Light Dark

Melihat Dua Gunung dari Cartilan Park Jampang Tengah Sukabumi

Travel | 30 Jan 2021, 01:00 WIB
Objek wisata Cartilan Park di Desa Bojongjengkol, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Perbukitan menghampar yang berada di Kampung Cigombong RT 26/07 Kadusunan Cipancer, Desa Bojongjengkol, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi dimanfaatkan menjadi lokasi wisata. 

"Dulu namanya Pasir Cartilan, setelah dibuka menjadi objek wisata pada Desember 2020, dinamakan Cartilan Park," ucap penggerak wisata Cartilan Park, Cecep Supriadi kepada sukabumiupdate.com, Jumat (29/1/2021).


Advertisement

Saat ini, kata Cecep, Cartilan Park masih dalam penataan. Sehingga fasilitas masih terbatas, baru ada spot selfie dan saung untuk istirahat. Meski demikian, pengunjung sudah mulai berdatangan apalagi saat cuaca cerah.

BACA JUGA: Nikmati Panorama Alam Sambil Cicipi Durian di Bukit Sagara Sukabumi

"Di Cartilan Park, pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango. Berburu Sunset dan Sunrise juga bisa," bebernya. 

"Untuk ketinggian Cartilan Park sendiri belum tahu berapa mdpl, namun diperkirakan bukit ini, lebih tinggi dibandingkan dengan perbukitan yang ada di wilayah Jampang Tengah," kata Cecep lagi.


Advertisement

"Orang tua dulu menyebutnya itu wilayah Gunung Keneng, perbatasan saluran air ke Sungai Cikaso dan Sungai Cimandiri, jadi termasuk dataran tertinggi," tegasnya. 

Objek wisata Cartilan Park di Desa Bojongjengkol, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi.

Akses menuju lokasi dari Kecamatan Jampang Tengah, sekitar enam kilometer, bisa ditempuh sekitar 20 menit.

"Motor dan mobil bisa langsung ke lokasi. Empat kilometer berupa aspal, dan dua kilometer berupa jalan balasan. Untuk sementara pengunjung yang masuk ke Cartilan Park belum dipungut tiket masuk. Hanya saja untuk parkir dan kebersihan kalau mau memberi seikhlasnya," pungkas Cecep.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter