Light Dark

Jawa Barat Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Sepekan Ke Depan, Ini Peringatan BMKG!

Science | 13 May 2022, 10:45 WIB
Ilustrasi Jawa Barat Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Sepekan Ke Depan | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan Cuaca ekstrim di Indonesia dalam sepekan ke depan, termasuk Jawa Barat.

Oleh sebab itu, BMKG meminta masyarakat tetap waspada terhadap puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, serta dampak yang dapat ditimbulkannya. 


Advertisement

photoIlustrasi Cuaca Ekstrim - (Freepik)

Menurut BMKG, terdapat indikasi potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Indonesia. Di antaranya dikarenakan fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini berada di fase 4 (Maritime Continent) dan akan berada pada fase 4 hingga 5 untuk sepekan ke depan.

MJO merupakan aktivitas intra-seasonal yang terjadi di wilayah tropis yang dapat dikenali berupa pergerakan aktivitas konveksi dari Samudera Hindia ke Samudera Pasifik. Fenomena ini biasanya muncul setiap 30 sampai 40 hari. 


Advertisement

Pada pekan ini, BMKG menyatakan perambatan MJO cenderung konsisten pada wilayah Utara Indonesia bagian tengah dan timur.

Berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model diperkirakan daerah dengan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sepekan ke depan, secara umum, terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung.

Di luar Sumatera juga Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Berikut ini peringatan dini dari BMKG secara lebih mendetail untuk kewaspadaan potensi Cuaca Ekstrem 13-19 Mei 2022, yang kami lansir dari tempo.co. 

Baca Juga :

Tanggal 13–14 Mei 2022

Aceh, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua. 

Tanggal 15–16 Mei 2022

Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Tanggal 17–19 Mei 2022

Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. 

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah