Light Dark

Perekaman e-KTP di Bantargadung Sukabumi, Petugas Sampai Gendong Warga

Sukabumi | 06 Feb 2021, 10:40 WIB
Petugas saat menggendong salah satu warga lanjut usia untuk melakukan perekaman e-KTP di Desa Limusnunggal, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukanumi, Jawa Barat. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan warga di Desa Limusnunggal, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi kini akhirnya memiliki e-KTP dan datanya direkam, Sabtu (6/2/2021).

Kepala UPTD Disdukcapil Wilayah IV Palabuhanratu Endra Mulyana mengatakan, kurang lebih 303 keping e-KTP dicetak dan langsung diserahkan kepada warga di Desa Limusnunggal dalam satu hari.

"Rinciannya 105 e-KTP untuk pemula, 27 untuk jompo dan 171 untuk pengajuan karena rusak dan pergantian alamat baru," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu siang.

BACA JUGA: Disdukcapil Targetkan 25 Persen Anak di Kabupaten Sukabumi Miliki KIA

Meski hari libur, lanjut Endra, petugas UPTD Dukcapilwilayah IV Palabuhanratu tetap konsisten melaksanakan jemput bola perekaman e-KTP. Hal itu dilakukan untuk memenuhi harapan warga dalam kepemilikan dokumen kependudukan.

"Sehingga tingkat kepemilikan dokumen kependudukan juga meningkat. Insya Allah kita konsisten jemput bola ini, sesuai tema kegiatan kita, menjaring para manula dan pemula," lanjutnya.

Dalam prosesnya, Endra mengaku banyak kendala yang dihadapi para petugas di lapangan salah satunya jaringan internet yang masih ditemukan di kampung-kampung dan desa tertentu yang tidak stabil. Bahkan sampai ada petugas yang harus menggendong warga yang sudah lanjut usia untuk melakukan perekaman e-KTP.

BACA JUGA: Layani Warga Lanjut Usia, UPTD Dukcapil Jampang Kulon Sukabumi Jemput Bola

"Jaringan internet itu faktor hambatan utama, tapi hambatan menjadi tantangan bagi kami, dengan mencari berbagai solusi. Alhamdulillah semua bisa, yang terpenting bagi kami pelaksanaan kegiatan demi membahagiakan masyarakat," terangnya.

"Selanjutnya kita saat ini sedang melaksanakan jemput bola di Desa Cilengsing, Kecamatan Cikakak. Alhamdulillah sejauh ini masih lancar dan sedang berlangsung, jadi datanya belum fiks," tandasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

NANDI

Reporter