Light Dark

Tanaman Ekor Naga Tumbuh 15 Meter di Pintu Masuk Curug Cimarinjung Sukabumi

Science | 03 Jan 2021, 08:21 WIB
Tanaman ekor naga di pintu masuk Curug Cimarinjung Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Sukabumiupdate.com/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE. com - Tanaman Ekor Naga ditemukan warga tumbuh di kawasan Geopark Ciletuh Kecamatan Ciemas, tepatnya pintu masuk wisata Curug Cimarinjung Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Tanaman epifit dengan nama latin Rhaphidophora Pinnata Schott itu membawa daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang datang ke Curug Cimarinjung, khususnya para pecinta tanaman hias. Disebut Tanaman Ekor Naga karena daunnya menyerupai ekor naga dalam mitologi China.

Pegiat wisata Kecamatan Ciemas, Eden Permana mengaku belum pernah melihat tanaman sejenis di kawasan wisata lain di Geopark Ciletuh Ciemas.


Advertisement

BACA JUGA: Cara Merawat Tanaman Hias Janda Bolong, dari Pilihan Tanah hingga Penempatan

"Di wilayah lain kami belum pernah melihatnya, baru di Curug Cimarinjung saja. Warna batangnya hijau bulat, daun berwarna hijau, ujung daunnya meruncing," kata Eden kepada sukabumiupdate.com, Minggu (3/1/2021).

Lanjut Eden, Tanaman Ekor Naga itu membawa daya tari untuk wisatawan. Oleh karenanya, ia meminta semua pihak ikut menjaganya.


Advertisement

"Yang ditemukan di pintu masuk Curug Cimarinjung tingginya sekitar 15 meter dan merambat. Ini perlu dijaga dan dilestarikan, jangan sampai ada tangan-tangan jahil, apalagi diperjualbelikan," tegasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter