Kerjasama Dengan ICD Centre, Pemdes Hegarmulya Sukabumi Gelar Bimtek IDM

Jumat 28 September 2018, 02:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa Hegarmulya Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat bekerjasama dengan Indonesia Cerdas Desa (ICD Centre) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi dan pengembangan Indeks Desa Membangun (IDM) di Aula Kantor Desa Hegarmulya, Kamis (27/9/2018).

Kegiatan Bimtek IDM diikuti peserta dari perangkat desa, wakil Badan Permusyawaratan Desa (BPD), unsur tokoh masyarakat, pendamping desa (PD) dan pendamping lokal desa (PLD).

IDM merupakan indeks gabungan yang disusun berdasarkan indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan ekologi. IDM digunakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk mengukur status kemajuan dan kemandirian desa di seluruh Indonesia. Dengan metode perhitungan IDM, status desa dikategorikan menjadi lima kategori yaitu desa mandiri, desa maju, desa berkembang, desa tertinggal dan desa sangat tertinggal.

Peserta Bimtek IDM sedang menyimak pemaparan nara sumber. |Sumber Foto: Koko Muhamad

Kepala Desa Hegarmulya, Rosidin dalam sambutannya mengatakan Bimtek IDM sangat dibutuhkan desanya, karena status dan kemajuan dan kemandirian desanya sampai tahun 2017 masuk kategori desa sangat tertinggal.

“Desa Hegarmulya adalah satu dari sembilan desa sangat tertinggal di Kabupaten Sukabumi sampai tahun 2017, tahun ini naik satu level menjadi desa tertinggal,” ujar Rosidin.

“Saya ucapkan terima kasih kepada ICD Centre atas dukungannya, semoga desa kami kedepan menjadi desa maju dan bisa bersaing dengan desa lainya,” imbuhnya.

BACA JUGA: ICD Centre Fasilitasi Pemerintah Desa Cicukang Kabupaten Sukabumi Pelatihan IDM Berbasis Aplikasi

Sementara, menurut Ketua ICD Centre, M. Taufik yang hadir langsung memimpin tim pelatih, selama ini perhitungan IDM terkendala oleh format perhitungan yang masih manual, karena itu, pihaknya, telah mengembangkan aplikasi perhitungan IDM yang bisa dioperasikan secara online dan ofline.

“Aplikasi perhitungan IDM sudah kami kembangkan, kuncinya sekarang, pemerintah desa harus memiliki data potensi desa yang diperbaharui setiap tahun,  kalau itu ada, maka akan diperoleh hasil perhitungan yang akurat,” terangnya.

Terkait kendala jaringan internet yang dikeluhkan Kepala Desa belum masuk wilayah Hegarmulya. ICD Centre, menurut M. Taufik, bersedia membantu memfasilitasi penyediaan tower Base Transceiver Station (BTS) mini dan jaringan internetnya. “Kita bantu cek dulu titik koordinatnya, kalau terjangkau dengan jaringan kami, silahkan disepakati kegiatannya di perencanaan desa,” tutur M.Taufik.

Selesai acara pembukaan, Bimtek dilanjutkan dengan pembahasan materi IDM dan praktek perhitungan yang difasilitasi Yudi Hermawan dan Embun Bunyamin dari tim pelatih ICD Centre.

BACA JUGA: ICD Centre Fasilitasi Penyusunan IDM Desa Cimerang Kabupaten Sukabumi

Setelah dilakukan praktek perhitungan dengan menggunakan aplikasi yang dipandu oleh Yudi Hermawan, diperoleh nilai IDM  Desa Hegarmulya sebesar 0,5815. “Nilainya masih menempatkan Desa Hegarmulya dalam kategori desa tertinggal,  beberapa digit lagi hampir masuk kategori desa berkembang,” jelas Yudi.

Hasil tersebut, menurut Yudi, harus segera di tindak lanjuti oleh Pemerintah Desa Hergamulya dengan menyusun Rencana Aksi Desa (RADes), tujuannya untuk menyusun kegiatan yang akan menjawab indikator yang lemah dari IDM.

