5 Makanan yang Bisa Cegah Keriput dan Garis Halus

Jumat 11 Februari 2022, 13:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Selain bertambah usia, keriput dan garis halus pada kulit wajah biasanya dialami oleh sebagian orang karena berbagai faktor. 

Salah satu contoh karena terkena paparan sinar matahari yang keseringan. Ini dapat membuat kulit wajah mengalami penuaan dini.

Untuk mengatasi permasalahan diatas, sebagian orang menggunakan berbagai macam produk kecantikan yang diklaim mampu mengurangi garis halus dan keriput, tetapi belum ada yang mampu menghilangkan permasalahan kulit tersebut seratus persen.

Pastinya, kamu tidak boleh putus asa dengan permasalahan ini, karena ada solusi alami yang bisa dilakukan di rumah.

DIlansir dari Suara.com, dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan tentu saja mempengaruhi kesehatan tubuh dan kulit.

Nah, ternyata sebenarnya ada makanan alami yang diklaim bisa cegah keriput lho. Apa saja ya, kira-kira?

1. Nanas

photoBuah Nanas - (Unsplash)

Pertama ada Nanas, buah berwarna kuning ini mengandung mangan yang merupakan mineral penting untuk mengaktifkan enzim prolidase.

Enzim itulah yang memproduksi asam amino atau dikenal sebagai proline yang membantu pembentukan kolagen dan meningkatkan elestisitas kulit wajah. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan nanas sebagai buah yang wajib ada di rumah.

photoBuah alpukat. - (medicaldaily.com)

Di Indonesia, buah ini juga cukup mudah didapatkan.Kamu tak akan kesulitan jika harus mengkonsumsinya tiap hari.

Buah Alpukat ini mengandung lemak baik, antioksidan, serta anti-inflammatory fatty acids yang dibutuhkan oleh kulit agar kesehatannya tetap terjaga.

3. Sayur bayam

photoIlustrasi Bayam - (Freepik)

Sayuran satu ini juga dapat membantu mencegah garis halus dan keriput pada kulit wajah. Kamu dapat mengolahnya dengan omelet, memasaknya dengan bawang putih atau bahkan menjadikannya  sebagai lalapan, bayam punya segudang manfaat.

Sayur yang cukup mudah dijumpai ini akan membuat kulit terhidrasi dan memiliki beragam vitamin maupun antioksidan.

Ada vitamin A, C, dan E yang dibutuhkan kulit. Tak cukup itu, bayam juga terbukti kaya akan besi dan magnesium yang akan membantu menjaga kesehatan dan kecerahan kulit.

4. Ikan salmon

photoIkan salmon. - (kineticsnj.com)

Selain nikmat, salmon juga dikenal memiliki kandungan anti inflammation yang tinggi. Dalam penelitian, ikan ini juga memiliki level prostagladin E2 yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Itu artinya kerusakan kolagen bisa lebih terhambat.

5. Kacang dan susu almond

photoIlustrasi Susu Almond - (iStock)

Kalau ada yang mengatakan bahwa kacang dapat menimbulkan jerawat, itu hanyalah mitos yang hingga hari ini belum dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah.

Sebaliknya, kacang-kacangan seperti mete, almon dan macadamia malah memiliki dampak positif bagi kulit.

Baca Juga :

Ada kandungan anti-inflammatory serta serat dan protein yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap sehat dan kencang. Takaran yang dianjurkan dalam mengkonsumsi kacang-kacangan tidak perlu banyak-banyak atau satu hingga dua ons per harinya.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi17 Oktober 2024, 21:31 WIB

Penumpang Motor Tewas usai Terlibat Kecelakaan di Jalan Kadudampit Cisaat Sukabumi

Berikut kronologi kecelakaan maut di Jalan Kadudampit Cisaat Sukabumi Rabu malam 16 Oktober 2024 malam. Penumpang motor tewas dalam kejadian ini.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di jalan Kadudampit Cisaat Kabupaten Sukabumi Rabu 16 Oktober 2024 malam. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 Oktober 2024, 21:14 WIB

