Light Dark

Pesan Bupati ke Calon Guru Penggerak: Dongkrak Mutu Pendidikan Kabupaten Sukabumi

Sukabumi | 14 May 2022, 17:10 WIB
Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri Lokakarya 7 bertema Festival Panen Hasil Belajar program pendidikan calon guru penggerak angkatan 3 di Hotel Augusta Palabuhanratu, Sabtu (14/5/2022). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami membuka acara Lokakarya 7 bertema ‘Festival Panen Hasil Belajar’ program pendidikan calon Guru Penggerak (CPG) Angkatan 3 di Hotel Augusta Palabuhanratu. Sabtu (14/5/2022). 

Pendidikan calon Guru Penggerak merupakan program yang diinisiasi langsung oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Luar Biasa (PPPPTK TK & PLB) Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset dan teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek).


Advertisement

Baca Juga :

Kasub Pokja Program Sekolah Penggerak PPPPTK TK dan PLB Dr. Ana Lisdiana, M.Pd menyatakan Calon Guru Penggerak merupakan guru terpilih yang digembleng selama 9 bulan. 

"Tidak mudah menjadi seorang guru penggerak, banyak calon guru-guru yang gugur di tengah jalan, mudah-mudahan 100 orang calon Guru Penggerak di Kabupaten Sukabumi lancar mengikuti pelatihan menjadi guru penggerak,” jelasnya.


Advertisement

Ana menyatakan Guru Penggerak merupakan guru yang mampu menjadi seorang pemimpin yang bisa membuat perkembangan bagi dunia pendidikan. 

"Guru penggerak merupakan guru yang berjiwa pemimpin. Semoga dengan pembekalan ilmu selama 9 bulan calon Guru Penggerak bisa istiqomah dan bisa lolos menjadi guru penggerak,” kata Ana.

Sementara Itu, Marwan mengapresiasi penyelenggaraan program pendidikan calon guru penggerak. Menurut dia program tersebut telah sejalan dengan upaya pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam mewujudkan visi dan keempat misinya sebagaimana telah ditetapkan dalam RPJMD 2021-2026. 

“Terutama dalam memberikan daya ungkit pada misi pertamanya yaitu membangun sumber daya manusia yang beriman, berbudaya dan berdaya saing,” ungkapnya.

Marwan berharap program pendidikan calon Guru Penggerak menjadi sebuah momentum untuk memicu energi baru yang sangat positif terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan di Kabupaten Sukabumi. 

"Kegiatan lokakarya ini harus diikuti dengan seksama dan dapat ditindaklanjuti di tempat tugasnya masing-masing yang sesuai dengan tugas dan fungsinya yang melekat sehingga hasil dari mengikuti pembekalan ini diharapkan mampu menciptakan progres perubahan ke arah sekolah berkualitas yang pada akhirnya bisa mendongkrak mutu pendidikan di Kabupaten Sukabumi,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Marwan menyerahkan penghargaan kepada tim 17 pengajar praktik Kabupaten Sukabumi dan meninjau stand lokakarya dari setiap kelompok calon guru penggerak. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sukabumi, Mohammad Solihin.

Image

Admin SUpdate

Image

Andri Somantri

Redaktur