Tanah dan Bangunan di Sukabumi Disita KPK, Penjaga Vila Tak Kenal Edhy Prabowo

Jumat 19 Februari 2021, 07:40 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah plang bertulisan 'Tanah dan Bangunan ini Telah Disita' nampak jelas terlihat di depan pagar sebuah vila di Kampung Sindanglengo RT 03/02, Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Plang itu dipasang KPK sebab vila tersebut merupakan aset Edhy Prabowo yang telah berstatus tersangka korupsi.

Kamis (18/2/2020) malam itu, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menyita aset mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ini. Bangunan beserta tanah itu diduga kuat berkaitan dengan kasus dugaan suap perizinan ekspor benih bening (benur) lobster yang menjerat Edhy Prabowo.

 

Baca Juga :

Penjelasan KPK Soal Sita Lahan dan Vila Edhy Prabowo di Caringin Sukabumi

 

Pantauan sukabumiupdate.com, Jumat (19/2/2021) siang, tak nampak ada aktivitas apapun di vila yang memiliki halaman luas dan kolam ikan itu. Di vila ini, sukabumiupdate.com bertemu dengan Kosasih, penjaga vila

"Saya bekerja di sini baru tiga bulan yang disuruh oleh orang yang bernama Aden, saya bersama istri tinggal di vila ini untuk bersih-bersih dan menjaga ternak ikan lele yang ada di bangunan belakang vila," ungkap Kosasih. 

Kendati Edhy Prabowo sudah sering muncul di pemberitaan namun, Kosasih tak mengenal siapa pria itu. 

"Saya tidak tahu kepemilikan tempat ini punya siapa bahkan orang yang namanya Edhy Prabowo saya tidak tahu mukanya seperti apa, dan selama saya tinggal di sini belum pernah ada yang datang ke tempat ini selain Aden yang menyuruh saya kerja. Setelah kejadian semalam KPK menyita tempat ini saya pun masih disuruh orang KPK untuk tetap menggarap vila dan lahan ini," tuturnya.

Sementara itu Camat Caringin, Anwari mengatakan Aset yang disita berupa Lahan seluas dua hektar dan sebuah vila. "Malam ini pihak KPK melakukan penyitaan dan penitipan barang bukti terkait dugaan tindak pidana korupsi atas nama Bapak Edhy Prabowo yang kebetulan mempunyai Aset di Kampung Sindanglengok, Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Asetnya berupa tanah dan bangunan seluas dua hektar," kata Anwari kepada awak media, Kamis (18/2/2021) malam.

Anwari menyebut, berdasarkan informasi yang ia terima, Aset tersebut dimiliki Edhy Prabowo sejak bulan Juli 2020 lalu.

"Yang disegel adalah bangunan dan tanah karena ini terdiri dari dua sertifikat. Sertifikat atas nama Sugianto, di mana Pak Sugianto ini adalah mantan pembantu atau sopir dari Edhy Prabowo. Itu berdasarkan pengakuan Pak Sugianto," ungkapnya. 

"Untuk sementara berdasarkan berita acara dari KPK tanah dan bangunan ini dititipkan kepada orang yang ditunjuk, yang biasa jaga di sini sampai dengan penetapan oleh pihak pengadilan," pungkas Anwari.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di setiap kegiatan.

Catatan Redaksi: Ada perubahan pada caption foto pukul 12.41 WIB karena terdapat kesalahan penulisan nama kecamatan. Dari yang seharusnya Kecamatan Caringin menjadi Kecamatan Cibadak.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)