Light Dark

Termasuk Tol Bocimi! Tahun Ini 9 Ruas Tol Ditawarkan ke Swasta, Tertarik Beli?

Nasional | 27 Jan 2021, 07:11 WIB
Foto udara Jembatan Ciseuseupan 1 di ruas tol Bocimi | Dok. PT Waskita Karya

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga memaparkan sembilan ruas tol yang akan didivestasikan atau pelepasan saham kepada pihak swasta pada tahun ini. Satu dari 9 ruas yang akan ditawarkan kepada pihak swasta ini adalah ruas Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi).

Menyalin republika.co.id. hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (27/1/2021). "Masalah divestasi ini adalah permasalahan yang terkait dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Jadi memang Waskita Karya perlu melakukan divestasi karena berada dalam kesulitan likuiditas, ini ada sembilan ruas tol," ujar Hedy Rahadian 

Dalam paparannya, Dirjen Bina Marga itu menjabarkan sembilan ruas tol yang akan didivestasikan BUMN PT Waskita Karya kepada pihak swasta yakni ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, Cibitung-Cilincing, Cinere-Serpong, ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Kemudian ruas tol Depok-Antasari, ruas tol Pemalang-Batang, ruas tol Batang- Semarang, dan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar.

Porsi kepemilikan saham Waskita Karya di sembilan tol yang akan didivestasi tersebut berkisar mulai 25 persen sampai dengan 99,9 persen. "Divestasi sembilan ruas tol ini merupakan corporate action, jadi Kementerian PUPR tidak masuk terlalu dalam kecuali kalau Waskita Karya membutuhkan dukungan yang bisa kita lakukan," kata Hedy Rahadian di hadapan Komisi V DPR RI.

BACA JUGA:  Tak Hanya Satu, Ternyata Ada Tujuh Jembatan Eksotis di Tol Bocimi Seksi II

Sebelumnya PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyatakan akan melepas kepemilikan saham atau divestasi sembilan ruas jalan tol dengan nilai sekitar Rp10 triliun - Rp11 triliun pada 2021.

Direktur Business Development & QSHE Waskita Karya Fery Hendriyanto mengatakan bahwa selain adanya penerimaan kas, lewat divestasi Waskita akan mengurangi utang dari ruas tol yang lagi terkonsolidasi.

Ia menambahkan Waskita akan menggunakan beberapa skema pelepasan seperti yang pernah dilakukan sebelumnnya. Hampir semua ruas tol yang akan dilepas lewat PT Waskita Toll Road (WTR) telah memiliki calon investor yang berminat dan saat ini tengah melakukan proses due diligence dan valuasi.

BACA JUGA:  Cigombong-Cibadak Rampung 2021, Ini Bocoran Target Selesai Tol Bocimi Hingga Sukabumi Timur

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR memaparkan progres pembangunan Jalan Tol Bocimi dan target selesainya 4 seksi jalan Tol Bocimi. 

Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi terdiri dari seksi 1 Ciawi-Cigombong yang telah beroperasi Desember 2018. Kemudian seksi 2 Cigombong-Cibadak dalam tahap rekontruksi dengan progres 70,9 persen dan direncanakan selesai pada Juni 2021. 

Lalu seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat direncanakan selesai 2023. Adapun seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur direncanakan selesai 2024.

Hal itu disampaikan dalam kegiatan konsultasi publik dengan Kementerian PUPR terkait proyek tentang Tol Cibadak-Palabuhanratu, Jumat (18/12/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Sukabumi secara virtual dan dihadiri Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Sukabumi Zainul S, Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi Maman Abdurahman, Kepala Dishub, Kepala DLH, Kepala DPTR, Sekdis PU dan undangan lainnya.

 

Image

Fit NW

Redaktur

Image

Fit NW

Redaktur

Image

Reporter