Kampoeng Kumpul Curug Sawer Sukabumi, Wisata Keluarga di Kebun Teh yang Bikin Betah

Jumat 05 Februari 2021, 13:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kalau bicara tempat wisata di tengah perkebunan teh yang ada di Jawa Barat yang terpikir pasti Puncak, Bogor atau Lembang, Bandung. Tapi ternyata tak mesti ke Bogor atau ke Lembang, di Kabupaten Sukabumi pun ada tempat wisata yang menyajikan suasana sejuk di tengah kebun teh, nama tempatnya Kampoeng Kumpul Curug Sawer.

Selain suasananya yang sejuk karena berada di tengah perkebunan teh, ada banyak wahana di objek wisata yang berada di Kampung Cikareo, Desa Parakansalak, Kabupaten Sukabumi ini, seperti kolam renang dan air tumpahnya, flying fox dan berkuda. Sedangkan untuk spot wisatanya ada bumi perkemahan juga Curug Sawer. 

BACA JUGA: Libur Akhir Pekan, Enaknya Berenang di Wisata Curug Sawer Parakansalak

Dengan banyaknya wahana dan spot di tempat wisata ini, jangan khawatir soal tiket masuk. "Harga tiketnya hanya Rp 20 ribu untuk dewasa dan anak-anak Rp 15 ribu," ujar Rudi Hermawan, pemilik objek wisata Kampoeng Kumpul Curug Sawer.

Karena memiliki konsep wisata edukasi, maka di tempat wisata ini ada kebun diantaranya jeruk lemon california yang bisa dipanen pengunjung.

Kira-kira untuk menuju lokasi wisata ini bisa lewat mana sih? Ada dua jalan yang bisa dipilih, pertama Parakansalak kedua lewat Cidahu. Apabila masuk melalui Parakansalak, maka dari jalan raya Sukabumi-Bogor masuk ke Parungkuda lalu lanjutkan perjalanan ke daerah Parakansalak tepatnya dekat Kantor Desa Lebaksari masuk ke kanan ke arah Kampung Cikareo.

BACA JUGA: Ada Taman di Curug Sawer Parakansalak Kabupaten Sukabumi, Bisa Keliling Naik kuda

Apabila melalui jalan Cidahu, maka dari jalan raya jalur Sukabumi-Bogor arahkan kendaraan menuju daerah Parakansalak dengan patokannya Kantor Desa Lebaksari dari sana masuk ke arah Kampung Cikareo.

Akses menuju ke tempat wisata ini begitu mudah dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat. Perjalanan pun tak terasa lelah sebab sepanjang jalan disuguhi panorama kebun teh yang hijau menyegarkan mata. 

Tiba di lokasi, kolam renang langsung menyambut. Rasa gerah pun seketika hilang saat berenang. Usai berenang saatnya mencoba wahana lainnya yaitu flying fox sepanjang 150 meter dengan harga Rp 20 ribu dan berkuda mengelilingi memutari taman I Love You Rp 20 ribu. Ada juga naik kereta mini Rp 3.000/selama 10 menit.

Konsep wisata ini sejatinya adalah wisata edukasi maka tak heran menjadi tempat favorit untuk keluarga. Di tempat ini pengunjung bisa mengunjungi kebun kopi, teh dan lemon california dan bisa ikut panen. "Pengunjung juga diberikan edukasi bagaimana mengolah teh, lemon dan kopi itu menjadi minuman dengan cara pengolahan yang tradisional," jelasnya.

Usai melakukan panen, saatnya melanjutkan perjalanan ke Curug Sawer. Lokasinya berjarak 500 meter, namun trek pegunungannya membuat kaki terus melangkah tanpa merasa lelah.

Tak hanya wahana dan spot wisatanya, bagi yang ingin menikmati malam di tempat ini bisa menginap dengan berbagai pilihan penginapan, ada hotel dengan layanan VIP Rp 380 ribu per kamar. Lalu ada rumah dengan harga sewa Rp 600 ribu, Rp 200 ribu dan Rp 300 ribu.

"Tak hanya sebagai tempat wisata saja, Kampoeng Kumpul Curug Sawer juga dapat digunakan sebagai kegiatan pertemuan. Disini ada room meeting VIP Rp 2 juta per hari," jelas.

Tempat wisata ini memiliki luas 32 hektar terdiri dari kebun teh 11,7 hektar, kebun kopi 2,5 hektar, lemon California 3,5 hektar kebun buah 2 3,hektar, kemudian kebun vinus, damar, kayu manis 8 hektar dan fasilitas kolam renang, hotel dan lain-lain 8 hektar. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)