8 Manfaat Serai untuk kesehatan, Membantu Meringankan Gejala PMS

Minggu 13 Februari 2022, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sereh atau serai merupakan tanaman seperti rumput dan bertangkai. Tanaman Ini memiliki aroma wangi yang segar saat tercium.

Karena itulah serai sering dijadikan sebagai bumbu makanan terutama di Indonesia.

Tak hanya itu, serai juga sering dimanfaatkan menjadi minyak serai atau menjadi campuran minuman seperti teh.

Hal tersebut karena tanaman ini dinilai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, apa saja? Berikut beberapa manfaat dari serai dikutip dari healthline.com

photoBatang tanaman sereh - (iStockphoto)</span

1. Sereh Memiliki Sifat Antioksidan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan dan diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai ternyata mengandung beberapa antioksidan. Kandungan antioksidan ini dinilai mampu membantu menangkal radikal bebas pada tubuh manusia.

Antioksidan yang terkandung dalam serai diantaranya asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonin. Antioksidan ini dinilai dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner (salah satu pembuluh darah utama yang mengelilingi jantung).

Baca Juga :

2. Serai Bersifat Antimikroba

Serai dipercaya dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang berkat sifat antimikroba yang dimilikinya.

Menurut sebuah studi in vitro 2012 yang diterbitkan oleh the Institut Kesehatan Nasional, jika minyak atsiri serai bersifat antimikroba dan ampuh dalam melawan bakteri Streptococcus mutans, dimana bakteri ini merupakan bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

Kemudian, riset tersebut juga menemukan jika minyak serai dan ion perak dapat bekerja sama melawan beberapa jenis bakteri dan jamur.

3. Bersifat Anti Inflamasi

Menurut Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering, terdapat dua senyawa utama dalam tanaman serai yaitu citral dan geranial.

Kedua senyawa ini dianggap memiliki manfaat anti-inflamasi. senyawa-senyawa tersebut dikatakan mampu membantu menghentikan penyebab peradangan tubuh.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan citral dalam sereh juga dianggap memiliki sifat antikanker yang kuat terhadap beberapa sel kanker.

Hal tersebut bisa berupa menyebabkan kematian sel kanker secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker.

Teh sereh terkadang digunakan sebagai terapi tambahan dalam kemoterapi dan radiasi.

5. Menyehatkan Pencernaan

Meminum secangkir teh sereh dinilai bisa obat alternatif untuk meringankan gangguan pada sistem pencernaan seperti sakit perut, kram perut dan masalah pencernaan lainnya.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 yang dilakukan pada hewan pengerat dan diterbitkan oleh The Institut Kesehatan Nasional, menunjukkan bahwa serai juga efektif melawan tukak lambung.

Studi tersebut menemukan jika minyak esensial dari daun sereh dinilai dapat membantu melindungi lapisan perut dari kerusakan akibat aspirin dan etanol. 

6. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi seperti kita tahu dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Dalam sebuah studi yang diterbitkan di Jurnal Teknologi & Penelitian Farmasi Tingkat Lanjut, menunjukkan jika ekstrak minyak sereh mampu membantu menurunkan kolesterol. 

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Teh sereh juga terkadang digunakan sebagai teh detoks untuk memulai metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Namun, sebagian besar penelitian mengenai manfaat serai dapat menurunkan berat badan belum pernah dibuktikan secara  ilmiah.

Penialian tersebut didasarkan karena sereh merupakan diuretik alami yang dimana jika meminumnya cukup banyak, kemungkinan dapat membantu menurunkan berat badan.

8. Membantu Meringankan Gejala PMS

Sereh juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk kram menstruasi, kembung, dan hot flashes.

