Light Dark

Waspada! 4 Jenis Makanan Sehari-hari Ini Tingkatkan Risiko Penyakit Kanker

Sehat | 14 May 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi Makanan Sehari-hari Ini Tingkatkan Risiko Penyakit Kanker | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Ada begitu banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, salah satunya ialah pola makan.

Pola makan yang tidak sehat bisa meningkatkan risiko terkena kanker, oleh sebab itu sebaiknya kamu selalu memperhatikan berbagai jenis Makanan yang kamu konsumsi.

Seperti dilansir oleh suara.com dari Time of India, menurut penelitian ada empat jenis Makanan sehari-hari yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Apa saja? Simak penjelasannya dibawah ini ya.


Advertisement

Baca Juga :

1. Minyak Sayur Terhidrogenasi


Advertisement
photoIlustrasi Minyak Sayur Terhidrogenasi - (Freepik)

Minyak sayur terhidrogenasi adalah jenis lemak yang digunakan untuk menjaga Makanan tetap segar lebih lama. Penelitian telah menemukan bahwa minyak sayur terhidrogenasi terkait dengan peningkatan risiko terkena Kanker prostat.

Hal ini disebabkan oleh lemak trans minyak sayur terhidrogenasi. Lemak trans merupakan salah satu jenis lemak terburuk. Lemak ini berkontribusi terhadap kanker, penyakit jantung dan masalah sistem kekebalan tubuh.

2. Makanan Asin

photoIlustrasi Makanan Asin - (Freepik)

Penelitian telah menunjukkan bahwa Makanan tinggi garam dapat menjadi faktor mengembangnya Kanker lambung. Garam dapat merusak lapisan lambung dan menyebabkan luka, yaitu area jaringan tubuh yang telah rusak.

Jika dibiarkan berkembang, reaksi ini dapat menyebabkan Kanker perut. Tekanan darah tinggi juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak garam dalam makanan.

3. Makanan yang Mengandung Gula Berlebih

photoIlustrasi Makanan yang Mengandung Gula Berlebih - (Freepik)

Gula rafinasi adalah bentuk olahan dari gula alami yang diekstraksi dari Makanan seperti tebu, bit gula, dan jagung. Sifat olahan gula rafinasi dapat menyebabkan sel Kanker melakukan metabolisme di dalam tubuh.

Gula rafinasi juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

4. Tepung Putih Olahan

photoIlustrasi Tepung Putih Olahan - (Freepik)

Bahan lain yang mengkhawatirkan adalah tepung putih olahan yang ditemukan dalam kue kering, roti, dan bahan Makanan sehari-hari lainnya. Tepung diputihkan dengan gas klorin yang merupakan bahan kimia untuk membuat tepung lebih putih.

Tepung putih olahan meningkatkan kadar insulin dan gula darah karena tingkat glikemiknya lebih tinggi. Tumor Kanker lebih mudah tumbuh di dalam tubuh jika kadar gula darah seseorang lebih tinggi.

Peningkatan kadar gula darah menyebabkan resistensi insulin, yang dapat meningkatkan risiko Kanker usus besar, serta Kanker lain seperti Kanker ginjal.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah