Pengalaman Seru Mahasiswa Internship Asal Prancis Jadi Duta Kampus Nusa Putra

Jumat 21 Februari 2020, 13:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Berjas almamater Universitas Nusa Putra warna merah marun, Slimani Laila (22 tahun) berdiri di depan kelas untuk memperkenalkan diri dihadapan siswa-siswi kelas XII SMK Negeri 2 Kota Sukabumi, Kamis (20/2/2020).

Para pelajar ini begitu tertarik menyimak Slimani, pasalnya dia merupakan mahasiswa asal Prancis yang sedang mengikuti program internship di Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi. Dengan bahasa Indonesia beraksen Prancis, Laila menyapa dan memperkenalkan dirinya dengan penuh percaya diri.

"Selamat pagi, nama saya Slimani Laila, saya dari Prancis," ucap Laila meski terbata-bata. Perkenalan Laila selanjutnya disampaikan dengan bahasa Inggris dan Prancis.

BACA JUGA: Career Day 2020, Duta Kampus Universitas Nusa Putra Cerita Hal Ini di SMAN 1 Parakansalak

Perkenalan Laila menjadi pembuka acara promosi Universitas Nusa Putra di SMK Negeri 2 Kota Sukabumi. Keikutsertaannya, merupakan bagian dari rencana kegiatan mahasiswi Universite dAvignon, Prancis ini sebagai mahasiswa internship di Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi

Dalam kunjungan kali ini, Laila dan 12 orang Duta Kampus lainnya berkesempatan berbagi motivasi kepada siswa-siswi kelas XII SMK Negeri 2 Kota Sukabumi untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat Perguruan Tinggi (PT), dan berbagi informasi mengenai program-program yang ada di Universitas Nusa Putra di 12 kelas berbeda.

Antusiasme dan sambutan hangat ditunjukan pihak sekolah dan para siswa kepada para Duta Kampus. Salah satu guru, Nasrullah mengaku sangat senang dengan kedatangan Duta Kampus Universitas Nusa Putra. Karena menurutnya, Universitas Nusa Puta merupakan alternatif kampus bagi siswa-siswi di sekolahnya. 

BACA JUGA: Kunjungan Kelima Duta Kampus Universitas Nusa Putra, Disambut Hangat Siswa SMA

"Karena di Nusa Putra itu bisa kuliah dengan biaya terjangkau dan juga banyak bule-bulenya yah, sehingga anak-anak pun dapat termotivasi," kata guru Bimbingan Konseling (BK) ini seusai acara.

Tanggapan sama disampaikan salah satu siswi kelas XII, Aisah Ria Zahra yang mengatakan mendapat banyak informasi mengenai program-program perkuliah di Universitas Nusa Putra dari kunjungan Duta Kampus ini. Aisah bahkan sudah memutuskan untuk kuliah di Uiversitas Nusa Putra.

"Saya akan daftar dan mengambil jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) atau Desain Komunikasi Visual (DKV)," ujar Aisah.

BACA JUGA: Duta Kampus Universitas Nusa Putra Berbagi Api di Career Day SMANDA Hebat

Tak berbeda dengan Aisah, siswi lainnya, Luvita juga telah memutuskan akan melanjutkan pendidikannya di Universitas Nusa Putra. Siswi kelas XII jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ini sangat tertarik dengan penjelasan program-program jurusan dan program beasiswa yang ada di Universitas Nusa Putra.

"Saya tidak akan berpikir dua kali untuk daftar di Universitas Nusa Putra. Dan yang membuat saya lebih tertarik lagi, yaitu ada program pertukaran mahasiswa dengan mahasiswa asing," kata Luvita.

Setelah kunjungan di SMK Negeri 2 Kota Sukabumi selesai, Duta Kampus melanjutkan kegiatan promosinya ke SMK Hassina, Sukabumi. Lima orang Duta Kampus tampil memberikan informasi di lima kelas XII.  

BACA JUGA: Internship di Universitas Nusa Putra, Ini Cara Laila Beradaptasi dengan Budaya Sukabumi

Slimani Laila (berkaca mata) berswaphoto bersama siwa-siswi SMAN 1 Cikidang, setelah acara promosi kampus Universitas Nusa Putra, Jumat (21/2/2020).

Hari kedua kegiatan promosi, Jumat (21/2/2020) giliran SMA Negeri I Cikidang yang mendapat kunjungan. Kali ini, tiga orang Duta Kampus dan Laila berkesempatan bertemu siswa-siswi kelas XII di tiga kelas berbeda.

Seperti kunjungan sebelumnya, para data kampus kembali berbagi informasi mengenai program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), program beasiswa, Unit Kegiatan Kampus/Mahasiswa (UKK/UKM) dan pilihan program studi di Universitas Nusa Putra, serta berbagi motivasi agar siswa-siswi dapat melanjutkan studinya ke jenjang PT. 

Ditanya soal kesan kunjungannya ke sekolah-sekolah setelah acara promosi, Laila mengatakan sangat suka bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. "Karena, aku merasa aku sedang melakukan sesuatu yang mungkin saja akan membantu masa depan mereka dan juga Universitas Nusa Putra," kata Laila.

BACA JUGA: PMB Universitas Nusa Putra Sukabumi, Peserta Dites Mahasiswi dari Prancis

"Itu membuatku percaya diri untuk membantu orang lain karena aku bisa berbicara dengan banyak orang dan juga melihat seberapa besar Sukabumi. Berbicara bahasa inggris, dan juga bahasa Prancis dengan siswa-siswi SMA dan bertemu orang baru yang sangat menarik," ujarnya.

Terpisah, Marketing Universitas Nusa Putra, Elok Setianingtyas, menjelaskan setiap tahun, Universitas Nusa Putra selalu mengangkat duta-duta kampus dari mahasiswa, sebagai bagian dari tim promosi kampus.

"Setiap tahun kami juga selalu mengajak mahasiswa luar negeri yang intership atau full kuliah di sini untuk ikut berpartisipasi. Sebelumnya kami berikan dulu mereka training singkat mengenai program-program Nusa Putra, dan semuanya selalu antusias saat kami ajak," tandas Elok.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)