di wilayah kerjanya semua pasien dalam pengawasan (PDP) sudah sembuh, tetapi tidak membuatnya terlena. Maka dari itu pihaknya akan tetap waspada dan memberikan imbauan kepada masyarakat.  

BACA JUGA: Rapid Test Massal di Surade Sukabumi Kerahkan Enam Unit Ambulans

"Apalagi Kecamatan Surade ini merupakan perlintasan Orang Tanpa Gejala (OTG) dari zona merah menuju kawasan Geoprak Ciletuh," jelasnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (3/8/2020) kemarin.

Safari protokol Covid-19 ini, lanjut Solly, mengaktifkan kembali Desa Siaga Aktif dan memberikan pembekalan serta pemahaman protokol Covid-19 kepada kader Posyandu, yang ada di beberapa desa wilayah kerja PKM Surade.

"Mengaktifkan peran kader Posyandu dalam mengedukasi masyarakat, sehingga mampu menjalankan tugas dan kewajiban mereka sehari-hari dengan menerapkan protokol kesehatan pada Adaptasi Kebiasaan Baru," ungkapnya.

Kader Posyandu di setiap desa, kata dia, sekitar 60 orang. Jadi sangat bisa membantu untuk memberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat.

"Mereka bisa lebih aktif berperan di dalam gugus tugas siaga Covid, maupun Posyandu siaga Covid-19," terangnya.

BACA JUGA: Warga Wanasari Surade Sukabumi Sambut Pasien Covid-19 yang Sembuh

Adapun wilayah kerja Puskesmas Surade, yakni meliputi  Desa Kadaleman, Desa Sirnasari, Desa Wanasari, Desa Kademangan, Desa Citanglar, Jagamukti, dan Kelurahan Surade.

"Hari ini, sudah melakukan pertemuan di Desa Jagamukti, Desa Kadaleman, Desa Sirnasari, dan Desa Wanasari. Desa lainnya menyusul minggu-minggu ini," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kurangnya komunikasi, kasih sayang, dan pertimbangan mengarah pada masalah yang berkembang yang sulit diselesaikan oleh pasangan sering menjadi beban sebuah hubungan. Kebanyakan merasa sulit untuk berbagi masalah...

SUKABUMIUPDATE.com - Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) dan sejumlah ormas islam meminta pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 ditunda. Bukan tanpa alasan, permintaan itu berangkat dari kekhawatiran mereka bahwa ajang Pilkada...

SUKABUMIUPDATE.com -  Valentino Rossi resmi diumumkan sebagai pembalap Petronas Yamaha untuk musim MotoGP 2021. Pengumuman dilakukan di sela rangkaian MotoGP Catalunya di Barcelona, Spanyol, Sabtu, 26 September 2020. Rossi menandatangani...

SUKABUMIUPDATE.com - Komnas Ham dan sejumlah ormas islam meminta Pilkada serentak 2020 ditunda. Mereka khawatir ajang Pilkada akan meningkatkan kasus Covid-19, karena akan banyak kegiatan pengumpulan massa. Di Kabupaten...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya