Light Dark

Siasati Pandemi, Teknik Mesin Nusa Putra Gunakan Metode Hybrid untuk Praktikum CNC

Science | 24 Dec 2020, 11:08 WIB
Tangkapan Layar CNC Simulator. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Praktikum merupakan salah satu metode perkuliahan yang penting bagi Prodi Teknik secara umum. Akan tetapi kondisi pandemi Covid-19 yang terus meninggi membuat Praktikum dengan metode konvensional sulit dilakukan.

Oleh karena itu Teknik Mesin Nusa Putra berupaya berinovasi dengan memperkenalkan penggunaan metode hybrid dalam melaksanakan Praktikum di semester ini.

BACA JUGA: Teknik Mesin Nusa Putra Hadirkan Mesin 3D Printing Pertama di Sukabumi

Kaprodi Teknik Mesin, Mukhlis Ali, M.T. menjelaskan bahwa metode hybrid ini dilakukan dengan menggabungkan antara kegiatan Praktikum menggunakan fasilitas Virtual Lab dan kegiatan Praktikum secara tatap muka.

Mini Desktop CNC

"Metode ini dipilih agar kegiatan Praktikum secara tatap muka dapat dikurangi, akan tetapi kompetensi mahasiswa dapat terjaga karena mereka dapat menggunakan perangkat lunak berupa simulasi Praktikum yang dilaksanakan untuk pendalaman materi Praktikum secara mandiri," kata Mukhlis.

BACA JUGA: Mobil listrik Heulang EV-01 Jadikan Teknik Mesin Nusa Putra Juara KMHE 2020

Salah satu mata kuliah yang menerapkan metode hybrid dalam praktikumnya semester ini adalah mata kuliah Teknik Produksi dan Program CNC.

Dosen mata kuliah ini, Oscar Haris, M.T. menerangkan bahwa pada Praktikum CNC kali ini mahasiswa terlebih dahulu dikenalkan perangkat lunak NSIT CNC Simulator yang dapat digunakan untuk merancang dan melakukan uji coba proses CNC secara virtual.

Produk yang dihasilkan mesin CNC 

"Setelah mahasiswa dapat memahami bagaimana merancang kode-kode pemrograman CNC yang tepat dan melakukan uji coba secara virtual barulah nantinya akan dilakukan Praktikum secara tatap muka untuk menjalankan program yang sudah dibuat pada mesin CNC sehingga mahasiswa juga mengetahui secara langsung kualitas produk yang dihasilkan," terangnya.

BACA JUGA: Dukung Mahasiswa Teknik Mesin Nusa Putra Sukabumi di Lomba Fotografi Tingkat Nasional

Sementara itu Kepala Laboratorium Teknik Mesin, Dr. Wahyono Sapto Widodo menjelaskan pada pelaksanaan Praktikum CNC kali ini digunakan peralatan Mini Desktop CNC agar mahasiswa dapat melakukan Praktikum secara personal dan mencegah kerumunan yang mungkin terjadi jika menggunakan peralatan CNC yang besar. 

"Selain itu penggunaan Mini Desktop CNC ini juga bertujuan memberikan pengetahuan kepada mahasiswa bahwa saat ini mesin CNC pun dapat dijalankan secara mudah dan personal serta dapat juga dimanfaatkan untuk kegiatan produksi skala UKM seperti membuat aksesoris dan cindera mata," kata dia.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Reporter