Light Dark

Dugaan Penyebab Kebakaran Penggilingan Padi di Cisaat Sukabumi

Sukabumi | 17 Feb 2021, 00:00 WIB
Kebakaran menghanguskan pabrik penggilingan padi di Kampung Cibatu Pos RT 24/07 Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa (16/2/2021) petang pukul 18.30 WIB. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran menghanguskan pabrik Penggilingan Padi di Kampung Cibatu Pos RT 24/07 Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa (16/2/2021) petang pukul 18.30 WIB.

Informasi yang dihimpun, pabrik Penggilingan Padi milik Dasep dan dikelola oleh Nandang Kosasih tersebut sudah berusia 40 tahun.

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi, Syarif menjelaskan, berdasarkan hasil asesmen dugaan sementara Kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik.

Tujuh unit kendaraan pemadam Kebakaran dikerahkan untuk memadamkan area seluas kurang lebih 1.000 meter persegi. "Total kerugian diperkirakan Rp 423 juta. Mesin penggilingan hingga padi 6 ton terbakar," papar Syarif.

Baca Juga :

Diwawancarai di lokasi pada Selasa malam, warga setempat, Iwan (45 tahun) mengaku sedang mengelas di pabrik pengeciran yang posisinya di samping penggilingan padi.

"Saat saya keluar terlihat api sudah besar dan belum merambat ke atas. Saya berniat mau menolong tetapi pintu gerbang Penggilingan Padi ini dikunci, saya langsung lari untuk masuk ke pintu belakang tetapi api sudah membesar ke atas," tuturnya. 

Masih kata Iwan, saat terjadi Kebakaran penggilingan padi sedang tidak beroperasi dan posisi mesin penggilingannya juga tidak berjalan.

"Karena tengkulak yang punya padi di sini sedang sakit. Pemadam Kebakaran datang pukul 19.15 WIB dan api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB," pungkasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Riza

Reporter

Image

Herlan Heryadie

Redaktur