5 Tanda Kamu Selama Ini Memendam Emosi

Minggu 13 Februari 2022, 10:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Emosi adalah ekspresi jiwa yang diekspresikan ke dalam berbagai macam bentuk.

Ada yang mampu mengekspresikan emosi dengan baik dan ada juga yang tidak baik, dengan cara memendamnya.

Apakah kamu salah satu orang yang sedang memendam emosi? Dengan tanda-tanda yang menunjukkan gejala bahwa kamu sedang memendam emosi.

Apa itu Emosi?

photo(Ilustrasi) Emosi - (freepik.com)<

Emosi adalah  sebuah luapan perasaan yang berkembang dan surut dalam waktu singkat. Emosi juga berarti keadaan dan reaksi psikologis dan fisiologis (seperti kegembiraan, kesedihan, keharuan, kecintaan); keberanian yang bersifat subjektif).

Dewasa ini, pengertian emosi memiliki banyak pengertian karena konsep emosi sendiri yang dinamis dan untuk pembahasannya juga membutuhkan waktu yang cukup banyak. Ada banyak teori yang membahas tentang pengertian emosi.

Dikutip dari @peresinalitydoc salah satunya pengertian emosi menurut Don Hockenbury dan Sandra E. Hockenbury dalam buku “Discovering Psychology” yang menjelaskan bahwa emosi adalah kondisi psikologi yang kompleks yang mencakup tiga komponen berbeda, yaitu pengalaman subjektif, respon fisiologis dan respon perilaku atau ekspresif.

Singkatnya, emosi adalah kumpulan perasaan terhadap sesuatu yang dipengaruhi subjektivitas dan respon tubuh kita, serta respon perilaku kita. Tiga hal inilah yang mempengaruhi emosi dengan berbagai ekspresi.

Pada tahun 1920 sebelum adanya Goleman, E.L. Thorndike, ia mengemukakan bahwa kemampuan seseorang dalam mengelola hubungan antar manusia baik laki-laki maupun perempuan, merupakan pengertian dari social intelligence

Ini merupakan Syarat penting bagi kesuksesan seseorang di berbagai aspek di kehidupan menurutnya adalah sebuah kecerdasan sosial. Kecerdasan Sosial sendiri dipengaruhi oleh penggunaan emosi.

Tidak sedikit yang memandang negatif terhadap emosi hingga ada diantaranya sama sekali tidak mengetahui emosi apa yang sedang mereka rasakan sebenarnya, penyebab hal tersebut adalah kurangnya pemahaman mereka mengenai aspek emosi.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan dan mengembangkan kematangan emosi diri adalah dengan adanya pengetahuan yang mendalam tentang emosi itu sendiri.

photoMenangis merupakan salah satu ekspresi dari Emosi - (Unsplash)

Dalam kasus, seorang anak akan dididik dan dibiasakan oleh orang tua atau lingkungannya untuk tidak boleh menangis tentang sesuatu yang menyakitkan, menangis adalah sifat cengeng. Atau anak dididik untuk tidak terlalu memakai perasaan, pada akhirnya seorang anak akan berpikir tentang memiliki perasaan, merupakan suatu yang negatif dan hal yang harus dihindari.

Dari kasus tersebut, seorang Anak akan tumbuh menjadi manusia yang rasional dan akan mengalami kesulitan untuk mengerti dan memahami perasaan yang dialami oleh orang lain, sampai bisa saja mereka menuntut agar orang lain bisa sepertinya, untuk tidak menggunakan emosi.

Pada hakikatnya emosi adalah gambaran dari berbagai perasaan yang manusia rasakan saat menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang berbeda-beda.

Mengekspresikan emosi adalah hal yang wajar, karena emosi merupakan reaksi alamiah yang diekspresikan manusia terhadap berbagai kondisi yang nyata, maka pada dasarnya tidak ada emosi yang baik maupun emosi yang buruk.

Namun, hal yang buruk jika kita malah memendam emosi yang sedang kita rasakan. Sebagian orang mengalami hal tersebut, jika kamu salah satunya, kenali tanda-tanda bahwa kamu sedang memendam sebuah emosi:

1. Mencoba untuk melarikan diri dari emosi yang kamu rasakan

Ketika ada hal yang kamu pikirkan atau kamu rasakan, kamu malah lari dari emosi itu sendiri dengan cara mengarahkan kepada hal lainnya.

Misal dengan tidur yang berlebihan berharap lupa akan emosi yang sedang kamu rasakan atau main game berlebihan, merokok, minum minuman keras dan mengaitkannya kepada hal negatif lainnya, yang sebenarnya kamu tidak dapat menghindari emosi tersebut. Maka, apapun yang sedang kamu rasakan, hadapilah, meski berat.

2. Merasa malu untuk menangis atau mengekspresikan rasa sakit.

Menangis adalah hal yang biasanya malu untuk dilakukan sebagian orang, terutama bagi laki-laki.

Tapi ketika ada kondisi dimana kamu ingin mengekspresikan rasa sakit atau emosimu kamu malah merasa malu dan mencoba untuk tetap tegar dan kamu tidak mengizinkan orang lain untuk tahu apa yang sebenarnya kamu rasakan.

Ini merupakan salah satu tanda kamu sedang memendam emosi, jika hal itu tidak kuat kamu hadapi, maka menangislah jangan hiraukan rasa malu.

3. Jarang “menampakan emosi”

Kamu jarang menampakan emosi atau kondisi dimana kamu sedang merasakan sesuatu. Tapi, sewaktu-waktu ada masalah kecil yang kamu hadapi atau orang lain hadapi justeru kamu malah akan meledeknya. Hal ini tidak akan baik untuk emosi dan perasaan orang lain.

4. Menunjukan dua sisi yang sangat berbeda

Kamu seperti memiliki dua sisi yang berbeda, saat bersama orang lain dan saat kamu sendirian.

Misal ketika kamu bersama orang-orang terdekatmu atau di tengah keramaian, kamu akan lebih banyak berbicara dan bercerita tentang banyak hal, akan tetapi pada saat kamu kembali sendirian kamu merasa merana penuh beban dan pikiran.

5. Merasa terpisah dari orang lain dan selalu kesepian

Merasa diri terpisah dengan orang lain dan selalu merasa kesepian meski kamu berada dan bersama orang terdekatmu, ini juga merupakan kondisi dimana kamu tengah memendam sebuah emosi.

 

Meski emosi merupakan ekspresi manusia yang tidak memiliki sisi baik atau sisi buruk, tapi sebaiknya kamu jangan sampai memendam emosi terlalu lama. Hal ini tidak akan baik terhadap kesehatan mental dan jiwa kamu jika dilakukan dalam jangka waktu cukup lama.

Lebih baik jika kamu mengakui emosimu, expresikan dan kelolalah emosimu dengan benar, misalnya dengan melakukan mindfulness dan meditasi.

Dan belajarlah untuk melampiaskan emosimu dengan tepat, jangan kepada orang lain, misalnya meluapkan emosi dengan menulis atau bermain musik.

Baca Juga :

Memendam emosi dan berusaha untuk terlihat baik-baik saja dihadapan orang lain memang butuh kekuatan yang luar biasa. Tapi mengekspresikan emosi dan mengakuinya saat sedang tidak baik-baik saja juga butuh kekuatan yang besar.

Merasa kacau tidak membuatmu terlihat menjadi seorang lemah, merasakan bingung, ragu, dan sedih justru menunjukkan bahwa kamu adalah seorang manusia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)