Menu

Kamis, 12 September 2019, 16:38 WIB

Sepsis, Zat Kimia Penyebab Meninggalnya Korban Keracunan Massal di Bantargadung

Korban keracunan di Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi hilir mudik berdatangan baik ke puskesmas maupun rumah sakit. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Data terkini hingga Kamis siang (12/9/2019) pukul 14.40 WIB, 140 warga jadi korban keracunan massal usai menyantap nasi uduk acara tahlilah di Kampung Pangkalan Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi. Puluhan masih dirawat di dua rumah sakit pemerintah dan puskesmas Bantargadung. Dua diantaranya meninggal dunia.

BACA JUGA: Dua Meninggal, RS Sekarwangi Rawat Intensif 27 Korban Keracunan Massal Bantargadung

Korban meninggal atas nama Rendi (9 tahun) warga kampung Pangkalan yang sempat dirawat di RS Palabuhanratu sejak Rabu malam kemarin. Korban meninggal lainnya atas nama Dewi Agung (37 tahun) warga Kampung Cikamanga Desa Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, yang sempat diopname di RS Sekarwangi Cibadak.

"Dewi didiagnosa mengalami Sepsis atau infeksi berat," ujar Humas RSUD Sekarwangi, Ramdansyah kepada sukabumiupdate.com, Kamis (12/9/2019).

BACA JUGA: Korban Keracunan Bolak Balik ke Puskemas Bantargadung, Ini Penyebabnya

Sepsis dari penelusuran redaksi sukabumiupdate.com adalah kondisi gawat darurat yang bisa berujung fatal dan kematian. Dikutip dari hellosehat.com, Sepsis juga disebut septicaemi atau keracunan darah, adalah komplikasi infeksi atau luka yang berpotensi mengancam nyawa. 

Sepsis terjadi karena zat kimia yang masuk ke dalam pembuluh darah untuk melawan infeksi memicu respon peradangan di dalam tubuh. Peradangan ini mampu memicu sejumlah perubahan yang dapat merusak berbagai sistem organ, menyebabkan kegagalan organ tubuh.

BACA JUGA: Bertambah, Korban Meninggal Akibat Keracunan di Bojonggaling Jadi Dua Orang

Infeksi apapun sebenarnya berisiko untuk menimbulkan sepsis, tapi sebagian besar kasus sepsis lebih sering disebabkan oleh infeksi perut, infeksi ginjal, infeksi kulit, infeksi aliran darah, serta infeksi paru (pneumonia). Orang yang memiliki sepsis biasanya akan menunjukkan tanda dan gejala berupa; punya kondisi infeksi, demam di atas 38 derajat Celcius atau suhu tubuh di bawah 36 derajat Celcius, denyut jantung di atas 90 detakan per menit, laju pernapasan lebih dari 20 napas per menit.

BACA JUGA: Kasus Keracunan di Bantargadung Pernah Terjadi di Tahun 2013 dan 2018

Dalam kasus yang lebih parah, gejala ini bisa menjadi tanda bahwa sepsis telah masuk dalam kategori berat. Anda mungkin mulai mengalami bercak pada kulit, jarang buang air kecil, kesulitan bernapas, sering merasa lelah, dan lainnya.  Jangan tunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila Anda mengalami kondisi yang mirip seperti itu, semakin dini perawatan yang didapatkan, semakin besar pula peluang untuk bertahan hidup.

Reporter : CRP 3
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi menyatakan, kasus keracunan massal di Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, merupakan Kejadian Luar Biasa (KLB).  "Yang disebut dengan KLB, yang untuk keracunan pangan ataupun makanan...

SUKABUMIUPDATE.com - Sampai Kamis (12/9/2019) malam, korban keracunan di Kampung Pangkalan, Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi terus hilir mudik ke Puskesmas Bantargadung. Rata-rata adalah warga yang datang kedua kalinya...

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi meninjau korban keracunan massal di RS Sekarwangi Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (12/9/2019). BACA JUGA: Sepsis, Zat Kimia Penyebab Meninggalnya Korban Keracunan Massal di Bantargadung Dalam...

SUKABUMIUPDATE.com - Terminal Cibadak Kabupaten Sukabumi akan direnovasi dan ditata. Alhasil, kurang lebih 111 pedagang yang berjualan di sekitaran terminal harus dipindahkan untuk sementara, lantaran seluruh bangunan lama akan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya