Menu

01 Jun 2020, 12:25 WIB

Rapid Test Massal di Surade Sukabumi Kerahkan Enam Unit Ambulans

Rapid test massal di Pasar Surade, Kabupaten Sukabumi melakukan pengambilan sampel darah di mobil ambulans, Minggu (1/6/2020). | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com-  Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Surade bersama Puskesmas se- Wilayah VI Jampang Kulon melakukan rapid test massal di Pasar Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Senin (1/6/2020).

Rapid test massal melibatkan 10 puskesmas di Wilayah VI Jampang Kulon, diantaranya Puskesmas Ciracap, Tamanjaya, Ciemas, Tegalbuleud, Cimanggu. Pengambilan sampel darah dilakukan di mobil ambulans Puskesmas Jampang Kulon, Waluran, Kalibunder, Buniwangi, Cibitung, dan Puskesmas Surade.

BACA JUGA: Rapid Test Massal di Kabupaten Sukabumi, Ada yang Reaktif Langsung Swab

Pantauan di lapangan, dalam kegiatan tersebut juga ikut serta petugas dari Polsek Surade, Koramil Surade, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berancana (DPPKB), Dinas Perhubungan (Dishub), BPBD dan Polisi Pamong Praja. 

"Rapid test massal yang dilakukan di Pasar Surade sasarannya pedagang tetap, pedagang keliling, pengunjung, pengelola, sopir angkot dan ojek. Target 200 sampel darah," ujar Kepala Puskesmas Surade, Solitaire Ram Mozes kepada sukabumiupdate.com.

Perempuan yang akrab disapa dokter Solly tersebut menjelaskan, rapid test dilakukan di wilayah Surade yang kini dikategorikan zona merah.

BACA JUGA: Pantau Rapid Test di Pasar Cisaat, Bupati Sukabumi: Kita Tidak Punya Kluster

"Untuk Kabupaten Sukabumi sendiri ada delapan titik, mayoritas yang mempunyai pasien PDP positif, hasil Swab terkonfirmasi positif. Rapid test ini penting karena ditakutkan sudah terjadi transmisi lokal, apalagi sebelum saat lebaran kemarin adanya pola berdesak-desakan," jelasnya.

"Selain itu, juga untuk menentukan zona skala Kabupaten Sukabumi, seperti zona kuning, merah dan hijau, minimal satu persen jumlah populasi harus terperiksa. Jadi Kabupaten Sukabumi harus ada 26.000 rapid test. Kecamatan Surade sendiri mendapat 200 rapid tesr, dan nanti pada hari Jumat tiap kecamatan akan mendapatkan 100 rapid test," imbuhnya.

"Untuk hasil tidak akan dibagikan sekarang. Akan dirahasiakan, namun untuk hasil reaktif akan dihubungi langsung ke orangnya. Nanti yang akan dipresentasikan hanya jumlahnya saja," pungkas Solly.

BACA JUGA: Pagi Ini Rapid Test Massal Gratis di 8 Pasar di Sukabumi, Target 2.300 Sampel

Sementara itu Kepala DPPKB Kabupaten Sukabumi, Nasihuddin menambakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu pencegahan penyebaran Virus Corona. Ia berharap masyarakat turut aktif dalam menekan dan mencegah penyebaran Covid-19.

"Petugas Covid Kecamatan Surade bersama relawan selama ini berupaya untuk memberikan kesadaran kepada warga. Dengan imbauan dan aksi turun ke jalan dalam memutus mata rantai penyebaran virus, apalagi kecamatan Surade kini masuk dalam zona merah," ujar Nashuddin.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolres Sukabumi AKBP M Lukman Syarif menjelaskan, penangkapan keempat pelaku tersebut merupakan hasil pengembangan dan kolaborasi Polres Sukabumi bersama Polda Metro Jaya. Pertama kali polisi mengamankan pelaku berinisial...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Vivick Tjangkung, mengatakan proses hukum kepada tiga pilot pakai sabu akan berjalan setelah hasil assessment keluar dan mereka...

SUKABUMIUPDATE.com - Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane memuji kemampuan timnya menghadapi tekanan untuk mempertahankan keunggulan 2-1 mereka melalui gol-gol Ferland Mendy dan Karim Benzema di babak pertama saat bertandang...

SUKABUMIUPDATE.com - Polda Metro Jaya masih berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Prancis guna menindaklanjuti jenazah Francois Abello Camille alias Frans (65). Dilansir dari suara.com, kekinian jenazah tersangka kasus pemerkosaan terhadap...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya