Menu

24 Sep 2019, 16:24 WIB

Lebih Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Nusa Putra Sukabumi

Suasana perkuliahan di kelas Prodi Desain Komunikasi Visual, NPU Sukabumi | Sumber Foto:Koko Muhamad

SUKABUMIUPDATE.com - Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV), memang belum sepopuler Prodi Ilmu Komputer atau Prodi Teknik Informatika. Padahal, prospek kerja mahasiswa lulusan Prodi DKV ini sangat kompetitif di dunia kerja, dua diantaranya sebagai web desainer dan art director. Jadi, jika anda suka design dan multimedia, Prodi DKV pilihan utamanya.

BACA JUGA: Wow! Baru Semester 4, Mahasiswa Universitas Nusa Putra Mampu Desain Visual Kampus 

Di Sukabumi, Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi merupakan Perguruan Tinggi (PT) pertama yang membuka prodi DKV, pertama dibuka pada tahun 2014. Dan sampai saat ini, masih jadi satu-satunya baik di wilayah Kota maupun Kabupaten Sukabumi.

Dosen Prodi DKV Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, Salsa Solli Nafsika, mengatakan, dosen-dosen Prodi DKV NPU Sukabumi saat ini diisi oleh profesional desainer, illustrator, animator, budayawan dan seniman yang aktif dalam dunia pendidikan.

Gedung Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi di Jl. Raya Cibolang No. 21 Sukabumi, Jawa Barat.

"Mereka para dosen yang tergabung dalam Asosiasi Professional Desain Komunikasi Visual Indonesia Desainer Pembelajar," kata pria yang akrab di panggil Esa tersebut kepada Sukabumiupdate.com, Selasa (24/9/2019). 

Esa mengatakan, Prodi DKV NPU Sukabumi terus melakukan peningkatan pembelajaran mahasiswa melalui program Praktik Belajar Berbasis Kebutuhan Industri (PBBKI). "Program PBBKI ini sudah berjalan dan diimplementasikan di NPU Sukabumi dalam mata kuliah DKV empat dan lima," kata Esa.

BACA JUGA: Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Nusa Putra Sukabumi Merambah ke Rutilahu 

Menurutnya, untuk merealisasikan program PBBKI, NPU Sukabumi telah menjalin kerjasama dengan beberapa institusi dan lembaga, diantaranya dengan Sukabumi Kreatif Hub Kota Sukabumi, Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (PESDM) Kabupaten Sukabumi, CMYK Desain dan SUBI TV.

Lebih lanjut dijelaskan olehnya, kompetensi utama yang ingin dicapai dari kerjasama tersebut meliputi tiga kompetisi. Yang pertama, mahasiswa DKV NPU Sukabumi mampu memecahkan masalah desain komunikasi visual melalui pendekatan kreatif yang out of the box, baik bersifat gagasan, rancangan visual maupun aplikasi media dalam menyampaikan pesan di dalam maupun di luar kebutuhan industri. 

Selanjutnya, mahasiswa mampu mengoperasikan teknologi berupa perangkat digital serta tanggap terhadap perkembangannya guna mendukung dalam menciptakan produk desain. Kemudian, yang ketiga, mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan dalam mengembangkan gagasan melalui pola pikir kreatif, terstuktur untuk memecahkan permasalahan desain, melalui metodologi desain. "Tiga Kompetensi ini sangat penting mengingat kondisi kebutuhan masyarakat yang masih minim akan praktisi dibidang DKV," terangnya.

BACA JUGA: Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Nusa Putra Sukabumi Terpilih Sebagai Ketua KMM Jabar  

Di NPU Sukabumi, Prodi DKV, kata Esa dipelajari melalui pola pendekatan pembelajaran yang bersifat praktikum, metodenya terjun langsung ke dunia industri untuk meningkatkan keterampilan lunak (soft skill) dan pengalaman mahasiswa. Tujuannya, menurut dia agar mahasiswa DKV memiliki pengetahuan dasar bidang fotografi, cinematografi dan penguasaan media baru dalam proses pembelajaran. 

"Dengan meningkatkan soft skill dan pengalamannya, mereka akan mampu mengoperasikan teknologi berupa perangkat digital serta tanggap terhadap perkembangannya guna mendukung dalam menciptakan produk desain," ujarnya. 

"Dan mereka juga akan memiliki keterampilan dalam mengembangkan gagasan melalui pola fikir kreatif, terstruktur untuk memecahkan permasalahan desain, melalui metodologi desain," imbuhnya.

Meskipun baru, namun menurut Esa, Prodi DKV NPU Sukabumi sudah meraih beberapa prestasi, seperti Juara satu dan dua Lomba Logo Pariwisata dan Juara Lomba Film Pendek Kota Sukabumi. Tak ha¬nya itu, di tingkat nasional pun prestasi mahasiswa DKV NPU Sukabumi sangat diperhitungkan.

Bahkan pada 2017 sukses me¬nyabet Juara satu kaligrafi tingkat Provinsi Jawa Barat, dan mengulang prestasi yang sama pada awal 2018 lalu. Dan prestasi yang terbaru, finalis Pekan Seni Mahasiswa Nasional tahun 2018 (Peksiminas XIV) Mewakili Jawa Barat di Jogjakarta Cabang Seni Lukis.

“Selain raihan prestasi, pada beberapa event yang digelar di Ban¬dung dan Jakarta, mahasiswa DKV NPU Sukabumi juga diundang untuk menjadi narasumber,” ujarnya.

“Prodi DKV NPU Sukabumi sejak berdiri sejak lima tahun lalu, sudah menghasilkan 100 persen lulusan yang terjun di dunia kerja,” pungkasnya.

Reporter : KOKO MUHAMAD/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi mengeluhkan listrik yang sering kali padam. Dalam sehari, bisa terjadi tiga kali padam. Sekali padam bisa sampai satu jam.  Menurut warga Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com -  Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan satu orang Pembina Pramuka sekaligus guru di SMPN 1 Turi Sleman dengan inisial IYA sebagai tersangka kasus susur sungai. Status tersangka itu ditetapkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Tak sedikit travelers yang merasa khawatir dengan kesehatan mereka saat traveling karena ancaman virus corona baru atau Covid-19. Belum lama ini, sepasang penumpang pesawat di Australia diketahui rela...

SUKABUMIUPDATE.com – Kasus tewasnya Raisad Laksana P, siswa MAN 1 Cibadak yang dibacok oleh pelajar sekolah lainnya mengejutkan publik Sukabumi. Korban diserang dan dibacok pelajar lainnya usai menonton pertandingan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya