Menu

Minggu, 17 Pebruari 2019, 16:40 WIB

54 Mahasiswa jadi Anggota Baru UKM Universitas Nusa Putra Sukabumi

Suasana usai penyematan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) diikuti oleh 54 peserta yang merupakan anggota baru. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Penyematan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) diikuti oleh 54 peserta yang merupakan anggota baru dari tiga UKM yang ada di Universitas Nusa Putra Cibolang Kaler, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu, (16/2/2019). 3 UKM tersebut yaitu Resimen Mahasiswa (Menwa) Satuan Universitas Nusa Putra, Gerakan Anti Narkoba dan HIV/AIDS (GANAS) dan Volunteer Tanggap Bencana (VTB).

BACA JUGA: UNsP-Go, Mengenal Lima Program Internasional Universitas Nusa Putra Sukabumi

Ketiga UKM ini bertujuan untuk mengembangkan softskill, khususnya bidang pengembangan jiwa sosial dan patriotisme. Kegiatan mereka bergerak dalam bidang sosial seperti penanggulangan bahaya narkoba dan HIV/AIDS, serta ikut serta menjadi relawan peduli korban bencana.

"Resimen selalu mengikuti kegiatan pendidikan maupun pelatihan Menwa, seperti Pendidikan Dasar Militer yang dilaksanakan selama dua pekan di Sekolah Calon Tamtama (Secata) Pangalengan, Kabupaten Bandung. Pendidikan ini salah satu syarat wajib menjadi anggota Resimen Mahasiswa Satuan Universitas Nusa Putra," ujar Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Muhamad Muslih kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: IP dan AIP, Mengenal Lima Program Internasional Universitas Nusa Putra Sukabumi (2)

UKM selanjutnya adalah GANAS, dibentuk sebagai respon Universitas Nusa Putra terhadap darurat narkoba di Indonesia. Dengan dibentuknya GANAS ini, diharapkan dapat memerangi narkoba di Indonesia. Salah satunya dengan memberikan edukasi dan terhadap bahaya narkoba, minimalnya di lingkungan kampus. 

"GANAS sudah bekerja sama dengan BNNK Sukabumi serta Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukabumi," lanjut Muslih.

BACA JUGA: 241 Mahasiswa Universitas Nusa Putra Sukabumi Jalani KKN di Jampang Tengah

UKM yang terakhir adalah VTB, dibentuk sebagai salah satu kepedulian Universitas Nusa Putra terhadap  bencana yang sering terjadi di Indonesia. VTB bergerak dalam kegiatan penanggulangan korban bencana alam maupun mitigasi bencana khususnya di Sukabumi. VTB hingga saat ini telah bekerja sama dengan BPBD Kabupaten dan Kota Sukabumi serta PMI Kabupaten dan Kota Sukabumi.

Harapannya VTB mampu mengedukasi dan bekerja sama dengan pihak terkait yang ada di Sukabumi, Jawa Barat maupun Nasional dalam upaya penggulangan bencana.

BACA JUGA: Ratusan Mahasiswa KKN NPU Sukabumi Bawa Berbagai Program ke Desa

"Harapan besar untuk para anggota UKM tersebut dapat menumbuh kembangkan sikap kepedulian sosial dan sikap patriotisme yang tinggi dengan diimbangi kemampuan akademik yang baik. Sehingga tercipta generasi bangsa yang memiliki kualitas yang baik untuk mengisi dan membawa masa depan Indonesia menjadi lebih baik," tandas Muslih.

Reporter : FADILLAH/ADV
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Program Sabang Merauke (Seribu Anak Bangsa Merantau untuk Kembali) mencoba untuk menanamkan nilai tambah, pendidikan, dan kenegaraan. Program yang digagas oleh Ayu Kartika Dewi, Aichiro Suryo, dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi menggelar workshop konseling KB pasca persalinan kepada puluhan tenaga kesehatan tingkat puskesmas se Kabupaten Sukabumi, di Hotel Selabintana. Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari,...

SUKABUMIUPDATE.com  - Anggota MPR dari Fraksi Partai Gerindra, Kamrussamad, mengakui selama dua minggu ini wacana dan pemikiran mengenai pilkada dikembalikan ke DPRD kembali menyeruak. “Apalagi terkait Pilkada Serentak tak...

SUKABUMIUPDATE.com  - Bagi beberapa perempuan, masa hamil dapat membuat wajah berjerawat. Bahkan pada masa tertentu jerawat tersebut terlihat sangat parah. Kondisi ini tentu saja berkaitan dengan hormon yang membuat wajah...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya