Light Dark

Lapang Merdeka Sukabumi Masih Ditutup Untuk Salat Ied, Termasuk Idul Adha 1441 Hijriah

Pemerintahan | 27 Jul 2020, 06:22 WIB
Pelaksanaan Salat Idul Adha di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Minggu (11/8/2019) lalu. | Dok. Sukabumiupdate.com

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020.

Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memastikan pada tahun ini tidak akan ada pelaksanaan salat Idul Adha di Lapang Merdeka Sukabumi.

"Salat Idul Adha di Lapang Merdeka tidak ada, tapi hanya di Masjid Agung supaya lebih terbatas," kata Fahmi kepada sukabumiupdate.com, Senin (27/7/2020).

BACA JUGA: Lapak Sepi, Pedagang Kurban di Kota Sukabumi Jualan Lewat Medsos

Kendati demikian, Fahmi mempersilakan warga Kota Sukabumi untuk melaksanakan salat Idul Adha di lokasi masing-masing dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan yang ketat.

"Sebagaimana surat edaran Pak Gubernur, warga dipersilakan melaksanakan Salat Idul Adha di lokasi masing-masing, baik itu di masjid atau di lapang, dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan. Standar protokol kesehatan itu misalnya tidak perlu cipika-cipiki, salam-salaman," jelas Fahmi.

BACA JUGA: Warga Kota Sukabumi Diajak Tak Gunakan Kantong Plastik Saat Sebar Daging Kurban

Sementara itu, sambung Fahmi, penyembelihan hewan Kurban pada tahun ini tidak akan dipusatkan di Masjid Agung Kota Sukabumi. Hal itu dilakukan untuk mengindari terjadinya kerumunan warga.

"Pemotongan hewan Kurban dipersilakan. Kementerian Agama sudah mengeluarkan panduan untuk melaksanakan Kurban di masa pandemi. Jadi kita berpatokan pada Kemenag. Tapi untuk Kota Sukabumi, yang selama ini pemotongan hewan Kurban dipusatkan di Masjid Agung, pertimbangan supaya tidak ada keramaian dan kerumunan, maka kita akan sebar di tujuh kecamatan," pungkas Fahmi.

Image

Herlan Heryadie

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

OKSA BC

Reporter