Lebih Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Nusa Putra Sukabumi

Selasa 24 September 2019, 09:24 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV), memang belum sepopuler Prodi Ilmu Komputer atau Prodi Teknik Informatika. Padahal, prospek kerja mahasiswa lulusan Prodi DKV ini sangat kompetitif di dunia kerja, dua diantaranya sebagai web desainer dan art director. Jadi, jika anda suka design dan multimedia, Prodi DKV pilihan utamanya.

BACA JUGA: Wow! Baru Semester 4, Mahasiswa Universitas Nusa Putra Mampu Desain Visual Kampus 

Di Sukabumi, Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi merupakan Perguruan Tinggi (PT) pertama yang membuka prodi DKV, pertama dibuka pada tahun 2014. Dan sampai saat ini, masih jadi satu-satunya baik di wilayah Kota maupun Kabupaten Sukabumi.

Dosen Prodi DKV Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, Salsa Solli Nafsika, mengatakan, dosen-dosen Prodi DKV NPU Sukabumi saat ini diisi oleh profesional desainer, illustrator, animator, budayawan dan seniman yang aktif dalam dunia pendidikan.

Gedung Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi di Jl. Raya Cibolang No. 21 Sukabumi, Jawa Barat.

"Mereka para dosen yang tergabung dalam Asosiasi Professional Desain Komunikasi Visual Indonesia Desainer Pembelajar," kata pria yang akrab di panggil Esa tersebut kepada Sukabumiupdate.com, Selasa (24/9/2019). 

Esa mengatakan, Prodi DKV NPU Sukabumi terus melakukan peningkatan pembelajaran mahasiswa melalui program Praktik Belajar Berbasis Kebutuhan Industri (PBBKI). "Program PBBKI ini sudah berjalan dan diimplementasikan di NPU Sukabumi dalam mata kuliah DKV empat dan lima," kata Esa.

BACA JUGA: Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Nusa Putra Sukabumi Merambah ke Rutilahu 

Menurutnya, untuk merealisasikan program PBBKI, NPU Sukabumi telah menjalin kerjasama dengan beberapa institusi dan lembaga, diantaranya dengan Sukabumi Kreatif Hub Kota Sukabumi, Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (PESDM) Kabupaten Sukabumi, CMYK Desain dan SUBI TV.

Lebih lanjut dijelaskan olehnya, kompetensi utama yang ingin dicapai dari kerjasama tersebut meliputi tiga kompetisi. Yang pertama, mahasiswa DKV NPU Sukabumi mampu memecahkan masalah desain komunikasi visual melalui pendekatan kreatif yang out of the box, baik bersifat gagasan, rancangan visual maupun aplikasi media dalam menyampaikan pesan di dalam maupun di luar kebutuhan industri. 

Selanjutnya, mahasiswa mampu mengoperasikan teknologi berupa perangkat digital serta tanggap terhadap perkembangannya guna mendukung dalam menciptakan produk desain. Kemudian, yang ketiga, mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan dalam mengembangkan gagasan melalui pola pikir kreatif, terstuktur untuk memecahkan permasalahan desain, melalui metodologi desain. "Tiga Kompetensi ini sangat penting mengingat kondisi kebutuhan masyarakat yang masih minim akan praktisi dibidang DKV," terangnya.

BACA JUGA: Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Nusa Putra Sukabumi Terpilih Sebagai Ketua KMM Jabar  

Di NPU Sukabumi, Prodi DKV, kata Esa dipelajari melalui pola pendekatan pembelajaran yang bersifat praktikum, metodenya terjun langsung ke dunia industri untuk meningkatkan keterampilan lunak (soft skill) dan pengalaman mahasiswa. Tujuannya, menurut dia agar mahasiswa DKV memiliki pengetahuan dasar bidang fotografi, cinematografi dan penguasaan media baru dalam proses pembelajaran. 

"Dengan meningkatkan soft skill dan pengalamannya, mereka akan mampu mengoperasikan teknologi berupa perangkat digital serta tanggap terhadap perkembangannya guna mendukung dalam menciptakan produk desain," ujarnya. 

"Dan mereka juga akan memiliki keterampilan dalam mengembangkan gagasan melalui pola fikir kreatif, terstruktur untuk memecahkan permasalahan desain, melalui metodologi desain," imbuhnya.

Meskipun baru, namun menurut Esa, Prodi DKV NPU Sukabumi sudah meraih beberapa prestasi, seperti Juara satu dan dua Lomba Logo Pariwisata dan Juara Lomba Film Pendek Kota Sukabumi. Tak ha¬nya itu, di tingkat nasional pun prestasi mahasiswa DKV NPU Sukabumi sangat diperhitungkan.

Bahkan pada 2017 sukses me¬nyabet Juara satu kaligrafi tingkat Provinsi Jawa Barat, dan mengulang prestasi yang sama pada awal 2018 lalu. Dan prestasi yang terbaru, finalis Pekan Seni Mahasiswa Nasional tahun 2018 (Peksiminas XIV) Mewakili Jawa Barat di Jogjakarta Cabang Seni Lukis.

“Selain raihan prestasi, pada beberapa event yang digelar di Ban¬dung dan Jakarta, mahasiswa DKV NPU Sukabumi juga diundang untuk menjadi narasumber,” ujarnya.

“Prodi DKV NPU Sukabumi sejak berdiri sejak lima tahun lalu, sudah menghasilkan 100 persen lulusan yang terjun di dunia kerja,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat28 Maret 2024, 18:42 WIB

6 Penyebab Berat Badan Naik Meski Sedang Berpuasa, Ini Pemicunya

Terdapat beberapa sebab yang memicu berat badan jadi naik meski sedang mnejalani puasa Ramadhan. Penting diantisipasi agar tidak makin buncit
Penyebab berat badan naik saat puasa | Foto : Pexels/ SHVETS production
Sehat28 Maret 2024, 18:30 WIB

Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Refluks asam lambung sesekali sering terjadi, namun jika Anda sering mengalaminya, Anda mungkin menderita kondisi yang lebih serius yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD).
Ilustrasi - Refluks asam umumnya terasa seperti sensasi terbakar di bagian tengah dada.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)