Tidak ada penelitian khusus tentang mengenai manfaat sereh dapat meringankan gejala PMS. Namun, secara teori sifat menenangkan perut dan anti-peradangan pada sereh dianggap dapat membantu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi17 Oktober 2024, 19:13 WIB

Kronologi Remaja Parungkuda Sukabumi Tewas Tenggelam di Sungai Cicatih

Diduga korban tidak bisa berenang, berikut kronologi kejadian remaja Parungkuda Sukabumi tewas tenggelam di Sungai Cicatih menurut Polisi.
Polisi di TKP remaja Parungkuda Sukabumi tewas tenggelam. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 Oktober 2024, 19:06 WIB

Kejari Sukabumi Musnahkan Barang Bukti Sitaan, Terbanyak Narkoba

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi melakukan pemusnahan barang bukti dari perkara yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht), Kamis (17/10/2024), dimulai pukul 10.00 WIB.
Pemusnahan barang bukti kasus yang sudah diputus perkaranya di Kejaksaan Negeri Sukabumi, Kamis (17/10/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Life17 Oktober 2024, 19:00 WIB

Susumpitan: Jejak Tradisi Berburu dalam Kehidupan Agraris Masyarakat Sunda

Permainan susumpitan tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga menjadi bagian dari upaya pelestarian budaya dan kearifan lokal masyarakat Sunda.
Permainan susumpitan tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga menjadi bagian dari upaya pelestarian budaya dan kearifan lokal masyarakat Sunda. (Sumber : Perpustakaan Digital Budaya Indonesia/budaya-indonesia.org).
Sukabumi17 Oktober 2024, 18:37 WIB

71 Nelayan Terjebak di Dermaga Tegalbuleud Sukabumi Berhasil Dievakuasi

Gunakan dua helikopter, puluhan nelayan yang terjebak di bekas dermaga Tegalbuleud Sukabumi berhasil dievakuasi ke darat.
Puluhan nelayan yang terjebak di bekas dermaga SBP di Tegalbuleud Sukabumi berhasil dievakuasi. (Sumber Foto: Dok. Basarnas)
Entertainment17 Oktober 2024, 18:30 WIB

Arti Nama Bebingah Sang Tansahayu, Anak Pertama Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Erina Gudono telah melahirkan anak pertamanya. Kabar tersebut diumumkan langsung oleh Kaesang Pangarep melalui konferensi pers di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa pagi, 15 Oktober 2024.
Arti Nama Bebingah Sang Tansahayu, Anak Pertama Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Sumber : Instagram/@kaesangp)
Life17 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Setelah Sholat Tahajud, Lengkap Beserta Niat dan Tata Caranya

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah terbangun dari tidur.
Ilustrasi - Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah terbangun dari tidur. (Sumber : Pexels.com/@Alena Darmel)
Sukabumi17 Oktober 2024, 17:51 WIB

Remaja Parungkuda Sukabumi Tewas Tenggelam di Sungai Cicatih

Berikut kesaksian warga terkait insiden remaja di Parungkuda Sukabumi yang tewas tenggelam di Sungai Cicatih.
Warga saat berupaya mengevakuasi jenazah seorang remaja yang tenggelam di Sungai Cicatih Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Entertainment17 Oktober 2024, 17:30 WIB

Imbas Kasus Pelecehan Seksual, Taeil eks NCT Keluar dari SM Entertainment

SM Entertainment secara resmi telah mengakhiri kontrak mereka dengan mantan member NCT, yaitu Moon Taeil pada Selasa, 15 Oktober lalu.
Imbas Kasus Pelecehan Seksual, Taeil eks NCT Keluar dari SM Entertainment | Foto: Instagram/@mo.on_air
Internasional17 Oktober 2024, 17:27 WIB

Tentara Israel Hancurkan Makam Putra Nabi Yakub di Lebanon

Tentara Israel menghancurkan situs bersejarah di Mhaibib, Lebanon selatan. Situs tersebut dikenal sebagai makam Bunyamin, putra Nabi Yakub, yang memiliki nilai religius serta sejarah yang tinggi.
Lebanon menjadi target serangan Irael, akibatnya ratusan warga tewas, terkini mereka menghancurkan makam Bunyamin, putra Nabi Yakub As | Foto : Istimewa
Musik17 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Live Forever Liam Payne & Cheat Codes

Pasca insiden kematian Liam Payne, Lagu Live Forever yang dirilis 7 Desember 2019 lalu kembali ramai diperbincangkan. Warganet menyorot penggalan lirik di bagian "Live fast, die young", seolah menjadi ungkapan duka untuk saat ini.
Official Music Video Lagu Live Forever Liam Payne & Cheat Codes. Foto: YouTube/LiamPayneOfficial