Mengenal Konsep Tiga Jalur Kelulusan dan Pendampingan Karir Prodi Ilmu Hukum NPU

Rabu 07 November 2018, 05:33 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Universitas Nusa Putra (NPU) mulai tahun akademik 2018-2019, membuka Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum. Ragam keunggulan ditawarkan prodi yang telah mendapat izin operasional sejak 8 Februari 2018, dan terakreditasi BAN-PT pada 10 Janu­ari 2018 itu. 

Di antara keunggulan yang ditawarkan, kuliah dua tahun di dalam dan dua tahun di luar kampus. Selain itu, keseimbangan antara education dan experien­ce and ac­tually, di mana mahasiswa pada semester empat sudah membiasakan kuliah di luar kampus dengan pola magang, riset, dan student exchange. 

Berikut wawancara lengkap dengan advokat senior sekaligus Dosen Prodi Ilmu Hukum Junaidi Tarigan, SH, MM. 

Sebagai prodi baru, dimana pembeda Prodi Ilmu Hukum Universitas Nusa Putra dengan perguruan tinggi lain?

Berbicara kelebihan Prodi Ilmu Hukum di Universitas Nusa Putra, dimulai dari kurikulum yang kami tawarkan. Kami di sini menerapkan konsep yang terintegrasi dengan kebutuhan masyarakat, instansi swasta, lembaga pemerintahan, perusahaan dalam dan luar negeri, agar menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional.

BACA JUGA: Universitas Nusa Putra Sukabumi Persembahkan 1000 Beasiswa Anak Negeri

Kurikulum didasari Trilogi Nusa Putra yakni, Cinta Kasih Ilahi, Orang Tua, dan Sesama Manusia, agar tertanam pribadi mahasiswa dan lulusan yang dapat menerapkan nilai-nilai tersebut, baik di masyarakat maupun dunia kerja. Kurikulum juga menekankan pada penyelenggaraan pendidikan yang fleksibel dan intensif, sehingga mampu mengakomodir kedalaman dan keluasan kajian ilmu hukum baik nasional maupun internasional.

Selain itu, juga menekankan pada hasil riset-riset berkualitas yang dapat mengatasi permasalahan-permasalahan hukum pada era digital, melalui solusi-solusi tepat untuk bangsa dan negara. Jadi, kurikulum dirancang untuk menghasilkan keluaran yang dapat bersaing global, ditunjang kemampuan bahasa Inggris memadai, serta disesuaikan dengan target pencapaian akreditasi, baik BAN-PT maupun tingkat internasional.

Lalu, bagaimana dengan kualitas dosen?

Itu dia, keunggulan lain di sini adalah dosen dan praktisi andal dalam bidang hukum lulusan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan dunia. Selain itu, dosen-dosennya juga memiliki pengalaman akademis dan praktis, memiliki jaringan luas di kalangan swasta, pemerintahan, legislatif, yudikatif, sampai universitas luar negeri.

Menurut Anda, apakah itu cukup alasan mengapa harus kuliah ilmu hukum di Universitas Nusa Putra?

Nah, nanti dulu, tidak hanya itu, Universitas Nusa Putra juga melengkapinya dengan laboratorium dan penelitian. Prodi Ilmu Hukum di sini memiliki laboratorium lengkap dengan simulasi sidang, laboratorium komputer, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, juga tersedia fasilitas penelitian dengan dukungan buku-buku bacaan berkualitas internasional, antara lain, dari Harvard University, Oxford University Press, Cambridge University Press dan e-Book yang dapat diakses oleh mahasiswa. 

Di banyak perguruan tinggi banyak mahasiswa mengalami kejenuhan dalam kuliah. Bagaimana menurut Anda?

Universitas Nusa Putra salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menerapkan model perkuliahan bleanded learning system dan tiga jalur sistem kelulusan, yakni magang, riset, dan student exchange. Kami juga menerapkan konsep kuliah dua tahun di dalam dan dua tahun di luar kampus, serta keseimbangan antara education dan experien­ce and ac­tually, di mana mahasiswa pada semester empat sudah membiasakan kuliah di luar kampus dengan pola magang, riset, dan student exchange.

Kami juga memadukan keilmuan modern yang berkembang, dengan tetap memegang teguh karakter ilmu hukum normatif, terapan, dan preskriptif. Sehingga ilmu hukum bersifat sui generis dapat terwujud melalui kajian dan penelitian dalam cakupan luas, beranjak dari hakikat keilmuan yang meliputi dua pendekatan yakni, falsafah ilmu dan teori hukum.

BACA JUGA: DKV Universitas Nusa Putra Sukabumi Satu dari 5 kampus se-Indonesia diundang Ideafest

Untuk menghasilkan penelitian bidang ilmu hukum yang diakui secara internasional, melalui publikasi jurnal-jurnal ilmiah berkualitas, serta melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam mengatasi permasalahan hukum sebagai implementasinya. Kualitas pembelajaran juga akan terus ditingkatkan, agar menghasilkan lulusan cerdas spiritual, emosional, intelektual, dan profesional.

Sistem organisasi tata kelola program studi kredibel, transparan, akuntabel, serta berkesinambungan. Hal ini, agar menghasilkan tenaga profesional bidang hukum yang memiliki kompetensi, pengetahuan, keahlian, dan sikap unggul, agar mampu bersaing global. Kami juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik lokal, nasional, dan internasional. Hal ini agar tercipta pembelajaran berkualitas, suasana belajar pun membuat interaksi baik antara dosen dan mahasiswa. Hal tersebut agar terwujud suasana akademik yang kondusif, nyaman, dan mendukung suasana ilmiah dan kehidupan akademik yang sehat. Sehingga akan lahir lulusan yang mandiri dan profesional di bidangnya.

Terakhir, apa yang membuat Prodi Ilmu Hukum ini menjadi khas dibandingkan perguruan tinggi lain, sehingga harus memilih kuliah Ilmu Hukum Universitas Nusa Putra?

Nah ini, kami di sini memberikan bimbingan melalui pendampingan karier yang disesuaikan dengan keinginan dan bakat mahasiswa. Program ini akan diberikan pada akhir semester lima. Dengan begitu, mahasiswa kelak akan memiliki curiculum vitae sendiri dan sudah dapat membuat application letter sesuai minat dan bakat, seperti di law firm, perusahaan swasta, lembaga negara, atau organisasi nirlaba sebagai staf hukum.

Dengan segala kelebihan dan kekhasan yang ada, kami yakin kelak mahasiswa memiliki spesialisasi hukum pada akhir semester, seperti sebagai advokat, spesialis perburuhan, bidang hukum pidana atau perdata, dan lain-lain. Spesialisasi ini dapat berubah sesuai keinginan mahasiswa dan masukan dari mentor karier mereka.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)