“Di aplikasi perhitungan IDM telah tersedia fasilitas untuk menyusun RADes, segera susun, realisasikan tahun ini dan tahun depan. Insya Allah Desa Hegarmulya dapat segera naik level menjadi desa berkembang,” pungkas Yudi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life28 April 2024, 20:04 WIB

7 Rutinitas Sederhana yang Bisa Menenangkan Hati Serta Pikiran Lebih Rileks dan Damai

Beberapa rutinitas rupanya bisa digunakan sebagai media menenangkan hati dan pikiran dari potensi kegelisahan, stres dan lain sejenisnya.
Ilustrasi. Rutinitas yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Sound On
Life28 April 2024, 20:00 WIB

Jangan Diremehkan, Ini 6 Dampak Buruk Jika Sering Meneriaki Anak!

Berteriak memang sering terjadi, namun para ahli berbagi alasan mengapa hal tersebut tidak menghasilkan perilaku yang Anda inginkan dan bagaimana Anda dapat bereaksi.
Ilustrasi. Dampak buruk meneriaki anak. Sumber : Freepik/@8photo
Science28 April 2024, 19:56 WIB

Bukan Megathrust, Ini Fakta-fakta Gempa M6,2 di Laut Garut Menurut BMKG

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menghimpun sembilan fakta gempa yang berpusat di Samudra Hindia tersebut.
Episenter gempa kuat di laut Garut. (Sumber : BMKG)
Life28 April 2024, 19:30 WIB

10 Cara Mendisiplinkan Anak Balita, Salah Satunya Perkenalkan Konsekuensi

Kunci untuk menjadikan anak disiplin efektif adalah konsistensi dan tindak lanjut dengan konsekuensi yang sesuai dengan usia jika mereka melanggar aturan.
Ilustrasi. Bermain. Ketahui cara mendisiplinkan anak balita. Sumber : Freepik/@jcomp
Life28 April 2024, 19:19 WIB

6 Tabiat Orang Jahat yang Harus Diwaspadai agar Terhindar dari Kelicikannya

Orang jahat memiliki kebiasaan buruk yang dampaknya merugikan orang lain. Maka penting mengetahui tipe dari mereka seperti apa.
Ilustrasi. Berikut tabiat orang jahat. |Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 19:14 WIB

Tumpukan Sampah Kembali Hiasi Pantai Muara Citepus Sukabumi

Pantai Muara Citepus di Palabuhanratu Sukabumi kembali dipenuhi tumpukan sampah yang terbawa ombak.
Kondisi sepanjang Pantai Muara Citepus, Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi dipenuhi sampah, Minggu (28/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Bola28 April 2024, 19:05 WIB

Usai Tuai Protes, MNC Group Akhirnya Bolehkan Nobar Piala Asia U-23 Asal Non-Komersial

MNC Group selaku pemilik hak siar akhirnya memberikan kesempatan masyarakat untuk bisa gelar nobar Piala Asia U-23 dengan syarat.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_)
Life28 April 2024, 19:00 WIB

Temukan Akar Penyebabnya, 8 Cara Menangani Perilaku Tidak Sopan Pada Anak

Anak yang tidak sopan bisa berubah menjadi orang dewasa yang tidak sopan. Ikuti tips berikut ini untuk menanggapi fitnah, makian, pembangkangan, dan bentuk perilaku tidak pantas lainnya.
Ilustrasi. Perilaku tidak sopan pada anak. Sumber : Freepik/@freepik
Life28 April 2024, 18:30 WIB

Biarkan Anak Marah Bund! Ini 7 Cara Mengatasi Tantrum pada Balita

Amukan dapat membuat Anda mempertanyakan kemampuan Anda dalam mengasuh anak, namun sebenarnya hal tersebut adalah hal yang normal pada masa balita.
Ilustrasi. Anak menangis. Cara mengatasi tantrum pada balita. Sumber : Freepik/@user15285618
Life28 April 2024, 18:00 WIB

Kaya Jalur Langit, Amalkan Doa Mohon Dibukakan Pintu Rezeki dari Segala Penjuru

Berikut doa mohon dibukakan pintu rezeki dari segala penjuru sebagai salah satu upaya meraih kekayaan jalur langit.
Berdoa untuk memohon kekayaan jalur langit (Sumber : Freepik/)