Mengenal Lebih Dekat Jurusan Manajemen Universitas Nusa Putra Sukabumi

Jumat 15 November 2019, 10:55 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Jurusan manajemen menjadi salah satu program studi (Prodi) populer di Univeritas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, meski baru dua tahun dibuka, namun jumlah mahasiswanya bertambah signifikan.

BACA JUGA: MSA Universitas Nusa Putra Sukabumi Bentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa Baru

Nah, bagi anda yang penasaran kenapa banyak mahasiswa, yang berminat masuk jurusan manajemen NPU Sukabumi? simak nih keunggulan-keunggulan prodi manajemen NPU Sukabumi dari Ketua prodinya, Yusuf Iskandar berikut ini.

Menurut Yusuf, dari aspek kurikulum, prodi manajemen NPU Sukabumi memiliki kurikulum yang disusun berlandaskan pada landasan yuridis, filosofis, dan teoritis. Landasan  yuridisnya, mengacu kepada undang-undang, peraturan pemerintah dan peraturan menteri yang ada saat ini.

Semuanya, kata dia disesuaikan dengan standar nasional pendidikan tinggi serta kerangka kualifikasi nasional Indonesia. Adapun landasan filosofisnya, lanjut dia, mengacu pada tatanan nilai Trilogi Nusa Putra.

"Trilogi Nusa Putra mengajarkan mahasiswa dan seluruh civitas akademikannya untuk selalu mengutamakan cinta kasih illahiyah, cinta kasih kepada orang tua dan cinta kasih kepada sesama manusia," kata Yusuf kepada sukabumiupdate.com, Jumat (15/11/2019).

BACA JUGA: Business Trip ke Bandung, Ini yang Didapat Mahasiswa Manajemen Universitas Nusa Putra

Sedangkan landasan teoritisnya didasarkan atas prinsip-prinsip relevansi, kontinuitas, fleksibilitas, efektivitas, serta pragmatis. Karena pada dasarnya, menurut Yusuf, penyusunan kurikulum termasuk kurikulum pendidikan tinggi tidak lepas dari rujukan berbagai kebijakan maupun standar nasional.

"Disesuaikan juga dengan karakteristik pendidikan tinggi yang wajib menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," terangnya.

Selain itu, sambung Yusuf, prodi manajemen NPU Sukabumi memiliki visi menyelenggarakan pendidikan profesional, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang manajemen yang unggul dan terpercaya, karena kualitasnya dan terdepan dalam inovasinya. Dengan visi tersebut, akan dihasilkan lulusan yang memiliki kemampuan kepemimpinan dan semangat kewirausahaan yang kompeten dan responsive.

"Para lulusan juga disiapkan untuk mampu mengantisipasi perkembangan dan dinamika perubahan di tingkat lokal, nasional, regional dan global," ujar Magister Manajemen jebolan Institute Pertanian Bogor (IPB) ini.

BACA JUGA: Tasya, Mahasiswi Universitas Nusa Putra Sukabumi Peserta Internship di KBRI Singapura

Namun dengan visi tersebut, kata Yusuf tetap mengutamakan nilai-nilai integritas dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal itu, untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten pengetahuan dan keterampilannya, tetapi sekaligus bermoral, beretika dan berwawasan lingkungan.

Selama menempuh kuliah manajemen di NPU Sukabumi, menurut Yusuf setiap mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang spesifik mengenai ilmu manajemen dan bisnis yang terintegrasi dengan teknologi infomasi.

Mahasiswa juga disiapkan menjadi seorang pengusaha yang mampu memanfaatkan pengetahuan dan keterampilannya. "Terutama keterampilan dalam pemasaran dan bisnis internasional," ujar Yusuf.

Selanjutnya, masih kata Yusuf, mahasiswa juga akan melakukan riset-riset terkait dengan bisnis, manajemen, pemasaran, keuangan dan organisasi bisnis. Kemudian melakukan pengabdian masyarakat dalam bidang bisnis dan manajemen, menghasilkan publikasi nasional, internasional dan berperan serta dalam forum ilmiah, baik di tingkat nasional dan internasional.

"Di tingkat internasional rutin kami adakan, atau sekedar menjadi peserta undangan untuk memaparkan hasil-hasil penelitian setiap tahunnya," terang Yusuf.

BACA JUGA: Ratusan Calon Mahasiswa Baru UNsP Sukabumi Diuji Bahasa Asing

Forum nasional dan internasional yang diadakan atau diikuti NPU Sukabumi memiliki tujuan untuk meningkatkan jaringan kerjasama di tingkat nasional dan internasional, terutama dalam rangka membangun inovasi pendidikan, penelitian ataupun pengabdian pada masyarakat.

"Kami juga ingin mahasiswa manajemen selalu berperan serta secara aktif dalam membangun budaya dan karakter anak Bangsa Indonesia, yang kuat melalui penciptaan sikap, integritas, profesional, serta menjungjung tinggi nilai dan etika sosial," paparnya.

Dengan visi yang sudah ditetapkan NPU Sukanbumi, tambah Yusuf, setiap lulusan manajemen diharapkan memiliki lima kompetensi utama, yaitu memiliki integritas sebagai ilmuwan yang berkualitas dan profesional, bertakwa, berkepribadian dan berkarakter kuat, berjiwa entrepreneur, demokratis, kritis, dan inovatif.

Lalu, menguasai substansi ilmu dan kajian manajemen secara mendalam dan mampu mengkomunikasikannya sesuai dengan kaidah yang berlaku. Kemudian, memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu dan teknologi dibidang manajemen untuk memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu dan penerapan manajemen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keempat, memiliki kemampuan sebagai tenaga ahli manajemen yang memberikan kemanfaatan di dunia kerja Dan kelima, memiliki kemampuan menganalisis secara kritis berbagai persoalan manajemen dan terampil mengkomunikasikan atau mempublikasikannya secara ilmiah.

"Kesemua kompetensi itu harus dicapai dengan kerja keras dan kesungguhan dalam belajarnya," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay