Light Dark

Lingkar Utara 28 Km, Kadudampit-Sukalarang Sukabumi Mulai Dibangun Juni 2021

Sukabumi | 01 Apr 2021, 19:13 WIB
Pemkab Sukabumi akan memulai pembangunan akses lingkar utara dari Kadudampit menuju Sukalarang pada Juni 2021 | google maps

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat akan mulai membangun jalan lingkar utara penghubung Kecamatan Kadudampit hingga ke Sukalarang pada bulan Juni 2021 mendatang. Akses ini dipersiapkan untuk mendukung potensi wisata agro di kawasan utara khususnya kaki gunung Gede Pangrango di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Hal ini diungkapkan Bupati Marwan Hamami usai melakukan survey lapangan rencana pembangunan jalan dan jembatan di Cinumpang Kadudampit, Kamis (1/4/2021). Dalam survey ini Marwan dan rombongan menaiki kendaraan roda dua jenis trail, menyusuri jalan setapak akses pertanian di wilayah tersebut.


Advertisement

Pemkab berencana membangun jalan sepanjang 28 Km  dengan Lebar 30 meter dan badan jalan 20 meter, mulai dri dari kantor Kecamatan Kadudampit sampai batas Cianjur di Kecamatan Sukalarang. 

"Jalur ini harus memberikan dampak pengembangan potensi Pariwisata dan pertanian, kalau sudah terbuka Insya Allah masyarakat akan terbantu, terutama akses pasar akan lebih mudah untuk pertanian mereka" ungkap Bupati Marwan Hamami, dilansir dari rilis dalam akun resmi Pemkab Sukabumi.

photoBupati Marwan Hamami dan jajaran Dinas PU saat meninjau lokasi pembangunan jalan dan jembatan di Kadudampit Sukabumi - (Dokpim Pemkab Sukabumi)


Advertisement

Dengan pembukaan akses tersebut, Marwan optimis potensi pariwisata  lainnya akan bermunculan. "Jadi potensi ini lah yang kita dorong selain pariwisata agro,  potensi pertanian banyak, seperti teh, kopi, pisang, sayuran sayuran hidroponik atau organik yang dimungkinkan dengan ketinggian di atas 1000 MDPL" tambahnya

Bupati berharap  dengan dibukanya Akses jalan baru ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sukabumi khususnya di wilayah utara.

Baca Juga :

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi Asep Japar yang ikut dalam survey tersebut menyebut rencana pembangunan akses utara Kadudampit Sukalarang ini akan dimulai Juni 2021. "Kita akan mulai dari Cinumpang Kadudampit. Diawali dengan pembangunan jembatannya dulu," ungkap Asep Japar yang dihubungi melalui pesan singkat.

Jembatan ini berada di Cinumpang Kadudampit, di atas bumi perkemahan. Rencanannya jembatan tersebut akan dibangunan dengan panjang hingga 90 meter dan lebar 6 meter.

Menurut pria yang akrab disapa Asjap ini, pembangunan jembatan tersebut sebagai awal dari rencana jalan lingkar utara yang akan banyak melintasi lahan negara yaitu perkebunan. "Tapi sebagian juga tanah masyarakat jadi akan dimulai dengan pembebasan lahan," sambungnya.

"Soal nilai anggarannya akan dijelaskan nanti," pungkasnya. 

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur