Kendala Listrik dan Jaringan Internet Masih jadi Tantangan UNBK Kabupaten Sukabumi

Selasa 02 April 2019, 13:29 WIB

 SUKABUMIUPDATE.com - Operator UN SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eris Imanudin mengaku cukup terkendala terkait pelaksanaan Ujian Nasonal Berbasis Komputer atau UNBK di wilayah Sukabumi Selatan. Pasalnya, ketika lewat pukul 12.00 WIB di beberapa kecamatan seringkali diguyur hujan deras disusul listrik padam, dan otomatis jaringan internet mati.

BACA JUGA: Sebanyak 7 Ribu Lebih Siswa SMP di Kabupaten Sukabumi Ikuti UNBK

"Dari letak geografis, wilayah Sukabumi bagian selatan seperti Jampang Kulon, Surade, Ciemas dan Cibitung. Sebagai antisipasi, pihak sekolah diimbau menyediakan genset," papar Eris kepada sukabumiupdate.com, Selasa (2/4/2019).

Eris menambahkan, UNBK tahun ini berlaku sistem semi online, dimana siswa dapat menggunakan jaringan internet pada saat siswa tersebut login ke server. Jika terjadi kendala listrik padam atau gangguan jaringan internet, siswa akan mengikuti ujian susulan atau penambahan waktu.

"Ya, kalau semisal gangguan di jaringan internet dan tidak bisa ditanggulangi, maka akan ada ujian susulan tetapi tidak loncat hari atau tambahan waktu ujiannya," bebernya.

BACA JUGA: UNBK Hari Pertama di Kabupaten Sukabumi Lancar, Sekolah Cemaskan Mati Listrik

Sementara, lanjut Eris, untuk sekolah yang kekurangan jumlah PC atau laptop, solusinya bisa meminjam dari guru, atau meminjam dari sekolah yang tidak mengikuti UNBK. Eris mengaku masih melakukan pendataan beberapa sekolah yang saat ini kekurangan PC dan laptop untuk UNBK.

"Kalau untuk data sekolah yang kekurangan alat, saya kurang tahu datanya. Kemungkinan harus ditanya ke pihak sekolah terlebih dahulu. Tetapi untuk solusinya, bisa pinjam laptop atau PC milik guru. Sebagian pinjam ke sekolah lain. Misalnya, ada salah satu sekolah tidak mengikuti UNBK lantaran kekurangan jumlah PC yang cukup banyak. Nah, PC yang ada dipinjam dulu," imbuhnya.

BACA JUGA: UNBK Jadi Sebab Siswa SMK Berusia 22 Tahun di Ciracap Sukabumi Tak Bisa Ikut UN

Disisi lain, Eris menyebut, kelebihan UNBK salah satunya praktis. Pihak sekolah tidak usah memilah lembar jawaban dan siswa tidak perlu menunggu lembaran soal. Pihak sekolah dan siswa tinggal duduk di sekolah selesaikan sinkronisasi dan login, setetelah itu dengan otomatis akan tertera di sistem, dari mulai soal ujian, nomor peserta ujian, berita acara, hingga daftar hadir.

"Kalau untuk kendalanya, ya itu tadi, gagal login. Kategorinya itu servernya jebol karena kemungkinan tidak kuat menampung. Untuk upayanya paling kami naikan server cadangan dengan kembali didaftarkan ke provinsi," sambung Eris.

BACA JUGA: UNBK SMK Bina Bangsa Surade Sukabumi, Kepsek Khawatir Pemadaman Listrik

Ia memaparkan, di Kabupaten Sukabumi ada 215 SMP negeri dan swasta dengan jumlah 20.217 siswa yang tidak mengikuti UNBK. 215 SMP tersebut melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil atau UNKP, dengan soal ujian yang diacak. Sementara sebanyak 26 SMP negeri dengan jumlah 4.076 siswa dan 67 SMP swasta dengan jumlah 3.909 siswa di Kabupaten Sukabumi akan mengikuti UNBK.

"UNBK dan UNKP akan dimulai tanggal 22-25 April 2019, dan ada tahapan yang harus dilakukan oleh pihak sekolah sebelum UNBK dilaksanakan," tandas Eris.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)