Bongkar Jembatan Gantung yang Roboh di Kaum Kidul Sukabumi, Ini Rencana Warga

Senin 09 Mei 2022, 22:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tiga hari pasca roboh, jembatan gantung yang menghubungkan Kampung Kaum Kidul dan Kampung Benda di Desa Karangtengah Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akhirnya dibongkar oleh puluhan warga dari dua kampung tersebut, Minggu, 8 Mei 2022.

Warga secara gotong royong membongkar lantai (deck) kayu jembatan gantung tersebut, kemudian beberapa titik penyangga yang terbuat dari besi dipotong menggunakan alat las listrik.

Ketua RT 04 RW 02 Kampung Kaum Kidul, Dzulkifli mengatakan, selain karena sudah tidak bisa diperbaiki, warga secara swadaya membongkar material jembatan gantung tersebut karena rencananya akan dibangun kembali menggunakan material yang lebih baik.

"Gak bisa diperbaiki, kalau diperbaiki bahaya, " ungkap Dzulkifli yang juga ikut dalam kerja bakti tersebut kepada sukabumiupdate.com. 

Dzulkifli menuturkan, untuk pendanaan dan proses membangun kembali jembatan gantung tersebut, pihaknya sedang berkoordinasi dengan relawan.

"Rencana saya kerjasama sama relawan sehati dan warga yang lumayan mampu dan alhamdulillah dari komunitas mancing pun ada," ungkapnya.

Baca Juga :

Jembatan Kaum Kidul Sukabumi Roboh Saat Warga Melintas, 9 Orang Terluka

Kini, kata dia, warga sedang menunggu kepastian dari relawan tersebut, sebelum mengambil tindakan lain berupa pengajuan proposal pada pemerintah Desa. 

"Mungkin tempo 1 bulan, saya gak mau nanti dana yang tumpang tindih soalnya," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya jembatan penghubung antarkampung di Kampung Kaum kidul RT 04/02 Desa Karangtengah Kecamatan Cibadak roboh karena kondisi jembatan yang sudah tua. Peristiwa itu terjadi Kamis siang (5/5/2022) pukul 11.30 saat beberapa warga melintasi jembatan tersebut, akibatnya 9 warga yang sedang melintas mengalami luka ringan.

photoembatan penghubung antar kampung, di Kaum Kidul RT 04/02 Desa Karangtengah Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi roboh, pada Kamis siang, 5 Mei 2022 - (P2BK Cibadak)</span

Berdasarkan informasi yang dihimpun, jembatan gantung dengan mayoritas bahan menggunakan kayu dengan panjang bentangan sekitar 25 meter dan lebar sekitar 1,2 meter itu dibangun tujuh tahun silam.

Adapun akses lain untuk menghubungkan dua kampung tersebut dikabarkan jauh dan memutar. Jaraknya sekitar 2 Kilometer.

REPORTER: CRP 3 (BILLIE)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams
Sukabumi19 April 2024, 19:15 WIB

SDN Sundawenang Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Gondol Proyektor dan Gitar

Berikut kronologi kejadian SDN Sundawenang Parungkuda Sukabumi dibobol maling. Pelaku sempat kepergok dan dikejar penjaga sekolah.
SDN Sundawenang Parungkuda dibobol maling, Jumat (19/4/2024). (Sumber : Istimewa)
Life19 April 2024, 19:00 WIB

Ajak Bicara dengan Perasaan, 9 Cara Mengatasi Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung.
Ilustrasi. Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung. (Sumber : pixabay.com/@AnnieSpratt)