Light Dark

Prospek Bisnis Gula Semut Menjanjikan, Distan Bekali Petani Sukabumi Cara Produksi

Bisnis | 02 Dec 2020, 12:30 WIB
Gula semut. | ilustrasi/istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan bimbingan teknis atau bimtek untuk puluhan petani Gula Semut di Desa Mekarsari, Kecamatan Ciracap, Selasa (1/12/2020). Bimtek bertujuan menggenjot peningkatan produksi dan kualitas Gula Semut di kawasan selatan Kabupaten Sukabumi.

Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Distan Kabupaten Sukabumi, Sostenes mengatakan, bimtek pasca panen dan pengolahan Gula Semut kelapa yang diberikan terhadap puluhan petani Gula sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah memajukan para petani.

BACA JUGA: Pengrajin Gula Semut Surade Sukabumi Sulit Jual Produk

Menurut dia, ada tiga narasumber yang didatangkan dalam bimtek ini yaitu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Kasi Pengolahan Hasil Perkebunan Dinas Perkebunan Jawa Barat, dan Ketua Gapoktan Sukatani Kecamatan Surade. "Bimtek kita laksanakan dilokasi kelompok tani Taruna Cendekia, Desa Mekarsari, Ciracap. [Jumlahnya] sekitar 30 petani Gula dari Ciracap dan Tegalbuleud pun hadir," kata Sostenes.

Peserta bimbingan teknis Gula semut  yang diselenggarakan Distan di Desa Mekarsari, Kecamatan Ciracap, Selasa (1/12/2020).

Menurut dia, banyak hal yang disampaikan oleh tiga narasumber seperti kebijakan sektor perkebunan hingga dari sisi anggaran baik APBD Kabupaten maupun provinsi. "Kami dari Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi terus melakukan komunikasi intens dengan Dirjen Perkebunan Kementan RI untuk mendapatkan support, baik anggaran maupun pemasaran," jelasnya.

BACA JUGA: Melirik Prospek Usaha Produk Gula Semut di Wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi

Masih kata Sostenes tidak hanya sebatas itu saja, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi juga terus memberikan semangat para petani Gula agar tetap semangat dalam produksi Gula Semut kelapa. "Saat ini harga Gula Semut ini cukup memberikan prospek yang menjanjikan, dan kemarin itu dalam bimtek para petani diberi pemahaman materi teknis produksi, dari mulai pengambilan nira hingga menjadi gula semut," terangnya.

"Ya kami berharap, ke depan setelah adanya bimtek tadi ada peningkatan secara signifikan terkait pasca panen dan pengolahan Gula Semut kelapa. Mudah-mudahan meski di tengah pandemi saat ini kesejahteraan para petani Gula Semut bisa meningkat," pungkasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

NANDI

Reporter