Light Dark

Jembatan Cinumpang Selesai, Progres Lingkar Utara Sukabumi: Kadudampit-Sukalarang

Sukabumi | 13 May 2022, 13:11 WIB
Jembatan Cinumpang selesai dibangun, infrastur pendukungan rencana pembangunan jalur lingkar utara Kabupaten Sukabumi dari Kadudampit hingga Sukalarang (berbatasan dengan Kabupaten Cianjur Jawa Barat) | dok Diskominfosan Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pembangunan jalur lingkar utara Kabupaten Sukabumi dari Kadudampit hingga Sukalarang (berbatasan dengan Kabupaten Cianjur Jawa Barat), memasuki babak baru. Jalur sepanjang 28 kilometer ini mulai digeber oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum, setelah Jembatan Cinumpang selesai dibangun.

Kabar selesainya pembangunan jembatan ini diinformasikan oleh pemda melalui Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian. "Jembatan Cinumpang Tahap I di kawasan Cinumpang, Kecamatan Kadudampit, sudah rampung dikerjakan," tulis admin akun facebook, DIskominfosan Kabupaten Sukabumi, beberapa hari lalu.

Akun ini juga menayangkan video jembatan berkelir merah yang memiliki bentangan sepanjang 90 meter dengan lebar 9 meter. Jembatan ikonik dibangun dengan ketinggian kurang lebih 90 meter diatas sungai, dan keberadaannya menjadi penghubung Kecamatan Kadudampit dan Sukabumi.


Advertisement

“Alhamdulillah, hasil monitoring dan evaluasi Tim Teknis Dinas PU Kabupaten Sukabumi pekerjaan tahap pertama sudah terselesaikan,”ujar Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar dalam video yang diunggah tanggal 10 Mei 2022 tersebut.

photoKepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi Asep Japar bersama tim saat meninjau jembatan cinumpang di Kadudamput yang selesai dibangun - (dok Diskominfosan Kabupaten Sukabumi)


Advertisement

Selanjut tim kata Asep Japar akan langsung melaksanakan pengerjaan jalan dan fasilitas lainnya yang masuk dalam program tahap kedua. Jalan sepanjang 28 kilometer akan membentang menghubungkan 4 kecamatan, yaitu Kadudampit, Sukabumi, Sukaraja dan Sukalarang.

Jalan lingkar kaki Gunung Gede Pangrango ini akan menjadi pemecah volume kendaraan di wilayah utara Kabupaten Sukabumi. Keberadaannya juga menjadi akses pendukung  sejumlah potensi wisata alam yang ada di 4 kecamatan tersebut.

Kepada sukabumiupdate.com, Asep Japar menjelaskan pembangunan jalan dan jembatan 'lingkar utara' ini ditaksir menelan anggaran hingga Rp 25 Miliar, yang bersumber dari APBD.

"Setelah Jembatan Cinumpang selesai. Rencana pembangunan jalan akan berlangsung selama 6 bulan ke depan. Semoga rampung sesuai target,” bebernya.

Baca Juga :

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat mulai membangun jalan lingkar utara penghubung Kecamatan Kadudampit hingga ke Sukalarang pada Juni 2021 lalu. Akses ini dipersiapkan untuk mendukung potensi wisata agro di kawasan utara khususnya kaki gunung Gede Pangrango di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Hal ini diungkapkan Bupati Marwan Hamami usai melakukan survey lapangan rencana pembangunan jalan dan jembatan di Cinumpang Kadudampit, pada tanggal 1 April 2021 lalu. Pemkab berencana membangun jalan sepanjang 28 Km  dengan Lebar 30 meter dan badan jalan 20 meter, mulai dari dari kantor Kecamatan Kadudampit sampai batas Cianjur di Kecamatan Sukalarang. 

"Jalur ini harus memberikan dampak pengembangan potensi Pariwisata dan pertanian, kalau sudah terbuka Insya Allah masyarakat akan terbantu, terutama akses pasar akan lebih mudah untuk pertanian mereka" ungkap Bupati Marwan Hamami saat itu.

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur