Light Dark

Pantau Pilkades di Sukabumi, Ini Catatan dari Anggota DPRD Jabar Hasim Adnan

Sukabumi | 09 May 2022, 21:02 WIB
Pemilih melakukan pencoblosan surat suara di Pilkades Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Provinsi Dapil Jabar V (Kabupaten dan Kota Sukabumi), Hasim Adnan memantau penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2022 di beberapa desa di Kabupaten Sukabumi, Minggu (9/5/2022). Secara umum, kata Hasim, penyelenggaraan Pilkades hari ini berjalan lancar dan damai.

"Setidaknya sampai hari ini, saya belum mendapatkan laporan adanya konflik horizontal antar masyarakat pendukung para calon kades yang menang maupun calon kades yang kalah," kata Hasim Adnan kepada sukabumiupdate.com.


Advertisement

Itu artinya, lanjut Hasim, tingkat kedewasaan para pemilih dan tim sukses masing-masing calon yang sudah berkontestasi semaking matang.

Baca Juga :

Meski demikian, Politisi PKB itu tetap memberi beberapa catatan, yaitu masih berlakunya "Politik Ala Sinterklas".

"Dari total 70 Desa yang melaksanakan Pilkades serentak, hasil pengamatan sepintas dan beberapa laporan dari lapangan, ternyata yang masih berlaku adalah politik sinterklas," ungkapnya.


Advertisement

photoHasim Adnan, Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD Jabar.

Menurut Hasim, fenomena politik membagi-bagikan uang atau bantuan kepada masyarakat secara langsung ini sejatinya harus menjadi keprihatinan bersama, demi kesehatan sistem demokrasi Indonesia di masa depan.  

"Karena bila politik sinterklas ini menjadi sesuatu yang lumrah di mata publik (pemilih), akan semakin memperberat upaya pemulihan sistem dan kesehatan demokrasi di tanah ibu pertiwi yang kita cintai ini. Dan itu sama saja dengan memperlambat kemajuan bagi pemerintahan desa itu sendiri," tandasnya.

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian