Menu

Jumat, 03 Mei 2019, 13:27 WIB

Robot Kardus Karya Anak SDN 1 Purabaya Sukabumi, Curi Perhatian Marwan Hamami

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami melihat karya siswa kelas 5 SD Negeri 1 Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Rangga Paris Fauzan, yang berhasil menciptakan miniatur teknologi hidrolik berupa robot dari kardus. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Siswa kelas 5 SD Negeri 1 Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Rangga Paris Fauzan, berhasil menciptakan miniatur teknologi hidrolik. Karyanya yang dipajang di pameran kreasi seni dan inovasi pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (3/5/2019) itu menarik perhatian Bupati Sukabumi, Marwan Hamami.

BACA JUGA: Hardiknas 2019, Bupati Sukabumi Bagi-bagi Doorprize

Miniatur teknologi hidrolik karya Rangga berupa robor kardus ini, bersaing dengan puluhan stand kreasi seni dan inovasi yang ditampilkan dari berbagai sekolah se Kabupaten Sukabumi, dari mulai daur ulang sampah, hidroponik, makanan sehat hingga inovasi teknologi.

Rangga membuat robot dari kardus dipadu dengan modifikasi selang dan suntikan yang menghasilkan gerak maju, mundur ke kiri dan ke kanan. Bahkan saat didemokan, hasil ciptaannya mampu mengangkat botol bekas air mineral.

Ilmu pembuatan robot dari kardus ini, kata Rangga awalnya belajar dari media sosial youtube. Kemudian mendapat bimbingan dari guru, sehingga bisa menciptakan robot itu.

"Liat awalnya di youtube, di bimbing oleh para guru dan bisa membuat seperti ini," ucap Rangga.

BACA JUGA: Semangat Anak Korban Bencana Pergerakan Tanah di Kertaangsana Tetap Pergi Sekolah

Marwan yang saat itu meninjau pameran pun tertarik untuk mencobanya. Satu persatu Rangga menunjukan sistem kerja robot kardus tersebut kepada orang nomor satu di Sukabumi itu, hingga berhasil melakukan hal yang sama dengan Rangga (mengangkat botol bekas air mineral mengunakan robot kardus, red).

"Cara kerjanya sederhana, ini bisa di modifikasi lebih jauh lagi mengunakan kompresor," ungkapnya.

Marwan mengapresiasi hasil karya Rangga tersebut, bahkan meminta Rangga untuk terus mengembangkan dan melakukan inovasi lain sehingga dapat menghasilkan karya nyata yang luar biasa.

"Ketika anak-anak sudah punya kreasi dan ingin mewujudkan mimpinya ini yang perlu kita dorong, sehingga hasil karya yang di buatnya kedepan menjadi bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya," pungkasnya.

BACA JUGA: Harapan Guru Honorer Kabupaten Sukabumi di Hardiknas 2019

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Herdy Somantri yang mendampingi Bupati Sukabumi saat peninjauan lokasi stand pameran mengaku, bahwa karya para siswa sekolah dasar yang di tampilkan sangat luar biasa.

"Tentu karya intelektual mereka patut kita banggakan, dengan informasi teknologi yang mereka kenal mampu membuat sebuah ide dan gagasan untuk membuat sebuah inovasi. Nah mereka pun yang sudah membuat inovasi menguploaad hasil karya mereka sehinga semakin banyak orang terinspirasi untuk melakukan hal yang sama," ungkapnya.

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
Sumber : KOMINFOSAN KABUPATEN SUKABUMI/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyampaikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi-fraksi mengenai rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman serta Raperda Pengelolaan Pasar Rakyat di ruang...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya