Mengenal Saeful Rahman, Atlet Bola Tangan Asal Surade Sukabumi di SEA Games 2019

Sabtu 30 November 2019, 02:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 841 atlet Indonesia berlaga di ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara SEA Games 2019 Filipina. Dari deretan atlet-atlet hebat itu, terdapat nama Saeful Rahman, pemuda asal Kampung Lodaya RT 009/003, Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Bungsu dari lima bersaudara anak pasangan suami istri Yayat (69 tahun) dan Yuyum (59 tahun) ini merupakan atlet bola tangan Indonesia.

BACA JUGA: Atlet-atlet Hebat Asal Sukabumi Ikut Bela Merah Putih di SEA Games 2019

Atlet berusia 24 tahun ini merupakan lulusan SDN 3 Surade yang melanjutkan pendidikannya di MTsN Pasiripis Surade. Setelah lulus MTs, Saeful masuk MAN 3 Sukabumi dan melanjutkan kuliahnya di STKIP Pasundan Bandung.

Sederetan prestasi telah ditorehkan Saeful Rahman dari olahraga bola tangan yaitu meraih medali perak pada kejurnas junior U-19 antar provinsi pada tahun 2015 di Semarang. Lalu peringkat ketiga piala rektor Unesa antar universitas pada tahun 2016. Dilanjutkan, juara kedua kejuaraan handball antar universitas di Bogor 2016. Lalu Kejuaraan Jawa Barat antar universitas dan klub dari tahun 2015 hingga 2017 di Bandung, dari pertandingan ini diperoleh medali perak.

BACA JUGA: Ayu Atlet Floorball Putri Indonesia di SEA Games 2019, Si Cantik Asal Kabandungan Sukabumi

Saeful kini masih berada di Semarang untuk Training Center (TC). "Saat ini sedang menjalani Training Center (TC) di Jatidiri Semarang, rencana tim bola tangan Indonesia berangkat pada tanggal (5/12/2019)," ujar Saeful Rahman, kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (30/11/2019).

Saeful mengungkapkan, bergabung dalam tim nasional dan berlaga dalam event olahraga internasional merupakan impian selama ini. Menurut dia, bisa tampil pada SEA Games 2019 merupakan hasil dari kerja keras dan tekun berlatih sejak berada di bangku kuliah.

BACA JUGA: Atlet Asal Kabupaten Sukabumi Sumbang Emas Pertama di SEA Games 2017

"Tentunya merasa bangga antara percaya dan tidak percaya saat dipanggil kembali masuk Pelatnas, Alhamdulilah diberi kepercayaan untuk membela tim nasional," ujar Saeful yang berkeinginan membentuk Pengcab Bola Tangan di Kabupaten Sukabumi.

Saeful mengatakan siapapun yang punya mimpi dan bercita-cita menjadi atlet harus selalu optimis dan tidak mudah menyerah. "Nikmati setiap prosesnya, Insa Allah hasilnya tidak akan ingkar. Kami minta doa restu untuk semua masyarakat Pajampangan, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat dan seluruh Indonesia untuk atlet yang berjuang di SEA Games," pungkasnya.

BACA JUGA: Dua Atlet Berlaga di Asian Games 2018, Pemkab Sukabumi Siapkan Hadiah Uang Tunai

Sementara itu, saudara sepupu Saeful, Hambali (24 tahun), mengatakan Saeful merupakan sosok yang mudah bergaul. Sikapnya tenang tapi tekun dan gigih saat meraih cita-citanya.

Menurut dia, adanya atlet asal Pajampangan yang tampil di SEA Games merupakan suatu kebanggan. Hambali berharap, kontingen Indonesia khususnya dari cabang olah raga bola tangan bisa meraih hasil yang membanggakan.

"Tentunya juga doa dari kedua orang tuanya dan para guru serta rekan-rekannya yang selalu mendukung, kita doa kan saja, semoga dia bisa mengharumkan nama daerah dan tentunya Indonesia," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Keuangan25 April 2024, 08:21 WIB

Daftar Lengkap 537 Pinjol Ilegal Terbaru yang Diblokir Satgas Pasti

Satgas Pasti mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati.
(Foto Ilustrasi) Satgas Pasti memblokir 537 entitas pinjol ilegal di sejumlah situs dan aplikasi. | Foto: Istimewa
Sehat25 April 2024, 08:00 WIB

10 Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat

Berikut Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat. Yuk Coba Konsumsi!
Ilustrasi. Minyak Zaitun. Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat (Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)
Life25 April 2024, 07:00 WIB

Komunikasi Terbuka, 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah Diatur

Penting untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan dan kepribadian anak laki-laki yang sulit diatur sambil tetap memegang nilai-nilai dan prinsip yang diyakini.
Ilustrasi pola asuh orang tua. | Komunikasi Terbuka: Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah DiaturFoto: Freepik/@foto tekan
Food & Travel25 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa untuk Mengatur Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi rebusan atau ramuan herbal apa pun, termasuk rebusan daun mahkota dewa.
Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa. Foto: Instagram/@kebuhbuahkita
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang