Light Dark

UPTD Puskesmas Buniwangi Sukabumi Dampingi Tim PKK Monev di Desa Sukatani

Sehat | 11 Apr 2019, 12:00 WIB
UPTD Puskesmas Buniwangi, Kecamatan Surade, mendampingi tim PKK Kabupaten Sukabumi dalam Monitoring dan Evaluasi (Monev) 10 program pokok PKK dan Kesrak PKK KB-Kes, Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kamis (11/4/2019). | Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Buniwangi, Kecamatan Surade, mendampingi tim PKK Kabupaten Sukabumi dalam Monitoring dan Evaluasi (Monev) 10 program pokok PKK dan Kesrak PKK KB-Kes, Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kamis (11/4/2019).

Kepala UPTD Puskesmas Buniwangi Sunarya mengungkapkan, pada 10 program PKK yang di Monev terdapat bidang khusus yang menjadi binaan Puskesmas Buniwangi yakni bidang kesehatan dan lingkungan.

BACA JUGA: Tim PKK Kabupaten Sukabumi Laksanakan Monev di Desa Sukatani


Advertisement

"Kami sebagai pelaksana langsung pada bidang kesehatan dan lingkungan, salah satunya dengan adanya Posyandu dan bidan desa maka keterlibatan Puskesmas adalah sebagai pembina PKK bidang kesehatan," ujar Sunarya.

Sunarya menuturkan, selain rutinitas Posyandu yang sudah lama bergulir juga ada penyuluhan-penyuluhan kesehatan yang dilakukan UPTD Puskesmas Buniwangi seperti masalah gizi, kesehatan ibu dan anak (KIA) kemudian Puskesmas Keliling (Pusling) selama tahun 2018.

"Dan memasuki 2019 ini Alhamdulillah di Desa Sukatani belum ada kasus kematian ibu dan bayi. Ini prestasi sangat luar biasa di wilayah desa tersebut dalam kesadaran mengenai kesehatan kendati jumlah petugas sangat minim dan letak desa cukup jauh dengan pusat kesehatan," pungkasnya.


Advertisement

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

RAGIL GILANG/ADV

Reporter