Light Dark

Sabun Batang vs Sabun Cair, Mana yang Lebih Higienis? Simak Penjelasan Ahli

Gaya Hidup | 12 May 2022, 09:30 WIB
Ilustrasi Sabun Cair dan Sabun Batang | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Sabun merupakan salah satu produk kebersihan yang wajib digunakan setiap hari saat membersihkan tubuh, baik untuk mandi ataupun untuk mencuci tangan dan kaki. Jenis Sabun sendiri diketahui ada dua, yaitu Sabun cair dan batang. 


Advertisement
photoIlustrasi Sabun Batang - (pixabay.com)

Melanie dari suara.com, dari segi keefektifan membunuh kuman, menurut Kepala komite pencegahan dan pengendalian infeksi RSPI Sulianti Saroso dr. Titi Sundari SP.P(K), kedua jenis Sabun tersebut sama baiknya. 

Hanya saja terdapat kekurangan dari masing-masing jenis Sabun yang berkaitan dengan cara pemakaian dan penyimpanannya. 

"Fungsi dari Sabun terutama adalah membuka permukaan tangan sehingga akan memudahkan untuk menghilangkan kuman yang melekat," kata dokter Titi dalam siaran langsung Radio Kesehatan, Rabu, 11 Mei 2022.


Advertisement

Secara kemasan, Sabun cair memang lebih higienis karena selalu tersimpan dalam botol sehingga tidak mudah terkontaminasi. Tetapi, nilai efektif Sabun cair bisa berkurang apabila botol dicampur dengan air ketika Sabun tersisa sedikit.

Baca Juga :

"Jangan Sabun cair ditambah air, dioplos itu tidak baik karena risiko kuman tumbuh di air. Sabun yang sudah ditambah air, konsentrasinya menurun. Jadi jangan mengoplos sisa Sabun yang tinggal sedikit, apalagi dipakai berapa lama. Kalau hanya dikocok untuk bersihkan botol itu tidak apa-apa," tuturnya.

Sementara kelemahan Sabun batang juga bisa jadi sarang bertumbuhnya kuman apabila Sabun tergenang air. Menurut dokter Titi, Sabun batang harus selalu dalam keadaan kering meskipun sudah dipakai berulang kali.

Sabun batang untuk mandi boleh digunakan juga untuk mencuci tangan. Dokter Titi menyampaikan, tidak masalah untuk membedakan keduanya.

"Yang penting sebetulnya pemilihan dari Sabun tersebut. Ada Sabun yang memang keras sampai akhirnya kulit terkelupas, itu risiko bagi yang dermatitis atau gangguan kulit tidak boleh dipakai untuk mencuci tangan," ujarnya..

"Kalau mandi kan hanya sehari dua kali, tapi kalau cuci tangan berkali-kali. Jadi lebih baik pilih Sabun yang lembut di kulit, sehingga tangan tidak terjadi dermatitis atau alergi dari sabun," sarannya.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah