Jangan Ngaku Penggemar Hip Hop Kalau Belum Kenal SNDWCH, Asal Sukabumi Lho!

Minggu 30 Juni 2019, 09:26 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Grup musik semakin banyak bermunculan di Sukabumi. Tak hanya pop, tapi juga hip hop. SNDWCH demikian nama grup hip hop asal Sukabumi yang beranggotakan Amran Sapei, Septiana Saeful dan Fredy ini. 

SNDWCH didirikan pada tahun 2017, nama ini diibaratkan seperti Sandwich yang berlapis-lapis dari berbagai pilihan rasa yang disatukan, begitupun SNDWCH dari berbagai pikiran tapi disatukan untuk satu tujuan yang sama. 

Sebelumnya Amran Sapei, Septiana Saeful dan Fredy tergabung dalam satu komunitas musik Hiphop di Sukabumi yang bernama (CMG) atau Cibadak Moci Gun. Di CMG ini mereka belajar banyak tentang musik hiphop dan rap diantaranya, membuat beat atau instrumental, menulis lagu dan mengulik banyak musik hip hop.

BACA JUGA: Kisah Jamsu, Antara Hip Hop Sunda dan Pajampangan

Dari yang awalnya mereka tidak mengerti tentang hip hop menjadi mengerti. Padahal saat belajar mereka hanya mengandalkan peralatan seadanya saja. Saat itu bermodal USB yang berisi aplikasi untuk membuat beat atau instrumen kemudian pergi ke Warnet untuk ngulik serta bikin rekaman pun itu di warnet.

Meski segala keterbatasan dan dengan peralatan seadanya, sejak 2012 hingga 2017 ketika masih termasuk komunitas CMG, mereka sudah mengeluarkan banyak lagu lebih dari satu album.

Disaat itulah mereka bertiga mulai merasa solid hingga akhirnya membentuk grup hip hop yang dinamakan SNDWCH sejak 2017 sampai saat ini.

Pada awal terbentuknya, SNDWCH pun merilis lagu. Pertama berjudul 'Javaqueen' yang bercerita tentang kecantikan wanita di Pulau Jawa. Kedua berjudul 'Trust Me' lagu dengan tema menceritakan tentang cinta. Ketiga berjudul '2012' yang menceritakan tentang perjuangan mereka. 

BACA JUGA: Jamsu Hip Hop, Musisi Muda Kreatif dari Pajampangan

Setelah itu, mereka sering tampil dari panggung ke panggung. Mereka pun sering menerima tawaran untuk tampil di acara pensi sekolah kemudian mengisi acara di beberapa cafe yang ada di Sukabumi dan juga event- event hip hop di daerah Jabodetabek. 

Saat tampil mereka tidak mengharapkan suatu imbalan dalam mengisi acara, sebab yang terpenting mereka bisa tampil dan bisa mengenalkan grupnya kepada publik. 

Setelah grup ini terbentuk mereka mulai lebih berjuang lagi untuk membuktikan kepada semua orang akan hasil-hasil karyanya yang sederhana, mereka menargetkan tiga single dalam satu tahun. Pada akhirnya sebuah label musik Seven Stars Records mulai melirik dan melihat karya-karyanya hingga akhirnya terbentuk kerja sama antara keduanya. Seven Stars Records label dari London dan punya cabang di Indonesia tepatnya di Jakarta.

BACA JUGA: Gak Cuma Easy Listening, Jamsu Hip Hop Ikut Bangun Pariwisata di Sukabumi Lewat Musik

SNDWCH akhirnya membuat lagu di single pertamanya yang berjudul 'NOTIFY' yakni hasil kerja samanya dengan Seven Stars Records yang dirilis baru-baru ini. Notify ini menceritakan tentang perjuangan mereka di dunia hiphop yang di pandang sebelah mata oleh industri musik Indonesia. Untuk video klip mereka ngambil syuting di Jakarta.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)
Sehat24 April 2024, 20:22 WIB

2 Penyebab Sakit Punggung Pada Ibu Hamil, Simak Juga Cara Diagnosisnya Berikut Ini

Nyeri punggung bawah dan nyeri panggul adalah masalah paling umum yang terjadi selama kehamilan. jika Anda sedang hamil dan mengalami gejala-gejala ini, Anda tidak sendirian.
Ilustrasi penyebab sakit punggung ibu hamil. (Sumber : pexels.com/@Helena Lopes)
Arena24 April 2024, 20:17 WIB

10 Atlet Madrasah di Surade Terpilih Wakili Sukabumi ke Popwilda Jabar 2024

Sepuluh pelajar MAN 3 Sukabumi terpilih menjadi atlet yang mewakili Kabupaten Sukabumi pada Popwilda Jabar 2024. Berikut daftar namanya
Atlet bola voli putri MAN 3 Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:00 WIB

Usir Rasa Sakitnya Jauh-Jauh! 5 Rahasia Sederhana untuk Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi

Mengantisipasi asam urat yang sering kambuh, Anda bisa mencoba tips sehat untuk mengurangi frekuensi serangannya.
Ilustrasi minum air putih - Mengantisipasi asam urat yang sering kambuh, Anda bisa mencoba tips sehat untuk mengurangi frekuensi serangannya. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 April 2024, 19:32 WIB

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Tergantung di Kontrakan Bojonggenteng Sukabumi

Berikut kronologi pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di kontrakan yang berada di Bojonggenteng Sukabumi.
Ilustrasi gantung diri. Pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi ditemukan tewas tergantung di kontrakan. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih24 April 2024, 19:21 WIB

Diantar Apdesi Jabar, Kades Deden Lengkapi Berkas Maju Pilkada Sukabumi di Demokrat

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi Deden Deni Wahyudin di antar sejumlah fungsionaris Apdesi menyerahkan kelengkapan berkas pendaftaran bakal calon untuk maju di Pilkada Sukabumi 20
Deden Deni Wahyudin saat menyerahkan berkas pendaftaran bcalon kepada daerah ke DPC Partai Demokrat | Foto : Ilyas Supendi
Motor24 April 2024, 19:00 WIB

Ciri-ciri V Belt Motor Matic Harus Segera Diganti, Pengendara Harus Tahu Nih!

Menunda penggantian V-Belt yang rusak dapat berakibat fatal, seperti V-Belt putus di jalan yang dapat menyebabkan kecelakaan.
Ilustrasi - Menunda penggantian V-Belt yang rusak dapat  berakibat fatal,  seperti V-Belt putus di jalan yang  dapat  menyebabkan kecelakaan. (Sumber : wahanahonda.com)
Sehat24 April 2024, 18:35 WIB

5 Cara Berikut Dapat Meredakan Sakit Punggung saat Hamil, Salah Satunya Olahraga dan Terapi Fisik

Sakit punggung sering dikeluhkan oleh ibu hamil karena beberapa penyebab, namun ada cara yang dapat meredakan sakitnya.
Ilustrasi meredakan sakit punggung saat hamil. (Sumber : Freepik)