Tiga Nelayan Sukabumi yang Hilang Tinggal Dede Yusuf yang Belum Ditemukan

Tiga nelayan yang hilang di perairan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, pada Rabu pagi (16/10/2024), yaitu Rohimat alias Imat (36 tahun), Rahmat atau Ehek (51 tahun), dan Dede Uhay atau Dede Yusuf (28 tahun).
Pondokan kecil di jadikan tempat berteduh nelayan yang terjebak di ujung jembatan dermaga eks tambang pasir besi di Tegalbuleud Sukabumi. (Foto: Istimewa)
Nasional17 Oktober 2024, 20:59 WIB

Calon Wakil Menteri Kabinet Prabowo Dibekali Cara Hadapi Wartawan

Hal ini diungkapkan Mantan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto yang mengikuti pembekalan untuk calon wakil menteri Kabinet Prabowo Gibran.
Suasana pembekalan materi untuk para calon menteri Kabinet Prabowo Gibran di Hambalang. (Sumber : IG Prabowo Subianto)
Sukabumi17 Oktober 2024, 20:05 WIB

Satu Lagi, Nelayan Tegalbuleud Sukabumi yang Hilang Ditemukan Tewas di Perairan Cianjur

Salah satu dari tiga nelayan yang hilang di perairan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, kembali ditemukan dalam keadaan tewas di Pantai Cikalapa Desa Sinar Laut, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur, Kamis sore (17/10/2024)
Satu dari tiga nelayan yang hilang kembali ditemukan di perairan Cianjur | Foto : Istimewa
Entertainment17 Oktober 2024, 19:30 WIB

Profil Liam Payne eks One Direction yang Meninggal di Usia 31 Tahun

Mantan anggota One Direction, Liam Payne meninggal dunia di usia 31 tahun usai jatuh dari balkon hotel di Buenos Aires, Argentina, pada Rabu, 16 Oktober 2024 waktu setempat.
Profil Liam Payne eks One Direction yang Meninggal di Usia 31 Tahun (Sumber : X/@spotify)
Sukabumi17 Oktober 2024, 19:13 WIB

Kronologi Remaja Parungkuda Sukabumi Tewas Tenggelam di Sungai Cicatih

Diduga korban tidak bisa berenang, berikut kronologi kejadian remaja Parungkuda Sukabumi tewas tenggelam di Sungai Cicatih menurut Polisi.
Polisi di TKP remaja Parungkuda Sukabumi tewas tenggelam. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 Oktober 2024, 19:06 WIB

Kejari Sukabumi Musnahkan Barang Bukti Sitaan, Terbanyak Narkoba

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi melakukan pemusnahan barang bukti dari perkara yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht), Kamis (17/10/2024), dimulai pukul 10.00 WIB.
Pemusnahan barang bukti kasus yang sudah diputus perkaranya di Kejaksaan Negeri Sukabumi, Kamis (17/10/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Life17 Oktober 2024, 19:00 WIB

Susumpitan: Jejak Tradisi Berburu dalam Kehidupan Agraris Masyarakat Sunda

Permainan susumpitan tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga menjadi bagian dari upaya pelestarian budaya dan kearifan lokal masyarakat Sunda.
Permainan susumpitan tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga menjadi bagian dari upaya pelestarian budaya dan kearifan lokal masyarakat Sunda. (Sumber : Perpustakaan Digital Budaya Indonesia/budaya-indonesia.org).
Sukabumi17 Oktober 2024, 18:37 WIB

71 Nelayan Terjebak di Dermaga Tegalbuleud Sukabumi Berhasil Dievakuasi

Gunakan dua helikopter, puluhan nelayan yang terjebak di bekas dermaga Tegalbuleud Sukabumi berhasil dievakuasi ke darat.
Puluhan nelayan yang terjebak di bekas dermaga SBP di Tegalbuleud Sukabumi berhasil dievakuasi. (Sumber Foto: Dok. Basarnas)
Entertainment17 Oktober 2024, 18:30 WIB

Arti Nama Bebingah Sang Tansahayu, Anak Pertama Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Erina Gudono telah melahirkan anak pertamanya. Kabar tersebut diumumkan langsung oleh Kaesang Pangarep melalui konferensi pers di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa pagi, 15 Oktober 2024.
Arti Nama Bebingah Sang Tansahayu, Anak Pertama Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Sumber : Instagram/@kaesangp)