Light Dark

Udunan Online Warga Kota Sukabumi Bantu Rehab Rumah dan Santunan Ahli Waris

Sukabumi | 13 Jan 2021, 08:55 WIB
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyerahkan santunan yang berasal dari program unggulan yaitu Udunan Online di Balai Kota Sukabumi, Rabu (13/1/2021). | Dokumentasi Pimpinan Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyerahkan santunan yang berasal dari program unggulan yaitu Udunan Online di Balai Kota Sukabumi, Rabu (13/1/2021). Bantuan diberikan kepada warga untuk Rehab Rumah dan santunan untuk ahli waris. 

Pada momen ini hadir Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi Punjul Saeful Hayat, pengelola Udunan Online dari forum silih asah, silih asih, dan silih asuh serta penerima donasi Ujang dan ahli waris keluarga Ifah. "Kami melaksanakan penyaluran bantuan donasi yang selama ini diberikan warga melalui Udunan Online," ujar Fahmi.

BACA JUGA: Karang Taruna Tipar Kota Sukabumi Udunan Bagikan Ratusan Sembako

Program Udunan Online ini digulirkan karena pemda memiliki banyak keterbatasan baik sisi kewenangan, anggaran, dan regulasi. Sehingga pemda menghimpun berbagai potensi dalam memberikan dukungan untuk mengatasi keterbatasan tersebut.

Dengan keterbatasan ini mampu dijembatani oleh warga, sehingga pembangunan berbasis masyarakat lahirlah ide dengan kesetiakawanan yakni udunan online. Namun aplikasi ini harus disempurnakan dan dapat tampil sebagai jawaban di tengah masalah dan memudahkan warga mampu untuk berdonasi.

BACA JUGA: Pemkot Sukabumi Berencana Manfaatkan Udunan Online Bantu Tangani Corona

Contohnya saat rumah ambruk, pemda tidak bisa membangun dengan cepat karena jika melalui APBD harus proses perencanaan dan penganggaran. Dengan Udunan Online bisa cepat karena donasi berbasis masyarakat.

"Kami berfungsi sebagai mediator untuk yang memiliki kemampuan seperti Baznas dalam rangka mengarahkan dukungan kepada yang membutuhkan," kata Fahmi. Di mana aplikasi ini juga mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat dan akan terus dikembangkan.

Kepala Dinsos Kota Sukabumi Punjul Saeful Hayat mengatakan, pihaknya menyalurkan bantuan dari Udunan Online kepada dua orang warga. "Bantuan pertama untuk Pak Ujang dari Subangjaya, Cikole untuk rehabilitasi rumah,'' ujar dia. Sementara yang kedua untuk ahli waris keluarga Mak ifah di Kecamatan Lembursitu yang meninggal.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

DOKUMENTASI PIMPINAN KOTA SUKABUMI

Reporter